Tempat Wisata di Malang. Halo, sudah punya rencana liburan kemana akhir pekan ini! Atau masih bingung mencari tempat liburan yang pas untuk menghabiskan waktu anda bersama keluarga.

Jika anda masih bingung memilih tempat wisata untuk menghabiskan akhir pekan anda, maka artikel ini mungkin bisa membantu anda dalam menentukan tempat wisata yang akan anda kunjungi pada akhir pekan ini, khususnya tempat wisata di Malang.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Malang!

Pasti yang langsung terbayang di benak anda adalah Apel. Hal benar, karena Kota Malang memang terkenal sejak dahulu dengan buah apelnya hingga ke mancanegara.

Namun itu dahulu, sekarang Kota Malang terkenal bukan hanya karena buah apelnya namun kini tempat wisata di Malang tidak kalah dengan berbagai tempat wisata di Bandung.

Daerahnya yang berada di dataran tinggi membuat udara yang ada sekitarnya menjadi sejuk. Belum lagi dengan pegunungannya yang menjulang tinggi dan menawarkan pemandangan alam yang tentu sangat indah.

Malang sepertinya sudah mempunyai semua persyaratan untuk menjadi rujukan destinasi wisata di negeri ini. Dan tidak akan pas rasanya jika kita belum membahas satu persatu tempat wisata apa saja yang ada di Malang.

Tempat Wisata di Malang Paling Unik dan Terbaru

wisata malang
Wisata Malang (Foto: voyagenation.com)

Setidaknya ada sekitar 38 tempat wisata di Malang yang berhasil kami rangkum, mulai dari yang unik hingga tempat wisata terbaru yang ada di Malang.

Tentunya semua objek wisata menawarkan keseruan bagi anda bersama keluarga.

1. Museum Angkut Malang

Kami menempatkan Museum Angkut Malang diurutan teratas bukan tanpa alasan. Objek wisata di Malang ini sejak di buka pada 09 Maret 2014, museum ini rame dikunjungi oleh para wisatawan baik di hari-hari biasa maupun pada akhir pekan.

Museum Angkut, Kota Batu, Malang
Museum Angkut, Kota Batu, Malang (Foto: museumangkut.com)

Museum Angkut pertama yang ada di Indonesia dan Asia ini mengusung transportasi sebagai konsep utamanya dalam mengedukasi masyarakat tentang jenis-jenis transportasi yang ada di Indonesia dan Dunia.

Kurang lebih ada 300 koleksi transportasi yang ada di museum ini, mulai dari yang terbaru hingga yang paling antik sekalipun bisa anda temukan di museum ini.

Koleksi Mobil Museum Angkut Malang
Koleksi Mobil Museum Angkut Malang (Foto: smartmama.com)

Museum yang mempunyai luas sekitar 3,8 hektar ini di dalamnya terbagi beberapa zona yang memiliki tema masing-masing diantaranya, zona utama, edukasi, sunda kelapa (Batavia), uni eropa, gangster/broadway, hollywood, las vegas, flight training dan pasar apung.

Semua tema mempunyai keunikan tersendiri dan dijamin anda akan sangat betah berada di Museum Angkut ini.

Cukup mudah menemukan museum ini karena beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung Atas, No. 2, Kota Batu, Malang.

Harga tiketnya pun cukup terjangkau, Rp 70.000 (Weekday) dan Rp 100.000 (Weekend).

2. Jatim Park 1

Salah satu tempat wisata di Malang yang menyedot perhatian orang banyak adalah Jatim Park. Mengusung konsep taman rekreasi membuat Jawa Timur Park atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jatim Park menjadi pilihan wisata rekreasi mengasyikkan bersama keluarga.

Destinasi wisata ini berada di Kota Batu, 20 km dari Malang.

Jatim Park sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Ke dua destinasi wisata ini mempunyai keunikan masing-masing.

Jatim Park 1
Jatim Park 1 (Foto: nginepmana.com)

Di Jatim Park 1 anda bisa menemukan puluhan wahana bermain yang tentu cocok bagi anda yang datang bersama keluarga.

Dengan luas 11 hektar, Jatim Park 1 mampu menampung berbagai macam wahana bermain. Sebut saja, jet coaster, remote car, play ground, bioskop 3D, flying tornado, drop zone, dll.

Wahana yang ada terkesan tak hanya menarik namun wahana yang terdapat di Jatim Park 1 ini juga memberi tantangan tersendiri bagi adrenalin anda.

Namun ada satu wahana yang menjadi ikon tempat wisata ini dan paling rame, yaitu kolam mandi raksasa dengan latar belakang patung wajah Ken Arok sedang menghunuskan keris.

