Panduan Wisata Lengkap Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia.

Taman Bunga Nusantara – Sejarah, Daya Tarik, Rute dan Tiket Masuk

Taman Bunga Nusantara. Punya rencana liburan di akhir pekan ini atau masih bingung menentukan mau liburan ke mana!

Setelah membaca artikel ini, dijamin anda tidak akan bingung lagi menentukan pilihan mau berlibur ke mana akhir pekan ini. Karena di artikel ini kita akan membahas salah satu tempat wisata yang cukup menyedot perhatian orang.

Yap, yang akan kita bahas kali ini adalah Taman Bunga Nusantara, salah satu taman terbesar yang ada di Indonesia.

taman bunga nusantara

Taman Bunga Nusantara

Dari namanya saja pasti anda sudah paham jika objek wisata yang kita bahas ini adalah sebuah taman bunga. Namun jangan salah, karena taman ini bukanlah taman bunga biasa seperti yang anda bayangkan.

Nah, anda yang tinggal di sekitaran Jakarta tentu punya keuntungan tersendiri berwisata ke Taman Bunga Nusantara ini, karena lokasi taman ini tidak begitu jauh dari ibu Kota Jakarta. Taman bunga ini secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Taman ini punya segudang daya tarik dan tentu sangat pas dijadikan rujukan tempat liburan pada akhir pekan. Sebelum kita bahas daya tarik dari taman bunga ini sebaiknya kita cari tahu dulu asal usul dari objek wisata ini.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Sejarah Berdirinya Taman Bunga Nusantara

sejarah berdirinya taman bunga nusantara

Sejarah Taman Bunga Nusantara (Foto: mading.id)

Taman Bunga Nusantara (TBM) ini berdiri atas prakarsa ibu Danil Bustani Arifin yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara.

Taman bunga yang berdiri dilahan seluas 35 hektar ini mulai dirintis pada tahun 1992 dan pada tahun 1993 secara intensif dikembangkan terus menerus hingga saat ini.

Tujuan utama Ibu Danil Bustani Arifin dan anggota dari Yayasan Bunga Nusantara mengembangkan taman ini adalah untuk membuat aset wisata yang berbasis Agro Wisata. Karena pada saat itu masih sangat jarang objek wisata di Indonesia yang punya konsep Agro Wisata.

Bisa dibilang Taman Bunga Nusantara inilah salah satu pencetus konsep Agro Wisata yang kini sedang trend di daerah Bandung dan Malang.

Selain bertujuan sebagai aset wisata, taman ini juga mempunyai tujuan lain, diantaranya:

  • Ingin membantu pemerintah dalam hal pembangunan dan pengembangan Agro Wisata di Indonesia.
  • Ingin mengembangkan kreativitas masyarakat dalam budidaya bunga dengan menyediakan fasilitas penelitian dan pendidikan.
  • Turut membantu pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan petani bunga.
  • Berperan serta melestarikan tanaman langka baik itu dari Indonesia maupun luar negeri.
  • Menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap tumbuhan khususnya bunga.
  • Menyediakan tempat rekreasi yang sehat dan nyaman bagi masyarakat.
  • Memberi peluang sumber pendapatan baru dalam hal pertanian.

Yayasan Bunga Nusantara Go International

tournament of roses in pasadena

Tournament Of Roses di Pasadena, california (Foto: behindthethrills.com)

Salah satu ide mendirikan Taman Bunga Nusantara ini juga tidak terlepas dari prestasi Yayasan Bunga Nusantara di dunia internasional.

Yayasan ini kerap mengikuti festival maupun parade bunga di luar negeri. Tercatat, keikutsertaan mereka yang pertama sewaktu parade kendaraan hias Tounament Of Roses di Pasadena, California. Selama keikutsertaan, yayasan ini selalu mendapatkan penghargaan atas karya-karya dari Yayasan Bunga Nusantara.

Hal ini juga tentu menjadi prestasi bagi bangsa Indonesia karena karya anak bangsa bisa dikenal dan diakui dunia internasional.

Latarbelakang inilah yang membuat Yayasan Bunga Nusantara membuat Taman Bunga Nusantara dengan cita-cita keberadaanya diakui oleh dunia internasional.

