12 Tempat Wisata di Sabang (Aceh) yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

6. Benteng Anoi Itam

benteng anoi itam

Benteng Anoi Itam Peninggalan Jepang

Anda yang tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah pastinya harus menyambangi peninggalan sejarah yang satu ini.

Peninggalan sejarah ini bernama Benteng Anoi Itam yang lokasinya masih berdekatan dengan pantai Anoi Itam di bagian timur kota Sabang.

Benteng ini merupakan salah satu saksi sejarah pendudukan Jepang di Nusantara yang dahulunya digunakan tentara Jepang sebagai gudang penyimpanan senjata.

Sekarang benteng ini telah di alih fungsikan sebagai salah satu tempat wisata di Sabang. Walaupun keberadaannya sudah cukup lama namun kondisi benteng ini masih cukup baik dan terawat.

Hal itu ditandai dengan adanya tempat bersantai di dalam benteng ini yang lengkap dengan sajian rujak khas Sabang.

7. Pantai Ujong Kareung

pantai ujong kareung

Pantai Ujong Kareung (Foto: tempat.co.id)

Lagi-lagi wisata pantai yang memang keberadaannya cukup banyak di Sabang. Nama tempat wisata kali ini adalah pantai Ujong Kareung.

Pantai ini berjarak cukup jauh dari kota Sabang, yakni sekitar 45 km dari pusat kota.

Seperti beberapa pantai yang ada di sabang, pantai ini juga memiliki panorama laut yang indah dengan latarbelakang karang yang terlihat kokoh menahan deburan ombak dari air laut.

Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai destinasi bagi para wisatawan yang senang dengan hobi mancing.

Hal ini karena melimpahnya biota laut terutama ikan-ikan kecil yang hidup dibawah karang-karang pada tepi laut.

Namun anda tidak dianjurkan mandi-mandi di pantai ini karena banyaknya batu karang yang memang mendominasi hampir di sepanjang pantai ini yang mirip dengan pantai Klatak, sebuah objek wisata pantai di Tulungagung.

8. Pulau Rubiah

pulau rubiah

Pulau Rubiah (Foto: dolandolen.com)

Tempat wisata di Sabang berikutnya yang cukup terkenal adalah pulau Rubiah. Dengan luas 2.600 hektar pulau ini merupakan salah satu surga bagi pecinta snorkeling maupun diving.

Pulau ini kaya akan keanekaragaman biota laut yang hidup dibawah laut layaknya sebuah akuarium raksasa yang transparan.

Hal tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk datang menikmati keindahan bawah laut pulau Rubiah.

Para wisatawan akan disuguhkan berbagai terumbu karang yang jumlahnya sangat banyak dengan ikan-ikan tropis yang menemani anda menyelam menyusuri berbagai sudut terumbu karang di pulau ini.

Anda yang lupa membawa perlengkapan snorkeling maupun diving tidak perlu khawatir karena di pulau Rubiah ini juga ada fasilitas penyelaman yang bisa anda sewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut daftar harga fasilitas yang tersedia.

PERLENGKAPAN HARGA
Snorkeling Rp 40.000/hari
Boat (Perahu) Rp 150.000
Glass Bottom Boat Rp 300.000

9. Pemandian Air Panas Keuneukai

pemandian air panas keuneukai

Pemandian Air Panas Keunekai

Salah satu alternatif tempat wisata di Sabang yang wajib anda kunjungi untuk melepaskan kepenatan adalah Pemandian Air Panas Keuneukai.

Tempat wisata ini paling asyik dikunjungi apalagi anda yang datang bareng keluarga dijamin pasti betah berlama-lama di tempat ini.

Pepohonan hijau nan rindang dengan latarbelakang pemandangan laut yang indah membuat tempat wisata ini cukup rame dikunjungi saat musim liburan.

Di samping melepas kepenatan tak jarang wisatawan yang datang juga menggunakan air panas ini sebagai terapi, ini persis seperti pemandian air panas Ciwalini dan Cimanggu yang ada di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Kandungan sulfur yang ada dalam air panas dipercaya mengobati berbagai penyakit terutama gangguan penyakit kulit pada tubuh.

Fasilitas yang ada juga cukup memadai karena telah dilengkapi dengan ruang ganti baju dan juga kamar mandi bagi para wisatawan.

10. Pulau Klah

pulau klah

Pulau Klah

Pulau Klah merupakan tempat wisata yang belokasi di sebelah barat pulau Weh. Pulau ini terkenal dengan keanekaragaman bawah lautnya yang tentu menjadi destinasi kegiatan snorkeling maupun diving.

Saat baru pertamakali ke pulau ini anda akan dibuat takjub dengan pepohonan yang rindang dengan latarbelakang batu karang yang menyatu dengan birunya air laut dan ombak di pulau ini.

Berhadapan dengan pantai Kreung Raya keberadaan pulau Klah cukup vital bagi kapal-kapal yang ingin berlabuh di teluk sabang. Keberadaanya vital karena di pulau ini ada sebuah mercusuar yang berfungsi sebagai navigasi kapal yang akan berlabuh.

Fasilitas yang ada juga cukup lengkap. Mulai dari resto, cafe, fasilitas umum seperti kamar mandi hingga tempat penyewaan perlengkapan snorkeling ada di sini.

79 Shares

Leave a Reply