Kolam Renang dengan Latar Ken Arok
Kolam Renang dengan Latar Ken Arok (Foto: naturalsunrisetour.com)

Tak hanya orang dewasa, kolam permandian ini juga menjadi favorit bagi anak-anak karena dilengkapi dengan papan seluncur air.

Puas bermain, anda juga bisa menjelajahi wahana edukasi yang ada di Jatim Park 1 seperti laboratorium Science Stadium yang memberi berbagai informasi baik matematika, fisika, biologi dan kimia lengkap dengan alat peraganya.

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 55.000 (Senin-Kamis) dan Rp 75.000 (Jumat-Minggu)untuk menghabiskan liburan anda di sini.

3. Jatim Park 2

Berbeda dengan Jatim Park 1 yang mempunyai banyak wahana bermain, di Jatim Park 2 ini fokus dengan wisata edukasinya namun tetap bernuansa alam.

Hal ini terlihat dari adanya Batu Secret Zoo dan Museum Satwa yang ada di tempat ini. Nah, ke dua objek wisata inilah yang menjadi zona utama dari Jatim Park 2.

Jatim Park 2
Jatim Park 2 (Foto: utiket.com)

Bagi anda yang memang tertarik dengan berbagai jenis hewan. Anda bisa meluangkan waktu anda ke Museum Satwa untuk melihat berbagai replika hewan-hewan raksasa yang pernah hidup di masa lampau seperti Mammoth, Tyrannosaurus Rex, Stegosaurus, dll.

Tak hanya replika, di museum ini juga banyak satwa-satwa berjenis serangga yang setelah mati kemudian di awetkan dan di pajang pada museum ini.

Bosan melihat replika atau serangga yang di awetkan! Jika bosan dengan hal ini, anda juga bisa melihat berbagai satwa yang tentunya masih hidup di Batu Secret Zoo.

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo, Malang (Foto: wisatanesia.com)

Uniknya, kebun binatang Batu Secret Zoo ini mengusung konsep modern namun tetap mengutamakan habitat asli satwa-satwa yang ada di dalam kebun binatang.

Anda tak perlu takut kemalaman jika berwisata di Jatim Park 2 karena anda bisa menginap di Pohon Inn. Hotel dengan nuansa pohon yang di apit dengan pegunungan ini merupakan hotel resmi yang ada di Jatim Park 2, dijamin seru.

Untuk mendapatkan tiket masuk, anda hanya perlu merogoh kocek Rp 60.000 (Senin-Kamis) dan Rp 75.000 (Jumat-Minggu).

4. Sumber Sirah Malang

Sumber Sirah merupakan mata air yang berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Objek wisata ini sangat populer dikalangan pemuda pemudi Malang. Di samping gratis, mata air Sumber Sirah juga tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Malang.

Mata Air Sumber Sirah, Malang
Mata Air Sumber Sirah, Malang (Foto: brobali.com)

Air yang sangat jernih memungkinkan anda untuk melihat dari atas ganggang hijau yang tumbuh di batu-batu yang ada di dalam kolam.

Bagi anda yang senang dengan kegiatan snorkeling pastikan anda membawa peralatan snorkeling anda jika kesini karena anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang ada di dalam kolam mata air Sumber Sirah ini.

Snorkeling dan Menyelam di Mata Air Sumber Sirah
Snorkeling dan Menyelam di Mata Air Sumber Sirah (Foto: lihat.co.id)

Anda yang tidak begitu menyukai kegiatan snorkeling tetap bisa menikmati bermain air di atas kolam mata air Sumber Sirah ini dengan menyewa ban-ban dengan tarif yang bervariasi, Rp 3.000 (Dewasa) dan Rp 2.000 (Anak-anak).

Namun yang perlu anda perhatikan adalah kedalaman kolam mata air yang mencapai 1,5 meter. Tentunya hal ini tidak aman untuk anak-anak.

Maka pastikan anak-anak anda harus selalu dalam pengawasan anda.

5. Eco Green Park

Eco Green Park
Eco Green Park (Foto: dolandolen.com)

Eco Green Park merupakan salah satu destinasi wisata edukasi di Malang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan pada anak anda bagaimana melestarikan lingkungan disekitar kita dalam suasana yang menyenangkan.

Ada hal yang menarik jika anda baru masuk ke tempat wisata ini, anda akan di sambut dengan sebuah patung gajah yang terbuat dari TV.

Tentunya hal ini sangat unik mengingat patung tersebut di susun dari TV bekas sampai akhirnya menyerupai bentuk gajah.