Lalu apa saja daya tarik dari taman ini!

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

daya tarik taman bunga nusantara

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

Lokasinya yang berada di daerah ketinggian membuat udara disekitar taman ini sangat sejuk khas daerah pegunungan. Tentunya hal ini sangat baik bagi anda yang datang berwisata dengan putra putri anda.

Hamparan rumput hijau di sekelilingnya dengan bunga berwarna warni menghiasinya tidak kalah dengan Taman Arimbi di Dusun Bambu, salah satu objek wisata Bandung yang cukup terkenal.

Objek wisata ini menawarkan berbagai taman yang mempunyai daya tarik dan keunikan masing-masing. Mari kita bahas satu persatu taman apa saja yang ada di sini.

Taman Air

taman air di taman bunga nusantara

Taman Air di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Taman air adalah sebuah kolam yang cukup besar dengan berbagai jenis tanaman di atasnya. Tak hanya vital untuk manusia, keberadaan air juga funsinya sangat vital bagi kelangsungan hidup tanaman.

Di taman ini ada berbagai jenis tanaman yang tumbuh vertikal maupun horizontal dan rata-rata tanaman yang dibudidayakan di taman ini berasal dari luar negeri.

Lihat saja Kana Air (Thalia Dealbata), tanaman ini bukan berasal dari Indonesia. Aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara yang tumbuh vertikal di taman ini.

Ada juga Lotus (Nelumbo Nucifera) yang tumbuh horizontal ditengah kolam. Bunga ini berasal dari Asia Timur dan Australia bagian timur laut.

Di samping itu ada juga tanaman Cyperus Papirus dari Mesir yang bunganya cukup unik karena menyerupai rambut menjuntai.

Tak ketinggalan Teratai Raksasa (Victoria Amazonica) dan Giant Arum (Typonodorum Lindleyanum) juga dibudidayakan di taman ini yang berasal dari Amerika Selatan.

Taman Mawar

taman mawar di taman bunga nusantara

Taman Mawar di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Dari namanya saja pasti anda sudah bisa menebak jika di taman ini pasti di dominasi oleh berbagai tanaman Bunga Mawar.

Yap, di taman ini memang dikhususkan untuk tanaman Bunga Mawar yang tumbuh subur dengan berbagai warna dan tertata rapi.

Tanaman yang berasal dari China ini terkenal hingga ke berbagai negara karena keunikan dan aromanya yang khas. Banyak yang tertarik membudidayakan tanaman ini karena tahan terhadap segala kondisi cuaca dan dapat beradaptasi dengan 4 iklim sekaligus.

Namun jangan salah, walaupun terbukti tanaman ini tahan dengan segala kondisi iklim tetap saja Bunga Mawar membutuhkan yang namanya penyiraman, pemberian pupuk dan penyiangan dengan kalkulasi yang tepat agar keindahannya tetap terjaga.

Taman Perancis

taman perancis di taman bunga nusantara

Taman Perancis di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Nah, di taman ini anda akan disuguhkan taman dengan gaya Perancis (France). Taman ini mengedepankan kerapihan, keserasian dan juga keseimbangan bentuk dari kreatornya.

Di sini anda akan melihat tanaman Perdu Taiwan Beuty yang ditata rapi dan dipangkas sedemikian rupa hingga membentuk suatu bingkai dengan bunga berwarna warni tepat ditengahnya.

Jenis tanaman tidak terlalu penting pada konsep Taman Perancis. Taman ini hanya mengutamakan sebuah pola yang dikombinasikan dengan bunga-bunga agar menyatu dengan desain awal taman ini.

Di jamin, kepenatan pun langsung hilang begitu anda menginjakkan kaki anda di Taman Perancis ini.

Taman Rahasia (Labyrinth)

taman rahasia

Taman Rahasia/Labirin di Taman Bunga Nusantara (Foto: metropolitan.id)

Anda yang pernah menonton film “Maze Runner” pasti sudah bisa menebak dari konsep taman ini. Film yang menceritakan sekelompok pemuda terjebak di dalam sebuah labirin selama bertahun-tahun dan sangat sulit mencari jalan keluar.

