Panduan Wisata Lengkap Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia.

12 Tempat Wisata di Sabang (Aceh) yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Tempat wisata di Sabang. Sabang merupakan sebuah Kota di ujung barat Indonesia yang berupa kepulauan dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya.

Selain dikenal sebagai titik paling utara Indonesia, kota ini juga menjadi salah satu zona ekonomi bebas yang ada di Indonesia dan berbatasan langsung dengan pulau Sumatera.

Kondisi daerahnya yang berbentuk kepulauan menjadi keuntungan sendiri bagi Sabang dan hal inilah yang menjadi faktor utama Sabang punya potensi pariwisata layaknya daerah Bandung dan Malang.

Maka tak heran Kota Sabang ditunjuk sebagai tuan rumah puncak event Sail Indonesia (Sail Sabang 2017), sebuah event wisata bahari tahunan yang terbesar di Indonesia.

Tentunya dengan adanya event tersebut secara tidak langsung tempat wisata di Sabang akan dikenal luas oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata di Sabang yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata di sabang

Tempat Wisata di Sabang

Pasti anda penasaran objek wisata apa saja yang wajib anda kunjungi di Sabang!

Setidaknya Sabang mempunyai 12 destinasi wisata yang paling menarik minat para travelers untuk datang menjelajahi setiap sudut destinasi wisata yang ada.

Dan adanya event Sail Sabang 2017 ini pasti membuat setiap sudut destinasi yang ada di Sabang telah dipoles sedemikian rupa oleh pemerintah daerah sehingga anda tentu tidak akan kecewa datang berwisata ke Sabang.

Nah, berikut tempat wisata di Sabang yang wajib anda kunjungi dan tentunya akan membuat anda takjub melihat berbagai keindahan pariwisata yang ada di Sabang.

1. Air Terjun Pria Laot

air terjun pria laot

Air Terjun Pria Laot (Foto: infowisataindonesia.com)

Tempat wisata di Sabang yang kita bahas pertamakali adalah sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Pria Laot.

Air terjun pria laot ini berada di bagian selatan pulau weah atau sekitar 12 km jika anda dari kota Sabang.

Air terjun ini masih sangat alami. Seperti halnya curug bidadari yang ada di Bandung, air terjun pria laot ini juga berlokasi ditengah hutan yang disekelilingnya terdapat bukit-bukit batu yang membuatnya terkesan masih sangat alami.

Yang unik dari air terjun ini adanya sebuah kolam penampungan air yang berukuran sekitar 10 meter dengan kedalaman 1-2 meter yang membuat anda bisa berendam di dalamnya.

Tak hanya itu, adanya ikan-ikan kecil jenis Garra Rufa yang oleh penduduk setempat menamakannya ikan bulan akan menemani anda berendam di kolam ini.

Jenis ikan ini dipercaya bisa digunakan untuk terapi berbagai penyakit karena ikan ini mampu membuang sel-sel kulit mati yang ada disekujur tubuh terutamanya di area telapak kaki dan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati oleh enzim yang dihasilkan dari air liur ikan ini.

Benar tidaknya, sepertinya anda perlu datang langsung ke tempat wisata Air Terjun Pria Laot ini.

2. Danau Aneuk Laot

danau aneuk laot

Danau Aneuk Laot (Foto: aceh.net)

Tak lengkap rasanya datang menyaksikan Sail Sabang tapi tidak menyempatkan diri untuk singgah ke Danau Aneuk Laot.

Danau yang berada di Kota Sabang, Kelurahan Aneuk Laot, Pulau Weh ini memiliki luas 37,5 hektar. Keberadaan danau ini sangat vital bagi masyarakat yang tinggal di pulau Weh.

Selain digunakan sebagai tempat mata pencaharian bagi masyarakat sekitar, danau ini juga digunakan PDAM untuk mensuplai air bersih bagi masyarakat yang tinggal di kota Sabang.