Patung Gajah dari bahan TV di Eco Green Park
Patung Gajah dari bahan TV (Foto: sonjamomuat.wordpress.com)

Hal menarik apa saja yang ada di Eco Green Park!

Jungle Adventure, di lokasi ini anda bisa berpetualang di dalam hutan buatan dengan menggunakan kendaraan berupa kereta terbuka yang telah dimodifikasi.

Anda juga akan dilengkapi dengan senapan mainan untuk menembak pemburu binatang liar yang tiba-tiba bisa muncul di depan anda.

Terdengar mudah yah!

Jangan salah, anda mesti terampil dalam hal ini karena anda akan menembak pemburu-pemburu liar dari atas kereta yang sedang melaju.

Ingin berwisata yang lebih menarik lagi! Anda bisa menyempatkan ke rumah terbalik.

Rumah Terbalik di Eco Green Park
Rumah Terbalik di Eco Green Park (Foto: jawatimurpark.com)

Rasakan sensasi masuk ke rumah yang keadaanya terbalik hingga ke perabotannya juga ikut terbalik. Di jamin anda akan mual bila baru pertamakali ke Rumah Terbalik, inilah salah satu keunikan objek wisata ini.

Jika masih belum puas, anda bisa mencoba wahana-wahana lain seperti walking bird, geology science center, animal farm, duck kingdom, dome multimedia, pasar burung, dll.

Dengan tiket masuk Rp 40.000 (Senin-Kamis) dan Rp 60.000 (Jumat-Minggu), anda sudah bisa berwisata edukasi di tempat ini.

6. Pulau Sempu

Pulau yang berada sekitar 75 km dari pusat Kota Malang ini menyimpan begitu banyak keindahan.

Di pulau ini anda bisa menemukan berbagai vegetasi alam, mulai dari hutan pantai, hutan bakau hingga hutan tropis ada di pulau ini.

Tak hanya itu, di tengah-tengah pulau ada sebuah danau yang tersembunyi yang di kenal dengan nama Segara Anakan.

Danau ini terkenal dengan keindahannya dan menjadi objek utama di pulau Sempu.

Segara Anakan Pulau Sempu
Segara Anakan Pulau Sempu (Foto: amuratours.com)

Air yang berasal dari ombak pantai selatan yang masuk dari celah tebing pulau Sempu menciptakan danau di tengah-tengah pulau Sempu. Airnya yang dingin dan cukup jernih ini memungkinkan anda melihat biota yang ada di dalam danau dari atas.

Banyak traveler yang jauh-jauh datang ke pulau Sempu ini hanya untuk melihat danau Segara Anakan ini dan tak jarang mereka mendirikan tenda di pinggir danau Segara Anakan.

Namun bagi anda yang tidak kuat untuk berjalan jauh apalagi mendaki sangat tidak di anjurkan ke pulau ini kecuali anda di temani oleh pemandu wisata yang bisa membantu anda selama dalam perjalanan.

7. Pantai Batu Bengkung Malang

Kegiatan apa yang orang lakukan jika sedang berwisata ke pantai? Mayoritas orang akan menjawab bermain air.

Hal itu benar, namun tidak dengan pantai yang satu ini. Anda tidak di anjurkan bermain air di sekitar pantai Batu Bengkung karena banyaknya bebatuan yang ada di pantai ini.

Tempat wisata ini berada di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pemandangan yang unik karena di sekitarnya terdapat karang-karang besar jumlahnya banyak.

Pantai Batu Bengkung Malang
Pantai Batu Bengkung (Foto: dolandolen.com)

Belum lagi adanya ombak-ombak besar layaknya pantai-pantai selatan yang tidak memungkinkan kita untuk mandi di pantai ini.

Namun jangan khawatir, di sini anda masih bisa menemukan pemandangan yang indah khususnya sunsetnya yang tidak kalah dengan sunset yang ada di pantai Tanjung Lesung dan juga karang-karang di pinggir pantai yang bisa anda abadikan.

Harga tiket masuk ke pantai Batu Bengkung ini juga cukup murah Rp 5.000/orang dan biaya parkir Rp 5.000 bila anda datang menggunakan kendaraan pribadi.

Anda pun bisa menginap di pantai ini, karena tak jarang pada umumnya traveler jika berada di sini mereka terkadang menginap dengan mendirikan tenda-tenda, anda akan dikenakan biaya parkir Rp 10.o00 jika sampai nginap.

8. Pantai Balekambang Malang

Kita tinggalkan pantai Batu Bengkung tapi masih tetap denga wisata pantai di Malang.

Pernah mengunjungi Tanah Lot di Bali! Jika pernah ke sana anda akan melihat karang besar yang memiliki pura di atasnya.