Bagi anda yang penasaran berada dalam sebuah labirin sepertinya perlu mencoba ke Taman Rahasia ini agar merasakan susahnya keluar dari sebuah labirin.

Untungnya labirin di Taman Rahasia ini terbuat dari tanaman seperti halnya taman labirin Coban Rondo, salah satu tempat wisata di Malang. Dan bukannya dari beton seperti dalam film Maze Runner sehingga anda cukup mudah mencari jalan keluar.

Taman ini dibangun dengan pola Renaissance yang terinspirasi dari cerita mitologi Yunani tentang monster yang menculik seorang putri dan diselamatkan oleh Theseus pada sebuah jalan yang tidak berujung.

Anda juga bisa menikmati keindahan dari Taman Rahasia ini dari ketinggian di menara pengawas, salah satu ikon di taman ini.

menara pengawas taman bunga nusantara

Menara Taman Pengawas Taman Bunga Nusantara

Bagaimana, anda tertarik merasakan sensasi berada dalam sebuah labirin!

Taman Bali

taman bali di taman bunga nusantara

Taman Bali di Taman Bunga Nusantara (Foto: cendananews.com)

Taman Bali ini merupakan sebuah dedikasi bagi Bali yang namanya telah terkenal di dunia internasional sebagai destinasi wisata.

Tak heran di taman ini anda tidak akan asing dengan bangunan-bangunan yang bentuknya khas bangunan yang sering kita jumpai di Bali. Mulai dari bangunan, patung, gapura pintu masuk, bale bengong dan bale kul-kul bisa anda jumpai di Taman Bali.

Bunga yang dibudidayakan di taman ini di dominasi oleh bunga kamboja, helekonia, kembang sepatu serta beberapa tanaman tropis lainnya.

Taman Mediterania

taman mediterania

Taman Mediterania di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Taman berikutnya yang ada di Taman Bunga Nusantara adalah taman mediterania. Taman yang mempunyai konsep mediterania ini bertujuan untuk mengenalkan ke masyarakat ragam tanaman yang banyak tumbuh di daerah gurun pasir.

Di taman ini anda akan banyak menemukan berbagai jenis tanaman Kaktus ( Cactaceae) dan Yucca (Liliceae). Ke dua jenis tanaman ini sangat tangguh karena sifatnya yang tidak terlalu membutuhkan air dalam kelangsungan hidupnya.

Jenis tanaman kaktus yang berkembang di sini seperti Cephalocereus SenilisNotocactus MagnificusOpuntia Rufida serta Cereus Hexagonus, dibiarkan berkembang layaknya di tempat asalnya.

Taman Palem

taman palem

Taman Palem (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Nah, anda yang sedang mencari suasana sejuk dan rindang pastinya harus mengunjungi Taman Palem ini. Karena di taman ini tumbuh dengan subur pohon Palem dengan berbagai ukuran, mulai dari yang terkecil hingga yang besar.

Pastinya sangat nyaman tiduran di bawah pohon ini karena daunnya yang lebat menutupi anda dari sengatan matahari jika berada di bawahnya.

Koleksi pohon Palem yang ada di taman ini sekitar 100 jenis. Diantaranya, Palem Kipas Meksiko (Washingtonia Robusta), Screw Pine (Pandanus Utilis) dari Madagascar.

Ada juga pohon Palem dari jenis Palem Alexandra (Archontophoenix Alexandrae) dari Queensland, Australia dan Palem raksasa Cuban Royal Palm (Roystonea Regia) yang berasal dari Kuba.

Pokonya lengkap deh jenis pohon Palem yang ada di Taman Palem ini.

Taman Gaya Jepang

taman jepang di taman bunga nusantara

Taman Jepang di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Taman ini terinspirasi dari rumah-rumah di Jepang tempo dulu. Masyarakat Jepang tempo dulu punya kebiasaan menyamarkan rumah-rumah mereka dengan tanaman-tanaman yang memberi rasa aman dari berbagai gangguan ataupun serangan dari musuh.

Di sini anda akan menemukan taman sederhana yang mengedepankan unsur-unsur alam sebagai konsep utamanya.

