Panduan Wisata Lengkap Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia.

Situ Patenggang – Sejarah, Daya tarik, Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Danau ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau nan eksotik.

Dengan jarak hanya sekitar 47 km dari pusat Kota Bandung, anda hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di objek wisata ini. Di samping itu, danau ini juga hanya berjarak sekitar 7 km dari Kawah Putih.

Situ Patenggang

Situ Patenggang (Foto: initempatwisata.com)

Sebelum menjadi taman wisata seperti saat ini, Situ Patenggang merupakan kawasan cagar alam hingga tahun 1981 objek wisata ini resmi dibuka untuk umum. Dengan luas sekitar 45.000 hektar dengan cagar alamnya yang membentang sejauh 123.077,15 hektar dan berada diketinggian 1600 meter dpl membuat udara disekitar Situ Patenggang sangat sejuk.

Danau ini juga terkenal dengan panorama alamnya yang sangat indah dan terlihat asri karena di sekelilingnya terdapat kebun-kebun teh berwarna hijau yang terhampar luas membentang dan terlihat rapi.

Cerita Rakyat Situ Patenggang

Sedikit bercerita asal muasal danau ini, Situ Patenggang ini berasal dari bahasa sunda, Situ artinya “danau” dan Pateangan-pateangan berarti “saling mencari”.

Dari situ ada sebuah cerita rakyat atau mitos yang berkembang secara turun temurun layaknya di Danau Biru, Gunung Tangkuban Perahu maupun Curug Bidadari yang mengisahkan cinta prabu dan putri titisan dewi yang tumbuh dewasa bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Cerita Mitos Situ Patenggang

Mitos Situ Patenggang (Foto: djamandoeloe.com)

Alkisah karena sesuatu hal membuat Ki Santang dan Dewi Rengganis berpisah cukup lama yang membuat keduanya menderita. Namun karena cinta yang begitu dalam membuat mereka saling mencari satu sama lain. Hingga akhirnya mereka bertemu disebuah tempat yang bernama Batu Cinta, tempat ini hinggi kini masih ada.

Batu Cinta Situ Patenggang

Batu Cinta (Foto: hellobandungku.com)

Karena merasa bahagia Dewi Rengganis meminta kepada kekasihnya untuk dibuatkan sebuah danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama di danau tersebut. Konon perahu inilah yang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara). Menurut cerita terdahulu, siapapun yang singgah di batu cinta ini dan mengelilingi pulau asmara bersama-sama maka senantiasa mendapat cinta yang abadi layaknya Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Daya Tarik Situ Patenggang

Banyak hal yang bisa anda lakukan saat berada di Situ Patenggang ini. Anda yang datang dengan pasangan anda bisa memulai berwisata ke Situ Patenggang ini dengan mengunjungi Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara bersama pasangan anda, di jamin suasana akan sangat romantis, siapa tau saja cinta anda akan abadi layaknya Ki Santang dan Dewi Rengganis dalam cerita rakyat Situ Petenggang ini…..hehehe

Rasakan ketenangan danau dengan berkeliling dengan menggunakan perahu yang banyak disewakan di pinggir danau. Anda yang tidak terbiasa menaiki perahu tidak perlu takut karena kondisi perahu yang ada di Situ Patenggang cukup kokoh dan terawat dengan baik.

Berkeliling Danau dengan Perahu di Situ Patenggang

Berkeliling Danau dengan Perahu (Foto: anekatempatwisata.com)

Di samping itu ada berbagai pilihan transportasi untuk bisa menyusuri danau Situ Patenggang ini diantaranya anda bisa menggunakan perahu boat, sepeda air ataupun perahu dayung dengan harga yang tentunya bervariasi.

Anda yang mempunyai hobi memancing sepertinya tidak boleh melewatkan sensasi menarik ikan dari dasar Danau Situ Patenggang. Berbagai jenis ikan air tawar hidup dan berkembang biak di dalam danau ini. Tentu membuat anda yang punya hobi memancing tentu akan tertarik memancing di danau ini.

Piknik di danau Situ Patenggang

Piknik di tepi danau (Foto: wisatapedi.com)

Bagi anda yang datang dengan berombongan bisa berpiknik di pinggir danau dengan menyewa gazebo ataupun tikar yang ada disekitar danau. Dijamin seru dan andapun akan betah berlama-lama di objek wisata ini.

Sama halnya dengan objek wisata alam yang ada di Kabupaten Bandung, Situ Patenggang ini juga kaya dengan spot-spot pemandangan yang menunjang pengambilan gambar foto prawedding ataupun hanya sekedar selfie bersama teman ataupun keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Situ Patenggang

Objek Wisata ini berada di Jl. Raya Ciwidey, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Didukung dengan kondisi jalan yang baik, aspal yang rata memudahkan anda ke objek wisata ini. Beberapa jalur alternatif yang bisa anda pilih baik yang langsung dari pusat Kota Bandung maupun anda yang dari luar daerah seperti Jakarta bisa mencoba jalur ini.

  • Alternatif Pertama, anda bisa menyetir kendaraan anda ke Cipularang, sampai di tol masuklah di pintu tol Kopo. Keluar dari tol ikuti arah yang menuju Soreang, lalu Ciwidey, dari Ciwidey hanya membutuhkan jarak 14,2 km ke Situ Patenggang.
  • Alternatif ke dua, anda bisa menyetir kendaraan ke Cipularang, masuk ke tol Buah Batu, lalu ikuti petunjuk arah ke Banjaran. Dari Banjaran anda mesti ke Soreang lalu menuju ke Ciwidey dan terakhir menuju ke objek wisata Situ Patenggang.

Anda tidak akan bosan selama dalam perjalanan ke Situ Patenggang. Karena mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang terhampar luas dan kebun strawberry yang terbuka untuk umum. Jadi anda bisa meluangkan waktu anda memetik buah strawberry semasa di perjalanan.

Tiket Masuk ke Situ Patenggang

KETERANGANTIKET MASUK & PARKIR
Wisatawan Lokal (Weekday)Rp 18.000
Wisatawan Lokal (Weekend)Rp 20.500
Wisatawan Mancanegara (Weekday)Rp 135.000
Wisatawan Mancanegara (Weekday)Rp 185.000
Parkir MotorRp 3.500
Parkir MobilRp 11.500
Parkir Bus atau TrukRp 22.000

Demikianlah panduan wisata ke Situ Patenggang yang bisa kami infokan ke anda. Jika terasa bermanfaat, bantu kami dengan membagikan artikel ini ke media sosial, terima kasih.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Wajib Dikunjungi Travelers

Situ Patenggang – Sejarah, Daya tarik, Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply