20 Tempat Wisata di Cirebon Ter-update yang Wajib Dikunjungi Travelers

11. Makam Sunan Gunung Jati

Nah, bagi anda yang senang dengan wisata religi namun tetap dibalut dengan sejarah sepertinya perlu menyambangi Makam Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Berlokasi di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tempat wisata Cirebon ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh peziarah maupun wisatawan dari Cirebon maupun luar Cirebon yang ingin mengenal lebih dekat dengan salah satu sosok yang berjasa menyebarkan agama Islam di nusantara ini.

Ada hari-hari tertentu dimana pengunjung biasa membludak seperti Jumat Kliwon, maulid Nabi Muhammad SAW, Grebeg Rayagung, Grebeg Syawal dan Ritual Pencucian Jimat.

Peziarah Padati Makam Sutan Gunung Jati

Peziarah Padati Makam Sutan Gunung Jati (Foto: pegipegi.com)

Dengan luas kompleks sekitar 4 hektar dan memiliki gaya arsitektur yang unik karena menggabungkan tiga kebudayaan, yaitu Jawa, Cina dan Arab membuat tempat wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ataupun peziarah.

Interior dinding sepanjang jalan dihiasi dengan benda-benda antik seperti keramik dan porselin yang sudah berumur ratusan tahun menambah keunikan makam ini.

Konon, keramik dan porselin tersebut didatangkan langsung oleh Nyi Mas Ratu Rara Sumedang dari negeri Cina sekitar abad ke 13.

Namun, biarpun sudah berusia ratusan keramik dan porselin tersebut masih terawat dengan baik hingga kini.

Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati (Foto: kompas.com)

Keunikan lain dari tempat wisata ini karena adanya sembilan pintu yang tiap-tiap pintu mempunyai nama-nama tersendiri namun bagi peziarah maupun wisatawan hanya dibolehkan masuk sampai pintu ke lima saja.

Untuk berwisata maupun ziarah ke sini anda tidak dikenakan biaya apapun (Gratis) tapi jika anda ingin bersedekah ada kotak amal yang telah disediakan ditiap-tiap pintu dari sembilan pintu tadi.

12. Apita Waterboom

Sepertinya tempat wisata di Cirebon yang satu ini sangat cocok bagi anda yang datang liburan bersama anak anda. Objek wisata Apita Waterboom di desain sebagai tempat bermain air yang menyenangkan terlebih bagi anak-anak.

Wahana apa saja yang ada di Apita Waterboom!

Apita Waterboom Cirebon

Apita Waterboom Cirebon (Foto: donymagazine.com)

Tempat wisata ini menawarkan beberapa wahana yang asik seperti waterslide untuk dewasa dengan tinggi 15 meter . Waterslide untuk anak-anak dan berbagai kolam yang memiliki masing-masing fungsi, diantaranya:

  • Kolam Hujan, kolam yang telah dilengkapi dengan 4 pilar untuk mengalirkan air yang akan ditumpahkan dari atas. Kolam ini mempunyai kedalaman 50 cm, sangat cocok untuk anak-anak.
  • Kolam Arus Anak-anak, kolam ini berada disebelah utara waterboom. Kolam ini menjadi primadona bagi anak-anak karena modelnya yang sambung menyambung tiap 5 meter dan berbentuk undakan. Kolam ini hanya memiliki kedalaman 75 cm sehingga sangat aman buat anak-anak.
  • Kolam Arus Dewasa, disamping kolam arus anak, Apita Waterboom juga menyediakan kolam arus untuk anak dewasa yang tidak kalah seru dengan ketinggian air kolam yang hanya 1 meter.
  • Kolam Prestasi, dengan tinggi sekitar 1,25 meter dan luas sekitar 200 m2, kolam ini berada di sebelah kanan dari berbagai arus kolam yang ada.

Berbagai fasilitas penunjang juga telah disediakan seperti tempat bilas, kamar ganti pria maupun wanita, toilet yang bersih, parkiran yang luas dan mushola.

Tiketnya pun cukup murah, Rp 10.000/orang untuk anak dan Rp 15.000/orang untuk dewasa, tertarik untuk berwisata ke sini!

13. Bukit Gronggong

Nyenangin hati pasangan tidak melulu selalu dengan memberi sesuatu berupa barang yang bernilai. Mengajak pasangan anda ke tempat romantis pun tentu akan menyenangkan hati pasangan anda, benar nggk!

Nah, ada satu tempat wisata di Cirebon yang sudah cukup lama terkenal sebagai tempat yang romantis, Bukit Gronggong.

Yah, bukit ini dari dulu hingga kini terkenal sebagai salah satu tempat romantis untuk menghabiskan waktu bersama pasangan anda.

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong (Foto: kesiniaja.com)

Bukit Gronggong ini sangat mudah ditemukan karena berada di jalan raya Cirebon yang menuju Kota Kuningan.

Dari puncak Bukit Gronggon ini anda akan melihat pemandangan Kota Cirebon dari atas, sangat keren jika anda ke sini saat malam hari.

Anda hanya dikenakan biaya parkir Rp 2.000 jika ke Bukit Gronggong ini. Selanjutnya anda tinggal mencari tempat yang romantis bersama pasangan anda.

Tak hanya itu, di tempat ini juga banyak restoran dan penjual jagung bakar, anda tinggal mengikuti selera perut anda dan pasangan anda.

14. Telaga Remis

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya berupa telaga. Suasana tenang langsung menyapa saat anda menginjakkan kaki anda di Telaga Remis.

Anda yang sedang mencari ketenangan ditengah banyaknya pekerjaan sangat cocok berkunjung ke telaga ini.

Telaga ini berada di wilayah perbatasan antara Cirebon dan Kuningan. Tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Walaupun berada di perbatasan namun objek wisata ini masih masuk dalam wilayah Cirebon. Hal ini membuat Telaga Remis ini dikenal sebagai salah satu objek wisata yang ada di Cirebon.

Telaga Remis

Telaga Remis (Foto: indonesiakaya.com)

Nama Telaga Remis sendiri diambil dari bahasa sunda. Nama “Talaga” yang artinya telaga/danau dan “Remis” adalah sejenis kerang berwarna kuning. Kerang ini memang banyak ditemukan di telaga ini.

Suasana asri nan sejuk sangat terasa di telaga ini karena disekelilingnya banyak terdapat pohon-pohon pinus yang tumbuh subur. Anda bisa menikmati kesejukan udara dan panorama alami dengan berjalan-jalan disekitar telaga.

Tak hanya jalan-jalan, anda pun bisa menikmati Telaga Remis ini dengan bersepeda air ditengah telaga yang mempunyai air yang jernih ini.

Bersepeda Air di Telaga Remis

Bersepeda Air di Telaga Remis (Foto: indonesiakaya.com)

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1.000 untuk parkir motor, Rp 2.500 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk bus.

Hampir lupa, ada sebuah mitos tentang tempat wisata di Cirebon ini yang berkembang dari mulut ke mulut. Mitos itu menyebutkan, orang yang datang ke telaga ini bersama pasangannya akan putus hubungan dengan kekasihnya.

Namun tentu itu hanya sebuah mitos yang kebenarannya sangat sulit untuk dibuktikan.

20 Tempat Wisata di Cirebon Ter-update yang Wajib Dikunjungi Travelers
4.4 (88.57%) 7 vote[s]

Leave a Reply