20 Tempat Wisata di Cirebon Ter-update yang Wajib Dikunjungi Travelers

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya adalah sebuah masjid. Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau yang dikenal sebagai Masjid Agung Kasepuhan merupakan sebuah masjid yang masih berada dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dibangun pada sekitar tahun 1480 masehi atau sejaman dengan para walisongo menyebarkan agama Islam di nusantara, disamping itu masjid ini juga dipercaya sebagai masjid tertua yang ada di Kota Cirebon.

Entah ada hubungannya atau tidak dengan Masjid Agung yang ada di Demak, yang jelas penampakan masjid ini dari segi arsitekturnya hampir sama.

Sedikit informasi buat anda, nama masjid ini diambil dari kata “sang” yang mempunyai makna keagungan, “cipta” yang berarti dibangung dan “rasa” yang berarti digunakan.

Masjid Agung Sang Cipta

Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Foto: pegipegi.com)

Ada yang menarik dengan pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini, konon masjid ini dibangun hanya dalam waktu semalam dan ada beberapa walisongo diantaranya, Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati.

Mayoritas dari warga Cirebon tahu tentang hal ini dan sejarah ini tertulis dibuku Babad Tanah Cirebon.

Konon pembangunan masjid ini melibatkan sekitar 500 orang tenaga kerja yang khusus didatangkan dari Demak, Majapahit dan Cirebon.

Saat itu, Sunan Kalijaga ditunjuk sebagai arsiteknya. Tertarik membuktikan kebenaran cerita tersebut!

Anda yang jarang wisata religi sepertinya perlu menyempatkan diri untuk menyambangi masjid ini. Berbagai keunikan yang ada tentu memberi pengalaman baru wisata anda.

7. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan, pasti nama yang terdengar aneh buat anda. Tempat wisata di Cirebon ini memang terdengar sedikit aneh.

Namun bagi warga Cirebon, nama itu sudah tidak asing lagi karena Banyu Panas Palimanan merupakan salah satu objek wisata yang cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon.

Banyu Panas yang berarti “Air Panas” dalam bahasa Cirebon merupakan objek wisata air panas yang berada di pegunungan kapur Gunung Kromong, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tepatnya sekitar 16 km dari pusat Kota Cirebon.

Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan (Foto: obyekwisata.info)

Berbagai manfaat, keunikan dan keindahan alam menyatu di Banyu Panas Palimanan ini.

Mulai dari sumber mata airnya yang sering berpindah-pinda, air panasnya yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena mengandung belerang yang terbilang tinggi.

Tak hanya itu, suasana alamnya juga sangat mendukung karena berada di daerah pegunungan yang membuat tempat wisata ini sangat pas untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama keluarga.

Fasilitas yang ada juga sudah memadai, mulai dari kolam pemandian yang mempunyai ukuran 10×15 meter, tempat membilas badan, kamar mandi, gazebo untuk bersantai dan joging track untuk menunjang anda yang hobi dengan olahraga.

Dengan hanya membayar uang tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang dan biaya tambahan Rp 6.000 bagi yang ingin berendam, anda sudah bisa berwisata ke Banyu Panas Palimanan ini.

8. Kerajinan Batik Trusmi

Wisata Cirebon selanjutnya adalah kerajinan. Nah, bagi anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Cirebon sepertinya sangat cocok datang ke sentra Kerajinan Batik Trusmi ini, berbagai corak batik ada di sini dan di jual cukup murah.

Sedikit informasi bagi anda, nama Trusmi sendiri merupakan nama yang berasal dari nama seorang tokoh Islam yang dipercaya sebagai salah satu murid dari Sunan Gunung Jati, yakni Ki Gede Trusmi.

Kerajinan Batik Trusmi Cirebon

Kerajinan Batik Trusmi Cirebon (Foto: soloraya.com)

Ki Gede Trusmi membantu menyebarkan dan mengajarkan Islam kepada penduduk setempat. Tak hanya itu, Ki Gede Trusmi juga mengajarkan cara membatik.

