Panduan Wisata Lengkap Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia.

20 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru yang Wajib Dikunjungi Travelers

Tempat Wisata di Cirebon. Cirebon yang berasal dari kata cai (Air) dan Rebon (Udang Kecil) merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pertumbuhan sangat pesat setelah Kota Bandung dan Bekasi.

Di samping terkenal dengan berbagai peninggalan agama Islamnya ternyata tempat wisata yang ada di Cirebon juga tidak kalah dengan berbagai tempat wisata di Bandung maupun kabupaten lain yang ada di Jawa Barat.

Di masa lalu Cirebon hanyalah sebuah duku kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa yang lama kelamaan berkembang menjadi sebuah desa yang ramai.

Dahulu, mata pencaharian sebagian besar dari masyarakatnya adalah nelayan yang pekerjaan utamanya menangkap ikan dan rebon di sepanjang pantai.

Tak hanya itu, daerah mereka juga dikenal sebagai sentra pembuatan terasi, petis maupun garam.

Siapa yang sangka kota yang kaya dengan sejarah dan menjadi salah satu kota tertua yang ada di pulau jawa ini juga mempunyai potensi pariwisata yang sedang berkembang layaknya di Kabupaten Bandung.

Mempunyai keunggulan letak geografis yang strategis dan menjadi simpul yang menghubungkan tiga kota besar. Jakarta, Semarang dan Surabaya membuat Cirebon sangat mudah mengembangkan sektor pariwisatanya karena tidak pernah sepi dari para pelancong.

Jika anda sedang mencari tempat wisata untuk menghabiskan liburan maka tidak ada salahnya untuk melirik berbagai tempat wisata di Cirebon.

Dan berikut beberapa daftar tempat wisata di Cirebon yang bisa anda kunjungi.

Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

wisata cirebon

Wisata Cirebon (Foto: dambiro.blogspot.com)

Setidaknya Cirebon mempunyai 20 tempat wisata mulai dari yang paling populer hingga yang belum terlalu dikenal.

Objek wisata yang ada tidak akan membuat anda bosan karena tempat wisatanya cukup komplit, mulai dari wisata sejarah, museum, wisata alam, berbagai wahana hingga wisata kuliner di Cirebon.

Tentunya hal itu siap membawa keceriaan di tengah-tengah liburan anda bersama keluarga.

Berikut daftar lengkap tempat wisata di Cirebon yang paling populer hingga belum terjamah.

1. Keraton Kasepuhan

Kami menempatkan Keraton Kesepuhan ke daftar teratas tempat wisata di Cirebon bukan tanpa alasan.

Keraton Kasepuhan inilah yang menjadi ikon Kota Cirebon dari jaman dahulu hingga kini. Di Keraton Kasepuhan inilah pusat pemerintahan pertama dari kesultanan Cirebon.

Keraton Kasepuhan yang difungsikan juga sebagai museum saat ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dan napak tilas penyebaran Islam di nusantara.

Menjadi salah satu cagar budaya yang senantiasa dilindungi membuat Keraton Kesepuhan ini selalu terawat.

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon (Foto: seputar-cirebon.com)

Di bangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Hingga kini walaupun usia telah berabad abad lamanya keraton ini masih berdiri dengan kokoh dengan bangunan kompleks keraton yang bersih dengan ciri khas cat berwarna putih dan taman yang asri membuat Keraton Kasepuhan ini sangat elok dipandang mata.

Begitu masuk ke dalam Keraton Kasepuhan ini anda akan langsung berada di ruangan utama dan langsung berhadapan dengan singgasana sultan.

Singgasana Sultan Keraton Kasepuhan

Singgasana Sultan Keraton Kasepuhan (Foto: nabatours.com)

Keraton Kasepuhan ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dan ingin tahu tentang sejarah penyebaran Islam di tanah air. Dan puncaknya ada pada tanggal 1 Syawal karena di saat itulah kereta kencana Singa Barong dimandikan.

Konon menurut kepercayaan orang-orang Cirebon, kereta ini merupakan kereta milik Sunan Gunung Jati.

2. Keraton Kanoman

Wisata Cirebon selanjutnya adalah Keraton Kanoman. Tempat wisata ini awalnya merupakan keraton pertama yang ada di Cirebon.

Namun karena terjadi konflik internal dalam keraton maka terpecahlah menjadi beberapa keraton yaitu, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabon.

Memang nama Keraton Kanoman ini tidak setenar dengan Keraton Kasepuhan namun keraton ini juga banyak menyimpan peninggalan-peninggalan yang bernilai sejarah dan tentunya masih erat kaitannya dengan syiar Islam yang dilakukan oleh Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon (Foto: dianrentalmobilcirebon.com)

Di kompleks keraton seluas kurang lebih 6 hektar ini, setidaknya ada 27 bangunan kuno.

Diantaranya ada sebuah saung bernama witana yang merupakan bangunan utama dan bangunan yang menjadi cikal bakal dari Keraton Kanoman ini.

Sang raja atau sultan ke 12 Keraton Kanoman Raja Muhammad Emiruddin juga tinggal di keraton ini beserta keluarganya.

