Panduan Wisata Lengkap Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia.

47 Tempat Wisata di Malang Terbaru yang Wajib Dikunjungi Travelers

Tempat Wisata di Malang. Halo, sudah punya rencana liburan kemana akhir pekan ini! Atau masih bingung mencari tempat liburan yang pas untuk menghabiskan waktu anda bersama keluarga.

Jika anda masih bingung memilih tempat wisata untuk menghabiskan akhir pekan anda, maka artikel ini mungkin bisa membantu anda dalam menentukan tempat wisata yang akan anda kunjungi pada akhir pekan ini, khususnya tempat wisata di Malang.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Malang!

Pasti yang langsung terbayang di benak anda adalah Apel. Hal benar, karena Kota Malang memang terkenal sejak dahulu dengan buah apelnya hingga ke mancanegara.

Namun itu dahulu, sekarang Kota Malang terkenal bukan hanya karena buah apelnya namun kini tempat wisata di Malang tidak kalah dengan berbagai tempat wisata yang ada di Bandung.

Daerahnya yang berada di dataran tinggi membuat udara yang ada sekitarnya menjadi sejuk. Belum lagi dengan pegunungannya yang menjulang tinggi dan menawarkan pemandangan alam yang tentu sangat indah.

Malang sepertinya sudah mempunyai semua persyaratan untuk menjadi rujukan destinasi wisata di negeri ini. Dan tidak akan pas rasanya jika kita belum membahas satu persatu tempat wisata apa saja yang ada di Malang.

Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

wisata malang

Wisata Malang (Foto: voyagenation.com)

Setidaknya ada sekitar 47 tempat wisata di Malang yang berhasil kami rangkum. Mulai dari yang populer, unik hingga tempat wisata terbaru yang ada di Malang.

Tentunya semua objek wisata di Malang menawarkan keseruan bagi anda bersama keluarga. Jadi jangan sampai ketinggalan yah.

1. Museum Angkut Malang

Kami menempatkan Museum Angkut Malang diurutan teratas bukan tanpa alasan. Sejak di buka pada 09 Maret 2014, museum ini rame dikunjungi oleh para wisatawan baik di hari-hari biasa maupun pada akhir pekan.

Museum Angkut, Kota Batu, Malang

Museum Angkut, Kota Batu, Malang (Foto: museumangkut.com)

Museum Angkut pertama yang ada di Indonesia dan Asia ini mengusung transportasi sebagai konsep utamanya. Tujuannya jelas untuk mengedukasi masyarakat tentang jenis-jenis transportasi yang ada di Indonesia dan Dunia.

Kurang lebih ada 300 koleksi transportasi yang ada di museum ini. Mulai dari yang terbaru hingga yang paling antik sekalipun bisa anda temukan di museum ini.

Koleksi Mobil Museum Angkut Malang

Koleksi Mobil Museum Angkut Malang (Foto: smartmama.com)

Museum yang mempunyai luas sekitar 3,8 hektar ini di dalamnya terbagi beberapa zona yang memiliki tema masing-masing. Diantaranya, zona utama, edukasi, sunda kelapa (Batavia), uni eropa, gangster/broadway, hollywood, las vegas, flight training dan pasar apung.

Semua tema mempunyai keunikan tersendiri dan dijamin anda akan sangat betah berada di Museum Angkut ini.

Cukup mudah menemukan museum ini karena beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung Atas, No. 2, Kota Batu, Malang.

Harga tiketnya pun cukup terjangkau, Rp 70.000 (Weekday) dan Rp 100.000 (Weekend).

2. Jatim Park 1

Salah satu tempat wisata di Malang yang menyedot perhatian orang banyak adalah Jatim Park. Mengusung konsep taman rekreasi membuat Jawa Timur Park atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jatim Park menjadi pilihan wisata rekreasi mengasyikkan bersama keluarga.

Destinasi wisata ini berada di Kota Batu, 20 km dari Malang.

Jatim Park sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Ke dua destinasi wisata ini mempunyai keunikan masing-masing.

Jatim Park 1

Jatim Park 1 (Foto: nginepmana.com)

Di Jatim Park 1 anda bisa menemukan puluhan wahana bermain yang tentu cocok bagi anda yang datang bersama keluarga.

Dengan luas 11 hektar, Jatim Park 1 mampu menampung berbagai macam wahana bermain. Sebut saja, jet coaster, remote car, play ground, bioskop 3D, flying tornado, drop zone, dll.

Wahana yang ada terkesan tak hanya menarik. Namun wahana yang terdapat di Jatim Park 1 ini juga memberi tantangan tersendiri.

Namun ada satu wahana yang menjadi ikon tempat wisata ini dan paling rame, yaitu kolam mandi raksasa dengan latar belakang patung wajah Ken Arok sedang menghunuskan keris.

Kolam Renang dengan Latar Ken Arok

Kolam Renang dengan Latar Ken Arok (Foto: naturalsunrisetour.com)

Tak hanya orang dewasa, kolam permandian ini juga menjadi favorit bagi anak-anak karena dilengkapi dengan papan seluncur air.

Puas bermain, anda juga bisa menjelajahi wahana edukasi yang ada di Jatim Park 1 seperti laboratorium Science Stadium. Di sini anda mendapat berbagai informasi baik matematika, fisika, biologi dan kimia lengkap dengan alat peraganya.

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 55.000 (Senin-Kamis) dan Rp 75.000 (Jumat-Minggu)untuk menghabiskan liburan anda di sini.