Nah, salah satu tempat wisata di Malang yang mirip dengan Tanah Lot Bali bernama pantai Balekambang. Di pantai Balekambang ini anda bisa menemukan hal semacam itu.

Namun agak berbeda seperti pura yang ada di Tanah Lot Bali, pura yang berada di atas karang di pantai Balekambang ini berukuran kecil.

Pantai Balekambang Malang
Pantai Balekambang Malang (Foto: nomadictrip.com)

Pura yang dibangun (1985) oleh bupati Malang pada waktu itu di atas karang memang mengikuti pura yang berada di Tanah Lot Bali.

Ukuran puranya agak kecil mengikuti karangnya yang memang memiliki diameter yang tidak terlalu besar. Namun hal itu tetap terlihat indah dengan jembatan yang terbuat dari beton sepanjang 100 meter yang menghubungkan pura dan bibir pantai Balekambang.

Tak hanya pemandangan indah pura di atas karang, anda juga tetap bisa mandi di sekitar pantai Balekambang atau berburu souvenir yang disediakan oleh toko-toko yang berada di sekitar pantai Balekambang.

9. Batu Night Spectacular

Berwisata di siang hari ke berbagai objek wisata di Malang itu sudah biasa namun bagaimana jika anda berwisata pada malam hari!

Batu Night Spectacular
Batu Night Spectacular (Foto: naturalsunrisetour.com)

Nah, Batu Night Spectacular (BNS) yang berada di kota Batu ini merupakan tempat wisata pada malam hari yang paling populer bagi masyarakat Malang.

Terdapat banyak wahana bermain khususnya anda yang datang bersama dengan anak-anak. Sebut saja, baby wheel, rumah hantu, mouse coaster, art trick, avatar, gravitron, dll.

Wahana di Batu Night Spectacular
Wahana di Batu Night Spectacular (Foto: malang-guidance.com)

Anda juga tidak boleh melewatkan bermain trampolin ataupun bersepeda terbang sambil menikmati pemandangan kota Malang di malam hari.

Untuk tiket masuk ke BNS ini anda akan dibebankan biaya Rp 20.000 (Weekdays) dan Rp 30.000 (Weekend), itu di luar tarif berbagai wahana yang ada.

10. Teluk Bidadari Malang

Tempat wisata di Malng ini terbilang baru dan masih hangat-hangatnya diperbincangkan oleh para traveler.

Berlokasi di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Teluk Bidadari masih satu area dengan pantai Mbehi.

Jika di Bogor ada air terjun Bidadari maka di Malang ada Teluk Bidadari. Namun tak seperti di Bogor yang berupa air terjun, di Malang berupa genangan air di atas kolam alami yang sangat jernih berwarna kehijauan.

Teluk Bidadari Malang
Teluk Bidadari Malang (Foto: ngadem.com)

Anda yang sedang mencari suasana yang damai, tenteram, sepi, jauh dari hiruk pikuk perkotaan sepertinya sangat cocok datang ke objek wisata ini untuk berendam dan menghilangkan kepenatan.

Jika anda akan ke objek wisata Teluk Bidadari ini, anda harus mempunyai fisik yang prima karena anda akan menempuh perjalanan berjalan kaki 30 – 40 menit untuk sampai ke tujuan.

Namun jangan khawatir, anda akan di bantu oleh pemandu yang bisa anda sewa dengan biaya Rp 10.000/orangnya dari Pantai Mbehi yang akan memandu anda ke Teluk Bidadari ini.

11. Pemandian Kalireco Malang

Malang memang begitu banyak menyimpan potensi wisata alam yang belum terjamah manusia. Seperti pada objek wisata pemandian Kalireco ini.

Objek wisata ini belum banyak terekspos di media sehingga masih sangat jarang orang yang tahu keberadaan pemandian ini.

Hingga kini Dinas Pariwisata Kabupaten Malang juga memang belum meresmikan objek wisata ini dikarenakan fungsinya memang masih sebatas irigasi (Pengairan).

Pemandian Kalireco Malang
Pemandian Kalireco Malang (Foto: fandy2134.blogspot.com)

Berada di Desa Sumber Waras, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, objek wisata ini tidak kalah dengan objek-objek wisata pemandian lain yang ada di Malang.

Airnya yang jernih, dingin, ditambah dengan keadaan sekitarnya yang masih banyak ditumbuhi pepohonan membuat pemandian Kalireco ini masih sangat alami.

Mumpung masih sepi dan belum di pungut biaya masuk tidak ada salahnya anda mengajak keluarga anda untuk mengunjungi objek wisata pemandian Kalireco ini untuk sekedar melepas lelah.