Berbagai peninggalan bersejarah mulai dari kereta perang tunggangan Sunan Gunung Jati dimasa lalu yang bernama Paksi Naga Liman dan Jempana, berbagai keramik dalam bentuk piring, mangkok, gelas asli dari tiongkok, benda-benda pusaka seperti keris, tombak, gamelan, dll.

Kereta Perang Paksi Naga Liman

Kereta Perang Paksi Naga Liman (Foto: budaya-indonesia.org)

Tentu sangat seru berwisata ke tempat-tempat bersejarah seperti Keraton Kanoman ini, disamping tempatnya yang bersih, kita juga akan mendapat berbagai pengetahuan baru khususnya napak tilas perkembangan Islam di nusantara.

3. Taman Wisata Siwalk

Nah, anda yang gemar dengan wisata seru tampaknya mesti menyempatkan berlibur ke Taman Wisata Siwalk ini.

Tempat wisata di Cirebon ini berada di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Taman Wisata Siwalk berdiri dilahan seluas 175 hektar. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana dan tentunya panorama alam yang indah dengan bukit-bukit kecil dan persawahan hijau yang membentang luas.

Anda bisa menguji adrenalin anda dengan bermain flying fox atau menyewa ATV untuk berkeliling di tempat wisata ini.

Punya hobi memancing!

Jangan sampai ketinggalan membawa peralatan memancing anda karena di sini anda bisa memancing ikan dengan sepuasnya.

Taman Wisata Siwalk di Cirebon

Taman Wisata Siwalk di Cirebon (Foto: piknikdong.com)

Masih ingat dengan Bendungan Sutami yang ada di Malang!

Nah, anda yang tidak ingin bermain outbond juga masih bisa menikmati panorama alam yang indah dengan berkeliling disekitar Waduk Setu Patok dengan menyewa sebuah perahu.

Berapa yang anda bayar untuk bisa berwisata ke Taman Wisata Siwalk ini!

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000/orang untuk bisa berwisata di tempat ini, cukup murah bukan.

4. Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani atau Ade Irma Suryani Waterpark merupakan tempat wisata di Cirebon yang berupa taman rekreasi. Hampir mirip dengan galaxy waterpark yang ada di Yogyakarta.

Tempat wisata ini merupakan taman rekreasi terbesar yang ada di Kota Cirebon. Sebelum tahun 1966 taman ini bernama Traffic Garden Cirebon yang kemudian berganti nama.

Hingga kini taman ini menjadi tempat wisata yang selalu rame dikunjungi oleh wisatawan di akhir pekan.

Taman ini berada di Jl Yos Sudarso, No.1, Cirebon. Lokasinya yang sangat mendukung karena tepat berada di pinggir laut pantai utara Cirebon dan pelabuhan membuat taman ini menjadi salah satu ikon tempat wisata di Cirebon.

Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani (Foto: telusurindonesia.com)

Jika dahulu taman ini hanya memiliki kebun binatang sebagai daya tarik utama wisatanya,  saat ini keadaanya telah berbeda.

Dengan investasi puluhan milyar, Taman Ade Irma Suryani kini telah di sulap menjadi taman terbesar di Cirebon.

Tempat wisata di Cirebon ini sangat komplit untuk dijadikan tempat berakhir pekan bersama keluarga anda.

Di sini anda bisa menemukan berbagai wahana bermain, wisata kuliner untuk memanjakan perut anda dan tentunya penginapan bagi anda yang ingin merasakan suasana malam dipinggir laut.

5. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah maupun mistis!

Nah, jika anda tertarik dengan hal-hal mistis, tentu anda tidak boleh melewatkan untuk berwisata di Taman Sari Gua Sunyaragi.

Berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, objek wisata ini terlihat seperti candi yang disebut Gua Sunyaragi (Taman Air Sunyaragi/Taman Sarisunyaragi).

Nama “Sunyaragi” sendiri berasal dari bahasa sansekerta kata “Sunya” yang berarti sepi dan “Ragi” artinya raga.

Pada masanya, gua ini didirikan sebagai tempat beristirahat maupun meditasi untuk para sultan Cirebon.

Disamping itu, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penggelembengan tentara Kesultanan Cirebon pada masa itu.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi (Foto: komunikasi.um.ac.id)

Dengan luas kompleks sekitar 15 hektar yang berada di Jl. By Pass Brigjen Dharsono, Gua Sunyaragi ini termasuk dalam cagar budaya Kota Cirebon yang dilindungi oleh negara dan menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Cirebon.

Dahulu, kompleks dari Gua Sunyaragi ini dikelilingi oleh danau namun saat ini telah mengering meninggalkan kompleks gua yang terlihat indah dan penuh misteri.

Ada mitos yang masih tertinggal hingga kini di Gua Sunyaragi ini. Di beberapa tempat gua dipercaya dapat memudahkan datangnya jodoh hingga menyulitkan datangnya jodoh.

Penasaran ingin membuktikan mitos tersebut!

20 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru yang Wajib Dikunjungi Travelers
5 (100%) 4 votes

Leave a Reply