3. Jatim Park 2

Berbeda dengan Jatim Park 1 yang mempunyai banyak wahana bermain, di Jatim Park 2 ini fokus dengan wisata edukasinya namun tetap bernuansa alam.

Hal ini terlihat dari adanya Batu Secret Zoo dan Museum Satwa yang ada di tempat ini. Nah, ke dua objek wisata inilah yang menjadi zona utama dari Jatim Park 2.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 (Foto: utiket.com)

Bagi anda yang memang tertarik dengan berbagai jenis hewan. Anda bisa meluangkan waktu anda ke Museum Satwa untuk melihat berbagai replika hewan-hewan raksasa yang pernah hidup di masa lampau seperti Mammoth, Tyrannosaurus Rex, Stegosaurus, dll.

Tak hanya replika, di museum ini juga banyak satwa-satwa berjenis serangga yang setelah mati kemudian di awetkan dan di pajang pada museum ini.

Bosan melihat replika atau serangga yang di awetkan! Jika bosan dengan hal ini, anda juga bisa melihat berbagai satwa yang tentunya masih hidup di Batu Secret Zoo.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo, Malang (Foto: wisatanesia.com)

Uniknya, kebun binatang Batu Secret Zoo ini mengusung konsep modern namun tetap mengutamakan habitat asli satwa-satwa yang ada di dalam kebun binatang.

Anda tak perlu takut kemalaman jika berwisata di Jatim Park 2 karena anda bisa menginap di Pohon Inn. Hotel dengan nuansa pohon yang di apit dengan pegunungan ini merupakan hotel resmi yang ada di Jatim Park 2, dijamin seru.

Untuk mendapatkan tiket masuk, anda hanya perlu merogoh kocek Rp 60.000 (Senin-Kamis) dan Rp 75.000 (Jumat-Minggu).

4. Sumber Sirah Malang

Sumber Sirah merupakan mata air yang berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Objek wisata ini sangat populer dikalangan pemuda pemudi Malang. Di samping gratis, mata air Sumber Sirah juga tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Malang.

Mata Air Sumber Sirah, Malang

Mata Air Sumber Sirah, Malang (Foto: brobali.com)

Air yang sangat jernih memungkinkan anda untuk melihat dari atas ganggang hijau yang tumbuh di batu-batu di dalam kolam.

Bagi anda yang senang dengan kegiatan snorkeling pastikan anda membawa peralatan snorkeling anda jika kesini. Karena anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang ada di dalam kolam mata air Sumber Sirah ini.

Snorkeling dan Menyelam di Mata Air Sumber Sirah

Snorkeling dan Menyelam di Mata Air Sumber Sirah (Foto: lihat.co.id)

Anda yang tidak begitu menyukai kegiatan snorkeling tetap bisa menikmati bermain air di atas kolam mata air Sumber Sirah ini dengan menyewa ban-ban dengan tarif yang bervariasi, Rp 3.000 (Dewasa) dan Rp 2.000 (Anak-anak).

Namun yang perlu anda perhatikan adalah kedalaman kolam mata air yang mencapai 1,5 meter. Tentunya hal ini tidak aman untuk anak-anak.

Maka pastikan anak-anak anda harus selalu dalam pengawasan anda.

5. Eco Green Park

Eco Green Park

Eco Green Park (Foto: dolandolen.com)

Masih ingat dengan Dusun Bambu di Bandung yang mempunyai konsep ekowisata! Nah, Eco Green Park merupakan salah satu destinasi wisata edukasi di Malang yang juga mempunyai konsep ekowisata.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan pada anak anda bagaimana melestarikan lingkungan di sekitar kita dalam suasana yang menyenangkan.

Ada hal yang menarik jika anda baru masuk ke tempat wisata ini, anda akan di sambut dengan sebuah patung gajah yang terbuat dari TV.

Tentunya hal ini sangat unik mengingat patung tersebut di susun dari TV bekas sampai akhirnya menyerupai bentuk gajah.

Patung Gajah dari bahan TV di Eco Green Park

Patung Gajah dari bahan TV (Foto: sonjamomuat.wordpress.com)

Hal menarik apa saja yang ada di Eco Green Park!

Jungle Adventure, di lokasi ini anda bisa berpetualang di dalam hutan buatan dengan menggunakan kendaraan berupa kereta terbuka yang telah dimodifikasi.

Anda juga akan dilengkapi dengan senapan mainan untuk menembak pemburu binatang liar yang tiba-tiba bisa muncul di depan anda.

Terdengar mudah yah!

Jangan salah, anda mesti terampil dalam hal ini karena anda akan menembak pemburu-pemburu liar dari atas kereta yang sedang melaju.

Ingin berwisata yang lebih menarik lagi! Anda bisa menyempatkan ke rumah terbalik.

Rumah Terbalik di Eco Green Park

Rumah Terbalik di Eco Green Park (Foto: jawatimurpark.com)

Rasakan sensasi masuk ke rumah yang keadaanya terbalik hingga ke perabotannya juga ikut terbalik. Di jamin anda akan mual bila baru pertamakali ke Rumah Terbalik, inilah salah satu keunikan objek wisata ini.

Jika masih belum puas, anda bisa mencoba wahana-wahana lain seperti walking bird, geology science center, animal farm, duck kingdom, dome multimedia, pasar burung, dll.

Dengan tiket masuk Rp 40.000 (Senin-Kamis) dan Rp 60.000 (Jumat-Minggu), anda sudah bisa berwisata edukasi di tempat ini.

47 Tempat Wisata di Malang Terbaru yang Wajib Dikunjungi Travelers
5 (100%) 10 votes

Leave a Reply