12. Coban Nirwana

Nih satu lagi objek wisata air terjun di Malang yang masih alami. Penduduk sekitar air terjun ini menamakannya Coban Nirwana atau yang lebih dikenal dengan nama Coban Mbok Karimah.

Terletak di perbatasan antara kawasan Gedangan dan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, anda bisa ke air terjun ini dengan menggunakan dua jalur melalui kawasan Gedangan atau dari kawasan Sumber Manjing Wetan.

Coban Nirwana Malang
Coban Nirwana Malang (Foto: wisataterbaru.com)

Tidak ada biaya tiket masuk bila ke tempat ini karena memang objek wisata ini belum diresmikan dan masih sangat alami. Namun anda juga tidak akan menemukan fasilitas penunjang yang memadai pada tempat wisata ini.

Minimnya fasilitas yang ada bukan berarti objek wisata ini tidak asik. Banyak hal yang bisa anda lakukan di sini terutama berselfie ria bersama teman ataupun kerabat anda karena di Coban Nirwana ini banyak sekali spot-spot yang pas dan tentunya sangat cantik untuk dijadikan latarbelakang anda untuk berfoto ria.

Anda juga bisa merasakan sensasi mandi di bawah guyuran air terjun alami dari pegunungan yang pastinya sejuk dan menyegarkan.

13. Wendit Water Park

Wendit Water Park merupakan objek wisata pemandian yang mempunyai dua jenis pemandian, kolam renang buatan dan juga telaga pemandian alami.

Terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Wendit Water Park dahulu dikenal dengan nama Taman Pemandian Wendit. Pemandian ini sangat rame dikunjungi pada akhir pekan.

Adanya berbagai macam papan seluncur menjadikan kolam pemandian buatan di Wendit Water Park ini menjadi primadona bagi anak-anak menghabiskan liburan di sini.

Wendit Water Park Malang
Wendit Water Park (Foto: anekatempatwisata.com)

Belum lagi telaga alami dengan kedalaman 2 meter dan suhu 18-25 derajat yang ada di objek wisata pemandian ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Di bumbui dengan cerita rakyat yang berkembang bahwa air telaga di Wendit Water Park ini bisa membuat awet muda membuatnya kian terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Malang yang populer.

Tak hanya itu, anda juga bisa berkeliling di danau buatan yang ada di Wendit Water Park ini dengan menggunakan sepeda air maupun dengan perahu.

Anda yang gemar memancing sepertinya tidak boleh melewatkan memancing di kolam yang ada di Wendit Water Park Malang ini.

Di samping itu, ada berbagai wahana yang bisa anda coba seperti flying fox dan worm coaster.

14. Omah Kayu (Rumah Pohon)

Wisata Malang yang satu ini bernama Omah Kayu. Objek wisata ini terletak di Kota Batu, Malang, tempat wisata ini terkenal dengan pemandangan memukaunya dari atas ketinggian.

Omah Kayu
Omah Kayu (Foto: anomharya.com)

Jika anda perhatikan di media sosial seperti Facebook atau Instagram banyak sekali foto-foto prawedding atau sekedar selfie dengan latar objek wisata  Omah Kayu ini karena spot pemandangan yang ada memang sangat luarbiasa.

Dari atas Omah Kayu anda akan dihadapkan dengan pemandangan persawahan dan bukit-bukit yang membentang luas dengan sangat indahnya.

Omah Kayu Batu Malang
Omah Kayu Batu Malang (Foto: tribunnews.com)

Dengan hanya merogoh kocek Rp 5.000 anda sudah bisa berwisata di Omah Kayu ini. Tak puas hanya dengan mengambil picture anda pun dapat menginap di rumah pohon ini dengan tarif Rp 250.000 hingga Rp 300.000/malamnya.

Tips: Satu-satunya yang tidak boleh anda lupa jika datang ke Omah Kayu ini adalah membawa KAMERA.

15. Banyu Anjlok

Cukup berjalan selama 30 menit dari Desa Tirtoyudo melewati jalan setapak yang cukup ekstrim anda sudah bisa menikmti objek wisata air terjun Banyu Anjlok ini.

Banyu Anjlok Malang
Banyu Anjlok Malang (Foto: up2det.net)

Objek wisata ini berupa air terjun yang berada di pinggir pantai dan belakangan tempat wisata ini mulai populer dikalangan pemuda pemudi Malang.

Tak hanya kesegaran dari air terjun tapi juga pemandangan disekitar air terjun Banyu Anjlok ini menjadi daya tarik tersendiri bagi onjek wisata ini.