Udara yang segar disekitar danau menyatu dengan panorama alam yang indah membuat objek wisata ini tidak kalah dengan Situ Patenggang, danau yang berada di Kabupaten Bandung.

Tak hanya itu, di danau ini juga cukup banyak spot-spot yang bagus untuk mengambil gambar. Dan waktu yang paling tepat untuk ke tempat wisata ini adalah menjelang sore hari dimana panorama sunset yang terlihat dari ujung danau.

3. Pantai Iboih

pantai iboih

Pantai Iboih di Sabang

Masih di pulau Weh, ada satu pantai yang cukup dikenal hingga ke mancanegara, namanya pantai Iboh.

Pantai ini menjadi salah satu primadona objek wisata yang ada di pulau weh karena keindahan alamnya baik disekitar pantai maupun biota laut yang hidup di sepanjang pantai ini yang cukup beranekaragam.

Seperti halnya di pantai Tanjung Lesung, ombak yang ada di pantai Iboh ini cukup tenang membuat kegiatan diving (menyelam) dan snorkeling sangat asyik dilakukan disekitar pantai Iboh untuk melihat lebih dekat keindahan biota bawah laut pantai Iboh ini.

Tak hanya itu, pantainya yang bersih tentu membuat anda nyaman menyusuri setiap sudut pantai Iboh ini.

Anda pun juga tak perlu takut kemalaman berada di pantai ini karena disekitar lokasi telah disediakan berbagai penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Pantai Sumur Tiga

pantai sumur tiga

Pantai Sumur Tiga (Foto: disbudpar.acehprov.go.id)

Destinasi wisata berikutnya adalah Pantai Sumur Tiga yang berlokasi di pulau Weh. Seperti pada umumnya pantai yang ada di pulau Weh ini berpasir putih dengan ombak yang cukup besar di waktu sore hari.

Dengan garis pantai terpanjang yang ada di Sabang, banyak hal yang bisa anda lakukan disepanjang pantai ini, seperti berenang, menyusuri pinggiran pantai hingga snorkeling di waktu-waktu tertentu.

Tak hanya itu, posisi pantai yang menghadap ke timur membuat pemandangan sunrise (Matahari terbit) begitu memukau.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang ke pantai ini sebelum matahari terbit hanya untuk menyempatkan diri melihat matahari terbit di pagi hari.

Fasilitas yang ada juga cukup memadai terbukti dengan adanya berbagai fasilitas umum dan juga restoran yang siap melayani lidah anda dengan berbagai masakan seafood yang tentu sangat lezat, penasaran!

5. Pantai Anoi Itam

pantai anoi itam

Pantai Anoi Itam (Foto: indonesiakaya.com)

Tempat wisata di Sabang berikutnya yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Anoi Itam. Pantai yang berada di pulau Weh ini berjarak sekitar 14 kilimeter dari kota Sabang.

Pantai anoi itam ini sedikit berbeda dari pantai-pantai umumnya yang ada di pulau Weh. Pantai ini diberi nama Anoi Itam karena pasir pantainya yang berwarna hitam mirip dengan pasir pantai Serang Blitar namun sedikit lebih gelap.

Berdasarkan penelitian, pasir yang ada di objek wisata ini berwarna hitam karena berasal dari letusan gunung berapi yang memang masih aktif hingga kini di pulau Weh.

Keunikan lainnya, pasir di pantai anoi itam ini memiliki berat jenis tiga kali lebih berat dari pasir pada umumnya karena pasir yang ada di pantai anoi itam ini mempunyai kandungan nikel di dalamnya, hal tersebut menurut pengakuan penduduk setempat.

Terlepas dari hal itu, pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia dan sejajar dengan pantai-pantai di daerah lain yang telah diakui keindahannya hingga ke mancanegara.

Nah, jika anda datang ke Sail Sabang Aceh sempatkan diri anda untuk melihat langsung keindahan pantai Anoi Itam ini.

12 Tempat Wisata di Sabang (Aceh) yang Wajib Dikunjungi Wisatawan
4.7 (94.29%) 21 votes

Leave a Reply