Taman Rumah Kaca

rumah kaca taman bunga nusantara

Rumah Kaca (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Taman yang satu ini cukup unik karena berada dalam sebuah rumah kaca dengan luas 2000 x 2000 meter. Di negara-negara maju Rumah Kaca atau yang sering di sebut Green House sudah menjadi sebuah industri khususnya negara penghasil bunga.

Umumnya rumah kaca ini sering ditemukan pada negara yang memiliki iklim yang ekstrem. Rumah kaca ini difungsikan sebagai sarana perlindungan bagi bunga-bunga yang tumbuh di dalamnya dari cuaca buruk.

Bunga-bunga yang di tanam di dalam Rumah Kaca ini biasanya jenis bunga yang sulit menghadapi hujan deras ataupun terik matahari pada waktu siang.

Anda yang baru menginjakkan kaki di sini pasti akan takjub dengan berbagai jenis bunga yang tumbuh dalam Rumah Kaca di Taman Bunga Nusantara ini.

Hamparan Karpet dari Bunga

Di samping itu, di Taman Bunga Nusantara ini juga ada sebuah hamparan bunga-bunga berwarna warni tersusun rapi yang sekilas terlihat mirip karpet jika anda melihatnya dari jarak jauh.

display karpet taman bunga nusantara

Display Karpet (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Hmm…cukup indah bukan…hehehe

Backround Photography

Anda yang punya agenda prawedding atau foto model bisa menjadikan Taman Bunga Nusantara ini sebagai salah satu rujukan untuk mengabadikan foto anda.

backround photography taman bunga nusantara

Backround Photography Taman Bunga Nusantara (Foto: kota.com)

Banyak sekali spot-spot pengambilan gambar yang ideal dengan latar belakang bunga berwarna warni menghiasi setiap sudut taman. Tentunya hal ini bisa menghasilkan foto dengan backround menawan.

Ingin menghasilkan foto yang seperti ini!

foto prawedding di taman bunga nusantara

Foto Prawedding di Taman Bunga Nusantara (Foto: preweddingfoto.com)

Anda bisa mengontak langsung call centernya di nomor berikut untuk reservasi:

+62 263 581 617
+62 263 581 618
Atau email ke [email protected]

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

dotto train taman bunga nusantara

Dotto Train, salah satu fasilitas di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)

Fasilitas yang ada di taman ini cukup komplit dan berikut daftar fasilitas yang tersedia di Taman Bunga Nusantara.

Fasilitas Penunjang Taman Bunga Nusantara

  • Reflesia Mini Theater, ini merupakan fasilitas audiovisual dengan durasi 15 menit yang khusus disediakan pengelola taman ini untuk mengenalkan ke wisatawan sedikit gambaran tentang taman ini.
  • Kereta Dotto (Dotto Train), fasilitas ini berupa kereta terbuka untuk wisatawan yang ingin mengelilingi taman di Taman Bunga Nusantara tanpa harus lelah berjalan kaki.
  • Garden Tram, fasilitas ini hampir mirip dengan Dotto Train namun sedikit tertutup. Tram ini juga bisa anda jadikan sebuah opsi untuk mengelilingi taman tanpa harus mengeluarkan tenaga berjalan kaki.
  • Mobil Wira Wiri, mobil dengan kapasitas 14 orang ini juga bisa anda jadikan pilihan untuk mengelilingi berbagai macam taman di Taman Bunga Nusantara. Mobil ini juga dilengkapi dengan audiovisual sebagai pemandu bagi wisatawan.
  • Menara Pandang, menara ini juga termasuk salah satu fasilitas yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat pemandangan taman bunga dari atas ketinggian. Pemandangan yang dihasilkan dari atas menara ini tidak kalah dengan Tebing Keraton yang ada di bandung.
  • Poliklinik, anda tak perlu panik jika tiba-tiba sakit ataupun tak enak badan karena taman ini juga menyediakan poliklinik yang bisa menjadi solusi bagi anda yang tiba-tiba sakit.
  • Nany’s Galleria, kan sayang sudah berwisata ke taman ini tapi pulang tidak membawa apa-apa. Nah, anda bisa mencari souvenir di galeri yang memang menyediakan oleh-oleh untuk dibawa pulang.
  • Cafe Marigold, lelah setelah mengelilingi Taman Bunga Nusantara! Anda bisa mampir di cafe ini yang menyediakan berbagai macam hidangan yang tentu akan membuat isi perut anda serasa penuh.
  • Bursa Bunga dan Tanaman, fasilitas ini diperuntukkan bagi anda yang hobi mengoleksi bunga. Karena di area ini anda bisa membeli bunga untuk dibawa pulang.
  • Gedung Serbaguna Saung Aki, fasilitas ini disediakan bagi anda yang ingin meeting ataupun menggelar resepsi pernikahan di taman bunga ini.
  • Wisma Saung Nini, fasilitas ini disediakan bagi anda yang berencana menginap di Taman Bunga Nusantara.