Tiket masuknya pun murah meriah, dengan merogoh kocek Rp 5.000 anda sudah bisa mandi-mandi di bawah air terjun Banyu Anjlok ini.

16. Pantai Goa China

Tempat wisata ini bernama asli pantai Rowo Indah namun sekarang lebih dikenal dengan nama pantai Goa China, pantai ini terletak di Dusun Tumpuk Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sombermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Seperti namanya, memang ada sebuah goa di pantai ini dan menurut cerita masyarakat setempat, pantai ini diberi nama pantai Goa China dikarenakan adanya tragedi yang menimpa seorang keturunan cina yang bertapa dan meninggal dunia di dalam goa ini. Kisah ini pun diabadikan dengan memberi nama pantai ini pantai Goa China.

Pantai yang bisa anda tempuh dengan waktu tak kurang 15 menit dari pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan ini menyimpan begitu banyak ke eksotikan alam.

Pantai Goa China Malang
Pantai Goa China Malang (Foto: outboundindonesia.com)

Sulitnya medan untuk bisa sampai ke objek wisata ini akan terbayar dengan pemandangan yang indah seperti pantai yang ada di Malang lainnya.

Di lepas pantai Goa China ini anda akan menemukan tiga pulau yang saling berdekatan dan berada di tengah-tengah lepas pantai. Ketiga pulau ini adalah pulau Bantengan, pulau Goa China dan pulau Nyonya.

Pinggiran pantai yang cukup asri dengan pepohonan yang rindang memungkinkan anda untuk mendirikan tenda untuk sekedar istirahat ataupun menginap.

Tiket masuknya pun terbilang sangat murah, yaitu Rp 4.000 dan biaya parkir Rp 5.000.

17. Pantai Sipelot Malang

Pantai yang berada di Malang bagian selatan ini secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Sipelot Malang
Pantai Sipelot Malang (Foto: amabell.blogspot.com)

Sepanjang perjalanan ke tempat wisata di Malang ini anda tidak akan dibuat bosan dengan berbagai pemandangan indah yang akan anda susuri mulai dari kebun kopi, tambak udang, kebun pisang, dll.

Sampai di pantai dengan butiran pasir putih di atasnya ini begitu indah dengan warna laut yang kebiru-biruan dan penuh tanda tanya di dalamnya.

Secara umum, pantai ini terbagi menjadi tiga bagian yang dibagian tengahnya sering digunakan oleh nelayan untuk menyandarkan kapalnya apabila sedang tidak melaut.

Kapal Nelayan yang Sandar di Tepi Pantai Sipelot
Kapal Nelayan yang Sandar di Tepi Pantai Sipelot (Foto: feryarifian.blogspot.com)

Fasilitas yang ada pun cukup lengkap dengan adanya parkir, kamar mandi, musholla dan warung-warung makan.

Tak hanya itu, apabila anda tidak puas hanya bermain-main di pantai Sipelot ini, anda juga bisa ke air terjun yang ada di dekat pantai.

Namun untuk mencapainya harus menyeberangi teluk yang bisa anda tempuh dengan menyewa kapal-kapal nelayan disekitar pantai Sipelot ini dengan tarif yang bervariasi antara Rp 50.000  hingga Rp 100.000 sekali antar.

18. Pantai 3 Warna

Pantai yang berada di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang ini mulai semakin populer sebagai salah satu pantai dengan panorama alam yang indah.

Keindahan panorama khas pantai dan rasa penasaran orang dengan pantainya yang mempunyai 3 warna menjadikan pantai ini mulai rame dikunjungi wisatawan.

Memang jika di lihat sepintas, pantai ini memiliki 3 warna, putih, merah dan kuning. Sekilas perubahan warna terjadi tergantung guyuran air yang ada di bibir pantai.

Berada dalam pengelolaan Bhakti Alam yang sebagian besar anggotanya merupakan penduduk sekitar, pantai ini termasuk dalam wilayah konservasi untuk tujuan wisata dan rekreasi di Malang.

Pantai 3 Warna Malang
Pantai 3 Warna Malang (Foto: youtube.com)

Banyak hal yang bisa anda lakukan jika berada di pantai ini, namun yang paling seru tentu snorkeling. Kekayaan biota laut di pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai di daerah lain.

Jangan khawatir tidak membawa perlengkapan snorkeling karena anda bisa menyewanya dari pihak penglola pantai dengan biaya Rp 15.000.

Ohh iyya, sebelum berwisata ke pantai 3 warna ini anda mesti melakukan pemesanan (Reservasi) terlebih dahulu karena terkadang pantai ini penuh pada weekend.

