20 Tempat Wisata di Cirebon Ter-update yang Wajib Dikunjungi Travelers

15. Keramat Plangon

Di desa Sumber Babakan ada sebuah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, namanya Keramat Plangon.

Objek wisata ini menawarkan berbagai jenis wisata. Mulai dari wisata alamnya yang indah, nuansa mistis yang kental dan juga sejarah yang terkait dengannya.

Keramat Plangon

Keramat Plangon (Foto: paseban.org)

Plangon ini berasal dari kata “tegal klangenan” yang mempunyai arti sebuah tempat atau bukit untuk menenangkan. Keramat Plangon ini terdiri dari bukit-bukit dan uniknya tempat ini dijaga oleh kera-kera yang hidup berkembang biak disekitar area ini.

Uniknya lagi, kera-kera yang hidup di tempat ini mempunyai seekor Raja yang memiliki postur yang lebih besar dari kera-kera lainnya.

Terkadang tiap tahunnya Raja Kera ini akan mempertahankan tahtanya dengan berduel dengan kera-kera pesaing yang ingin merebut tahtanya.

Kera-kera di Keramat Plangon

Kera-kera di Keramat Plangon (Foto: myzoziemen.files.wordpress.com)

Biasanya tempat wisata di Cirebon ini akan sangat ramai dikunjungi pada tanggal-tanggal tertentu. Seperti pada tanggal 2 Syawal, 11 Dzulhijjah dan 27 Rajab.

Orang ramai berkunjung pada tanggal-tanggal tersebut untuk bersiarah ke makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejakasan. Kedua makam ini dipercaya punya hubungan erat dengan sejarah berdirinya Keramat Plangon ini.

16. Setu Patok

Setu Patok Merupakan sebuah bendungan atau waduk yang berlokasi di Desa Setu, Kecamatan Muncu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Orang sering menyebut dengan danau tobanya Cirebon dikarenakan adanya pulau ditengah-tengah waduk walaupun tidak ada yang spesial dari pulau tersebut.

Di apit dengan gunung dan bukit-bukit membuat panorama alam disekitarnya sangat indah khususnya pagi dan siang hari.

Setu Patok

Setu Patok (Foto: aliminiaincirebon.blogspot.com)

Dengan luas sekitar 175 hektar banyak hal yang bisa anda lakukan di bendungan ini. Mulai dari memancing, mandi di danau, mengelilingi Setu Patok dengan perahu ataupun bersepeda air yang ada di pinggir danau hingga piknik bersama keluarga anda.

Kedepannya danau ini akan dikembangkan karena masih adanya lahan kosong seluas 7 hektar disekitar danau.

17. Wanawisata Ciwaringin

Sangat alami, kata itu sangat pas menggambarkan salah satu tempat wisata di Cirebon ini. Wanawisata Ciwaringin ini merupakan objek wisata ini berada di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Anda yang punya hobi berpetualang di alam liar pastinya tidak boleh melewatkan untuk datang berwisata di Wanawisata Ciwaringin ini.

Panorama alam yang indah dibalut dengan keaslian alamnya yang masih terjaga membuat objek wisata ini begitu pas untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama keluarga anda.

Begitu masuk ke kawasan objek wisata, anda akan langsung disambut dengan pepohonan hijau nan rindang. Pepohonan ini di dominasi oleh pohon kayu putih yang tumbuh subur di Wanawisata Ciwaringin ini.

Panorama alam yang indah dan tentunya masih sangat alami dijamin akan menghilangkan segala kepenatan anda.

Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin (Foto: cireboninternet.com)

Anda yang mempunyai hobi memancing juga tidak boleh melewatkan untuk menyalurkan hobi anda di objek wisata ini. Karena di Wanawisata Ciwaringin ini ada sebuah danau yang bernama Danau Ciranca.

Di danau ini anda bisa menghabiskan waktu anda memancing dan tentunya membawa pulang hasil tangkapan anda.

Tak hanya itu, tempat wisata di Cirebon ini juga mempunyai arena motor cross yang terkadang digunakan saat ada event-event balap motor cross di Cirebon.

Masih belum cukup!

Jika anda belum puas, masih ada hal yang menarik di Wanawisata Ciwaringin ini yaitu, Taman Kera Kalijaga Cirebon. Taman merupakan sebuah situs yang dipercaya sebagai petilasan dari Sunan Kalijaga.