Fasilitas Pelengkap Taman Bunga Nusantara

  • Tenda Elegan, tenda yang di import dari Eropa ini dapat menampung hingga 40 orang. Tenda ini sangat cocok dijadikan tempat istirahat bagi anda yang datang dengan berombongan.
  • Panggung Kecil, fasilitas ini umumnya digunakan untuk acara perpisahan sekolah ataupun acara gathering perusahaan dengan kapasitas 1.00 hingga 1.000 orang.
  • Kursi dan Meja, fasilitas pelengkap ini juga disiapkan oleh pengelola dalamjumlah yang banyak.
  • Lokasi Piknik, anda yang datang berombongan dan berencana piknik bisa mencoba memilih salah satu dari 8 lokasi piknik yang tersebar diberbagai titik dengan kapasitas 500 hingga 3.500 orang.
  • Gazebo, ada sekitar 18 unit gazebo yang tersebar di taman ini yang bisa anda gunakan sebagai tempat beristirahat.
  • Amphiteater (Panggung Terapung), fasilitas ini berada di area danau yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengadakan event.
  • Danau Angsa, area ini jadi incaran bagi anak-anak yang penasaran dengan tingkah laku angsa jika berada di atas air.

Tak cukup dengan berbagai fasilitas yang telah ada, kini di Taman Bunga Nusantara juga telah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan anak.

Harga Tiket Taman Bunga Nusantara

KETERANGANHARGA TIKET
Tiket MasukRp 40.000/orang
Tiket Dotto TrainRp 50.000/orang
Tiket Garden TramRp 50.000/orang
Tiket Wisa WiriRp 5.000/orang
Tiket Rumah KacaRp 5.000/orang
Peta Maze GardenRp 1.000/lembar
Parkir MotorRp 10.000
Parkir MobilRp 15.000
Parkir MinibusRp 20.000
Parkir BusRp 25.000

*Harga tiket masuk yang tertera merupakan harga tiket masuk bagi usia 4 tahun ke atas.

Alamat dan Peta Lokasi Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi Cipanas – Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

Anda bisa melihat peta (maps) lokasinya langsung di bawah ini.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Bagi anda yang datang ke taman ini menggunakan kendaraan umum, anda bisa mengikuti rute yang telah kami susun.

  • Gunakan bus jurusan Bogor – Cianjur atau Bus Bandung – Jakarta yang rutenya melewati puncak, Bogor. Anda tinggal turun di pertigaan Hanjawar.
  • Setelah itu anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot rute Cipanas – Loji dan turun di pasar GSP Cianjur.
  • Dari pasar GSP Cianjur anda ambil angkot rute Cipanas – Mariwati dan anda bisa langsung turun di Taman Bunga Nusantara.

Cukup mudah bukan untuk menemukan objek wisata ini.

Nah, itu dia Taman Bunga Nusantara yang bisa anda jadikan rujukan berwisata bersama keluarga anda di akhir pekan ini.

Jika membutuhkan informasi tambahan, anda bisa berkunjung langsung ke situsnya langsung untuk menggali informasi yang kiranya masih kurang yang kami muat di artikel ini.

Akhir kata, selamat berakhir pekan menyenangkan di Taman Bunga Nusantara.

Taman Bunga Nusantara – Sejarah, Daya Tarik, Rute dan Tiket Masuk
5 (100%) 5 votes

Leave a Reply