Anda cukup merogoh kocek Rp 300.000 dengan rincian biaya:

KETERANGAN BIAYA
Sewa Guide (Pemandu) Rp 100.000
Sewa Lahan & Tenda Rp 150.000
Tiket Masuk Rp 50.000 (10 orang)
TOTAL Rp 300.000

19. Pantai Clungup Malang

Masih berada di dalam kawasan konservasi Sendangbiru di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, pantai ini masih sepi pengunjung.

Mungkin karena lokasinya yang agak tersembunyi dikelilingi oleh kebun-kebun warga sekitar dan jalanan yang berbukit-bukit membuat pantai ini agak sulit ditemukan.

Namun jangan salah, walaupun pantai ini masih sepi pengunjung tapi pantai Clungup Malang ini sering disandingkan denga Raja Ampat.

Pantai Clungup Malang
Pantai Clungup Malang (Foto: surabaya.panduwisata.id)

Pemandangan eksotis dengan laut yang terhampar luas dan pulau-pulau kecil yang berada sekitarnya membuatnya mendapat julukan Raja Ampatnya Malang.

Jadi bagi anda yang belum bisa berwisata ke Raja Ampat tidak ada salahnya anda berkunjung ke destinasi pantai Clungup ini terlebih dahulu.

Biaya tiketnya pun cukup murah Rp 6.000 dan biaya parkir Rp 3.000. Dengan biaya segitu anda sudah bisa menikmati pantai Clungup Malang ini.

20. Pantai Bolu-bolu Malang

Berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, pantai ini bisa di tempuh dengan mengikuti arah ke pantai Lenggoksono dan pantai Wediawi yang biasa di singkat pantai Bowele (Bolu-bolu, Wediawu, Lenggoksono).

Pantai Bolu-bolu Malang
Pantai Bolu-bolu Malang (Foto: youtube.com)

Anda yang hobby snorkeling sepertinya tidak boleh melewatkan berwisata ke Pantai Bolu-bolu Malang ini. Kekayaan biota lautnya dengan terumbu karang yang beragam membuat anda akan betah menjelajahi pantai Bolu-Bolu.

Tak hanya itu, di pantai ini banyak spot-spot yang bisa anda gunakan untuk keperluan foto prawedding ataupun sekedar narsis di Medsos.

21. Pantai Lenggoksono Malang

Pantai yang berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini memiliki kekayaan biota laut yang melimpah.

Berbagai jenis biota laut bisa anda temukan pada pantai ini, mulai dari ikan-ikan laut, cumi-cumi, lobster, layur, dll. Anda yang punya hobby memancing tidak ada salahnya membawa peralatan memancing dari rumah.

Pantai Lenggoksono Malang
Pantai Lenggoksono Malang (Foto: indoturs.com)

Objek wisata ini juga masih sangat alami dan memiliki spot-spot pemandangan yang indah. Tentunya tidak kalah dengan spot pemandangan yang ada di pantai-pantai Malang lainnya.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menghilangkan stress ataupun sekedar bersantai dan piknik bersama keluarga. Di samping itu, tidak ada tiket masuk ke tempat wisata ini karena memang belum ada pengelolanya.

22. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati yang dalam bahasa jawa artinya pantai buaya mati ini menyimpan keunikan sekaligus cerita-cerita misteri yang menyelimutinya.

Ditemukan sejak tahun 1890, tempat wisata ini baru mulai terkenal di tahun 2016. Menurut cerita rakyat setempat, saat pertama kali pantai ini ditemukan banyak buaya mati di tepi pantainya.

Pantai Bajul Mati Malang
Pantai Bajul Mati Malang (Foto: manusialembah.blogspot.com)

Di samping cerita itu, adanya karang yang memanjang mirip badan buaya dan saat malam hari apabila terkena sapuan ombak terlihat seperti buaya hidup membuat penduduk sekitar pantai ini menamakannya pantai bajul mati.

Entah cerita mana yang akurat, anda bisa langsung ke objek wisata Malang ini dan membuktikannya sendiri.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 4.000 anda sudah bisa menikmati panorama pantai yang indah ini.

23. Pantai Kondang Merak Malang

Pantai Kondang Merak merupakan pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang tepatnya di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai ini masih sangat alami karena masih sangat jarang orang yang berkunjung ke Pantai Kondang Merak ini.

Pantai ini dinamakan Pantai Kondang Merak karena pantai ini memiliki kondang atau muara yang mempertemukan air tawar dan air laut yang dahulu sering ditempati burung merak yang sekarang mulai punah akibat penangkapan liar.

