Candi Prambanan – Kemegahan, Relief, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi Prambanan. Indonesia memang mempunyai banyak peninggalan bersejarah. Salah satunya berupa candi yang merupakan situs sejarah di masa lampau. Hal ini bukti majunya peradaban Nusantara di masa lalu yang dikenal di seluruh penjuru dunia.

Salah satu candi hindu terbesar di tanah air adalah Candi Prambanan bahkan paling besar di Asia Tenggara. Candi Prambanan termasuk bangunan peninggalan sejarah yang memiliki unsur kebudayaan dan peradaban tinggi pada zamannya.

Keberadaan Candi Prambanan yang terletak di Kota Yogyakarta ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Lokasi candi ini juga terbilang strategis karena dekat dengan jalur Yogya-Solo, sehingga mudah dijangkau dari mana saja.

Keindahan Candi Prambanan yang memadukan relief candi dan panorama alam yang indah tentu bisa anda rasakan pada artikel kami kali ini.

Kemegahan Candi Hindu Prambanan

Kemegahan Candi Prambanan

Kemegahan Candi Prambanan

Candi Prambanan yang berdiri menjulang setinggi 47 meter ini agak lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur. Di area ini terdapat lebih dari 200 candi yang  berada di Kompleks Candi Prambanan.

Ada sebanyak 150 candi yang terletak di sisi luarnya, dan beberapa candi kecil lain yang terdiri dari 4 candi sudut, 2 candi apit dan 4 candi kelir.

Selain itu, di bagian pelataran utama dijumpai 3 candi utama yang menyimbolkan tiga tokoh dewa utama dalam agama Hindu, yakni candi Siwa sebagai bangunan terbesar, candi Wisnu di sisi timur dan candi Brahma di sisi selatan.

Semua candi utama tersebut, masing-masing memiliki candi pendamping yang meliputi candi Siwa didampingi candi Nandini. Candi Wisnu di dampingi oleh candi Garuda dan candi Brahma di dampingi candi Angsa.

Pahatan Relief Candi Prambanan

Pahatan Relief Candi Prambanan

Pahatan Relief Candi Prambanan

Di setiap pahatan relief yang ada di candi tersebut menggambarkan sebuah kisah klasik Ramayana. Dimana relief tersebut ada juga relief pohon Kalpataru, yang dianggap oleh umat Agama Hindu sebagai lambang kelestarian, kehidupan dan keserasian.

Keberadaan pohon juga menjadi sebuah bukti sebagai wujud gambaran secara umum bahwa masyarakat Jawa pada masa itu mempunyai kesadaran dalam melestarikan lingkungannya.

Museum Audio Visual

Museum Audio Visual di Kompleks Candi Prambanan

Museum Audio Visual di Kompleks Candi Prambanan

Tak hanya itu, di kompleks wisata Candi Prambanan kini telah ada Museum Audio Visual. Museum ini memberikan informasi lengkap mengenai awal ditemukannya candi hingga proses pemugarannya yang berlangsung hingga kini.

Lokasi dan Tiket Masuk Candi Prambanan

Saat menempuh perjalanan ke Candi Prambanan anda bisa menuju jalan Yogya – Solo yang hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

Lokasi candi ini sangat mudah untuk dijumpai karena berada ditepi jalan utama di kawasan Desa Prambanan.

Anda pun cukup mengeluakan uang sekitar Rp. 30.000 untuk bisa menikmati keindahan dari Candi Prambanan yang ini. Namun untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 171.000 dan bisa mengunjungi tiket terusan ke Istana Ratu Boko.

Bukan hanya itu, setiap sebulan sekali tepatnya pada bulan purnama akan ada pertunjukan Sendratari Ramayana.Pertunjukan ini berupa tarian yang menggambarkan kisah pahatan yang ada pada relief Candi Prambanan tersebut. Tentu saja hal ini sangat menarik perhatian wisatawan asing, bagaimana dengan anda!

Destinasi Wisata Yogyakarta Menarik Lainnya:
Galaxy Waterpark Yogyakarta – Wahana, Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk
Pantai Indrayanti – Sejarah, Wisata, Penginapan, Lokasi dan Tiket Masuk

Candi Prambanan – Kemegahan, Relief, Lokasi dan Harga Tiket Masuk
5 (100%) 2 votes

One Response

Leave a Reply