Panduan Wisata Lengkap Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia.

27 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Wajib Dikunjungi Travelers

Tempat Wisata di Bandung. Sejak liburan dan jalan-jalan menjadi bagian dari gaya hidup, beberapa daerah di Indonesia terus berbenah dan memoles keindahan alam daerahnya masing-masing, tidak terkecuali dengan Kabupaten Bandung.

Kabupaten ini menyimpan begitu banyak keindahan dan panorama alam yang tentu tidak akan anda temukan di daerah lain.

Nah, jika saat ini anda punya rencana untuk liburan ke Bandung beberapa informasi tempat wisata yang ada di Bandung yang kami muat diartikel ini tentu akan membantu anda menentukan pilihan objek wisata apa saja yang wajib anda kunjungi di Bandung.

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

wisata bandung

Wisata bandung

Karena Kabupaten Bandung berada di daerah ketinggian maka sebagian besar tempat wisata di Bandung berada di daerah ketinggian.

Ini sama halnya dengan beberapa tempat wisata di Malang yang sebagian besar berada di daerah pegunungan.

Penasaran dengan tempat wisata apa saja yang ada di Kabupaten Bandung!

Berikut Daftar Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya yang wajib anda kunjungi jika sedang berwisata ke Bandung.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Kami menempatkan Gunung Tangkuban Perahu diurutan pertama tempat wisata di Bandung yang wajib anda kunjungi bukan tanpa alasan.

Tempat wisata alam di Bandung ini merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Bandung.

Tangkuban Perahu punya segudang cerita dan salah satunya yang melekat hingga kini adalah cerita rakyat yang melegenda yakni, Sangkuriang.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga kini dan gunung ini terbilang unik dikarenakan bentuknya seperti perahu yang terbalik.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto: indonesiaexplorer.net)

Hal ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang dikisahkan menendang perahu hingga terbalik dan menjadi sebuah gunung yang terlihat hingga saat ini.

Lokasi gunung ini berada sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung.

Diapit dengan rerimbunan pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya membuat Gunung Tangkuban Perahu begitu indah dan terlihat kokoh.

Jika anda akan berwisata ke gunung tangkuban perahu , anda perlu menyediakan baju hangat karena cuaca pada siang hari disekitar gunung tangkuban perahu berada dikisaran 17 derajat Celsius dan pada malam hari akan lebih ekstrim lagi yakni, 2 derajat Celcius.

2. Kawah Putih

Tempat wisata di Bandung selanjutnya adalah Kawah Putih. Destinasi wisata ini terletak di daerah Ciwidey dan berada 50 km di selatan Kota Bandung.

Kawah ini merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha.

Untuk bisa sampai di lokasi Kawah Putih, anda bisa mencoba salah satu rute perjalanan sebagai berikut:

Jika anda dari luar Bandung yang membawa kendaraan roda empat, anda dapat melewati jalur pintu keluar Tol Kopo, kemudian melewati Sayati yang dilanjutkan ke Soreang dan dari Soreang anda bisa melanjutkan perjalanan ke Ciwidey.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey (Foto: kawah-putih.com)

Alternatif lain, anda bisa menggunakan jalur tol Buah Batu untuk bisa sampai ke Ciwidey.

Namun jika anda memilih kendaraan umum untuk ke lokasi Kawah Putih, anda bisa menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang kemudian ke Ciwidey dan terakhir ke lokasi kawah.

Objek wisata ini mulai buka jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Harga tiket masuk ke Kawah Putih ini Rp 15.000/orang pada hari biasa maupun libur.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Wajib Dikunjungi Travelers

3. Danau Situ Patenggang

Letak danau Situ Patenggang ini cukup dekat dari lokasi Kawah Putih, hanya berjarak 7 km dari Kawah Putih. Jadi alangkah baiknya anda langsung ke kawasan ini jika dari Kawah Putih.

Danau ini berada pada daerah ketinggian, 1600 meter Dari Permukaan Laut (DPL). Jika anda baru pertama kali ke kawasan ini, anda akan takjub dengan keindahan panorama alam yang terhampar luas.

Di sekelilingnya ada kebun teh hijau yang terbentang luas dengan indahnya.

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang (Foto: kompas.com)

Untuk masuk ke Situ Patenggang, anda akan dikenakan biaya tiket Rp 15.000/orang di luar biaya parkir jika anda masuk menggunakan kendaraan.

Anda bisa mengelilingi danau Situ Patenggang ini menggunakan perahu yang cukup banyak disediakan untuk wisatawan dan tentunya aman karena kondisi perahu yang cukup terawat.

Objek wisata ini sangat bagus menjadi destinasi liburan anda bersama keluarga.

Anda pun tidak perlu khawatir jika kemalaman, karena disekitar kawasan banyak disediakan hotel, resor hingga villa yang cukup menampung keluarga anda tentunya.

4. Curug Dago

Curug Dago merupakan tempat wisata alam di Bandung berupa air terjun dengan ketinggian air terjun 12 meter dan berada pada ketinggan 800 meter DPL.

Curug ini berada di daerah Bukit Dago yang masih masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda, Bandung atau yang sering disebut Dago Pakar.

Sekilas tentang Dago Pakar: Dago Pakar diresmikan pertamakali oleh Presiden Soeharto pada 14 Januari 1985 sebagai taman nasional. Dago Pakar kaya akan tumbuh-tumbuhan dan hewan yang dilindungi. Tak heran jika tempat ini juga dijadikan konservasi alam dan pusat penelitian botani.

Curug Dago

Curug Dago (Foto: sebandung.com)

Terbentuknya curug ini berasal dari kikisan air dari sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya.

Objek wisata ini tidak begitu dikenal seperti halnya Kawah Putih dan danau Situ Patenggang karena lokasinya yang cukup tersembunyi dan kurangnya promosi.

Namun kondisi tempat wisata ini cukup memprihatinkan dengan banyaknya sampah disepanjang aliran sungai dan kondisi air yang tak lagi jernih karena pembukaan lahan pemukiman diatas Curug.

Tapi tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri dan keluarga untuk berkunjung ke lokasi wisata Curug Dago yang merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Bandung.

5. Pemandian Air Panas Ciater

Ciater atau Sari Ater menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan.

Objek wisata ini berada di perbatasan Kabupaten Subang dan tidak begitu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, kira-kira hanya 7-8 km dari Gunung Tangkuban Perahu.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater (Foto: infojalanjalan.com)

Tersedotnya perhatian masyarakat ke tempat wisata ini karena di samping sebagai sarana tempat rekreasi mengasikkan bagi keluarga, Air Panas Ciater yang berasal dari salah satu kawah aktif gunung Tangkuban Perahu ini juga dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya mengobati penyakit kulit, terapi penyembuhan sakit rematik, gangguan syaraf dan tulang. Miriplah khasiatnya dengan Banyu Panas Palimanan, salah satu tempat wisata di Cirebon.

Sumber mata air panas yang terdapat dibeberapa lokasi pemandian disajikan dalam bentuk kolam pemandian dan kamar-kamar untuk berendam.

Dengan luas 30 hektare menjadikan objek wisata ini yang terbesar di Jawa Barat.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini juga cukup terjangkau hanya Rp 28.000/orang dengan fasilitas yang cukup lengkap.

27 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Wajib Dikunjungi Travelers
4.3 (85.71%) 14 votes

4 Comments

Leave a Reply