Seperti di Keramat Plangon, di Taman Kera Kalijaga Cirebon ini juga dihuni oleh kera-kera yang jumlahnya tidak sedikit, kerenkan.

18. Wisata Kuliner Cikalahang

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini akan menaikkan timbangan anda. Punya hobi makan-makan, khususnya makan ikan!

Nah, jika anda pecinta kuliner khususnya ikan tentu tidak boleh melewatkan untuk berwisata kuliner di Cikalahang ini.

Cikalahang adalah sebuah desa yang tidak begitu jauh dari Telaga Remis, kurang lebih 6 km dari pusatkota Cirebon. Cikalahang terkenal dengan olahan kuliner ikan-ikannya yang sangat jarang kita jumpai di daerah manapun.

Wisata Kuliner Cikalahang

Wisata Kuliner Cikalahang (Foto: pegipegi.com)

Posisi tempatnya yang strategis karena berada dikaki gunung Ciremai. Di sekelilingnya juga ada beberapa telaga, cottage dan kolam renang membuat Cikalahang jadi rujukan wisata kuliner di Cirebon.

Ada banyak tempat makan di daerah ini. Mulai dari warung hingga restoran yang menyajikan ikan sebagai menu andalannya. Semuanya itu tentu akan memuaskan selera makan anda.

Ingin merasakan ikan dari jerih payah anda sendiri! Nah, di Cikalahang ini anda bisa menangkap ikan anda sendiri dengan cara memancingnya. Ikan tangkapan inilah yang bisa anda santap dengan pilihan olahan anda sendiri.

19. Wisata Kuliner Nasi Jamblang

Tak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata di Cirebon namun belum pernah mencicipi Nasi Jamblang. Dari namanya pasti akan terdengar aneh buat anda.

Nama Jamblang sendiri merupakan nama sebuah daerah yang berada di sebelah barat Kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut.

Ada ciri khas dari Nasi Jamblang yang masih dipertahankan hingga kini. Penggunaan daun jati sebagai pembungkus nasinya dan selalu di sajikan dengan cara prasmanan. Hal ini tentu menambah originalitas Nasi Jamblang itu sendiri.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang (Foto: febrymmeuthia.com)

Biasanya menu-menu yang disajikan untuk Nasi Jamblang ini seperti, sambal goreng, tahu, tempe, sayuran segar, daging, paru-paru, perkedel, sate kentang, telur dadar maupun goreng (Mata Sapi) yang di sambal, ikan asin dan semur ikan.

Satu hal yang menarik, ternyata mantan Presiden kita Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat gemar makan Nasi Jamblang ini.

Jika ke Cirebon, pak SBY selalu menyempatkan diri untuk makan Nasi Jamblang Mang Dul yang sudah menjadi langganan dari mantan presiden ke-6 Republik Indonesia ini.

Tak jarang sewaktu masih menjabat sebagai presiden R.I, pak SBY terkadang menyuruh ajudannya untuk membelikan Nasi Jamblang ini di Cirebon. Jadi ngilerrr…hehehe

20. Wisata Kuliner Empal Gentong

Satu lagi kuliner asli Cirebon yang tidak boleh anda lewatkan jika berwisata ke Cirebon yaitu, Empal Gentong.

Empal Gentong ini adalah sebuah soto gule khas Cirebon. Cara pengolahan Empal Gentong ini sangat original karena dimasak dalam sebuah gentong besar yang terbuat dari tanah liat dan apinya dari kayu bakar.

Empal Gentong

Empal Gentong (Foto: justtryandtaste.com)

Empal Gentong ini terbagi dua, Empal Gentong yang berkuah santan yang di atasnya ditaburi dengan kucai. Ada juga Empal Gentong Asem yang mempunyai kuah bening dengan rasa yang sedikit asem karena memang diberi belimbing.

Anda yang ingin mencoba Empal Gentong ini bisa berkunjung ke daerah Plered di Cirebon. Ada banyak sekali rumah makan yang menyediakan Empal Gentong ini sebagai menu andalannya. Dan tentu rasanya akan berbeda-beda tergantung tangan yang mengolah masakan Empal Gentong ini.

Itulah daftar tempat wisata di Cirebon yang bisa anda pilih untuk menghabiskan liburan anda bersama keluarga. Jika merasa terbantu dengan artikel ini, bantu kami dengan membagikan artikel ini di media-media sosial.

20 Tempat Wisata di Cirebon Ter-update yang Wajib Dikunjungi Travelers
4.4 (88.57%) 7 votes

Leave a Reply