Hingga kini pusar atau makam dari Ki Gede Trusmi ini masih ada dan terawat cukup baik.

Sentra kerajinan batik ini tepatnya berada di Desa Trusmi Plered Cirebon, sekitar 4 km di luar kota Cirebon ke arah Bandung.

Anda yang datang dari Jakarta gunakan jalur biasa, jangan masuk tol ke Palimanan. Di situ anda akan melewati desa ini sebelum sampai ke pusat kota Cirebon.

Sepanjang Jl. Syekh Datu Kahfi, Jl. Buyut Trusmi, Jl. Panembahan banyak sekali toko-toko batik yang akan anda jumpai, selamat berburu batik.

9. Pantai Kejawanan

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kota Cirebon. Pantai ini terkenal dengan panorama sunsetnya yang indah.

Sunset di Pantai Kejawanan ini boleh di adu dengan panorama sunset yang ada di Tanjung Lesung, Banten. Berada dalam posisi yang pas ditengah-tengah saat sunrise maupun sunset membuat panorama terbit dan tenggelamnya matahari sangat indah terlihat.

Di samping sebagai tempat wisata di Cirebon, Pantai Kejawanan ini juga difungsikan sebagai Tempat Pengelolaan Ikan (TPI) Kejawanan dan sebagai wisata terapi.

Saya menggaris bawahi wisata terapi pada paragraph diatas bukan tanpa alasan. Ada mitos yang berkembang dan dipercaya oleh masyarakat setempat maupun masyarakat luar akan khasiat air dari Pantai Kejawanan ini.

Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan (Foto: pintuwisata.com)

Konon air dari pantai ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit medis diantaranya, penyakit reumatik, diabetes, asam urat, stroke, radang tenggorokan, batuk dan penyakit kulit.

Caranya bagaimana! Anda hanya cukup berendam di air Pantai Kejawanan ini sesering mungkin atau berkumur-kumur dengan airnya. Sembuh tidaknya sepertinya anda harus mencobanya…..hehehe

Kita tinggalkan dulu hal-hal yang berbau mitos, ada baiknya anda berkeliling di pantai ini dengan menggunakan perahu yang bisa anda sewa dari nelayan-nelayan yang ada di pantai ini denga tarif yang cukup murah, hanya Rp 5.000/orang.

Pasti tidak akan pas rasanya jika anda tidak mandi di pantai ini.

Karena objek wisata ini terkenal dengan keadaan alamnya yang landai lagi dangkal membuat pantai ini sangat digemari untuk bermandi-mandi ria baik untuk dewasa maupun anak-anak.

10. Setu Sedong

Setu Sedong merupakan tempat wisata di Cirebon berupa waduk yang berada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat tepatnya 26 km dari arah pusat Kota Sumber.

Tempat wisata ini sebenarnya belum dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon namun waduk ini sudah diakui dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Belum diresmikanpun sudah banyak orang yang datang ke Setu Sedong ini bagaimana jika telah resmi dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Cirebon.

Pasti tambah rame lagi orang yang akan datang berkunjung ke waduk ini.

Setu Sedong

Setu Sedong (Foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Setu Sedong sendiri sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai menghabiskan waktu bersama keluarga. Disamping itu anda yang punya hobi memancing tidak boleh melewatkan memancing ikan gratis di waduk ini, anda akan bersaing dengan beberapa penduduk setempat yang sering mancing di sore hari.

Setu Sedong juga mempunyai spot-spot yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai latarbelakang pemotretan, pasti sangat keren berfoto diatas rakit yang sedang melaju di air tak kala senja. Tentu hal itu menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan.

20 Tempat Wisata di Cirebon Ter-update yang Wajib Dikunjungi Travelers
4.4 (88.57%) 7 votes

Leave a Reply