Pantai Kondang Merak Malang
Pantai Kondang Merak Malang (Foto: perjalananku00.blogspot.com)

Garis pantainya yang panjang memungkinkan anda menyusuri pantai dengan leluasa. Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai spot untuk kegiatan snorkeling karena keragaman biota laut yang hidup didalamnya.

Pasirnya yang berwarna putih dan pepohonan rindang ditepi pantai menambah ke eksotikan Pantai Kondang Merak ini.

Tiket masuk ke tempat wisata ini Rp 3.000/orang dan biaya parkir Rp 5.000 namun bisa juga gratis karena terkadang pos penarikan tiketnya tidak di jaga oleh petugasnya…hehehe

24. Pantai Jonggring Saloko Malang

Berjarak 69 km dari Kota Malang tepatnya di Desa Mentaraman, Kecamatan Danomulyo ada sebuah tempat wisata di Malang yang masih sangat jarang dikunjungi, objek wisata ini berupa pantai yang bernama pantai Jonggring Saloko.

Sulitnya akses jalan ke tempat wisata ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenapa banyak orang mengurungkan niat untuk berwisata ke Pantai Jonggring Salako ini.

Pantai Jonggring Saloko
Pantai Jonggring Saloko (Foto: iqbalazhari.com)

Tapi disitulah letak tantangan sebenarnya ke objek wisata ini. Anda yang berjiwa traveler atau pecinta alam pasti akan tertantang dan ingin mencicipi indahnya panorama pantai khas Malang ini.

Satu hal yang menarik di objek wisata ini adalah semburan air laut yang keluar dari karang yang terkena ombak mengeluarkan suara “broooshh”, sangat keren dan amat jarang dijumpai.

Pantai Jonggring Saloko Malang
Pantai Jonggring Saloko Malang (Foto: tempatwisatamalang.com)

Namun di pantai ini anda tidak diperkenankan untuk mandi karena terkadang ombak yang datang cukup keras yang bisa menghanyutkan anda ke tengah laut.

25. Pantai Kondang Iwak Malang

Tempat wisata di Malang ini bernama Pantai Kondang Iwak Malang. Objek wisata ini masih berdekatan dengan Pantai Goa China.

Pantai ini masuk ke dalam wilayah Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Di namakan kondang karena memang ada muara air tawar di tepi pantai ini yang kerap dijadikan tempat pemancingan ikan.

Pantai ini juga kerap di sandingkan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali karena latar pemandangannya yang sangat indah.

Pantai Kondang Iwak Malang
Pantai Kondang Iwak Malang (Foto: wisatajatim.info)

Suasana yang ada di pantai ini cukup tenang karena memang pantai ini masih sepi pengunjung. Lokasi yang tersembunyi dan akses yang masih susah mendukung hal itu.

Pemandangan indah khas pantai dengan karang yang cukup besar ditengahnya membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi. Sangat cocok menjadikan objek wisata ini sebagai latarbelakang pemotretan dikarenakan banyaknya spot-spot yang indah.

26. Pantai Ngeliyep

Pantai Ngeliyep merupakan pantai yang berada di pesisir selatan tepian samudera hindia tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Tempat wisata di Malang ini sangat mudah dijangkau dari Kota Malang karena akses jalan menuju pantai ini sudah sangat memadai.

Jika anda menggunakan kendaraan umum dari Kota Malang anda bisa naik angkot jalur GN1 (Gadang – Ngliyep) lewat Donomulyo. Anda juga bisa menggunakan angkot GN2 (Gadang – Ngliyep) lewat jalur Sumbermanjing Kulon.

Sejak dibuka resmi pada tahun 1951 Pantai Ngeliyep yang mempunyai luas sekitar 10 hektar ini tak pernah sepi dari pengunjung baik di hari-hari biasa maupun saat weekend.

Pantai Ngliyep Malang
Pantai Ngliyep Malang (Foto: surabaya.panduanwisata.id)

Fasilitas yang ada pun juga cukup lengkap di tempat wisata ini, mulai dari pesanggrahan, penginapan, cottage, dll. Pokoknya anda akan merasa puas jika datang ke Pantai Ngliyep ini. Apalagi anda dimanjakan dengan panorama pantai berpasir putih yang terbentang luas khas pantai Malang.

Menariknya di pantai ini setiap tanggal 14 Rabiulawal akan sangat rame pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan labuhan, berupa penyembelihan kambing atau sapi yang dagingnya akan di bagi-bagikan ke penduduk sekitar pantai dan sebagiannya di larung ke laut.

Tiket masuk ke pantai ini juga tergolong murah Rp 15.000/orang. Dengan biaya segitu anda sudah bisa berwisata di Pantai Ngliyep ini.

27. Bendungan Sutami Karangkates Malang

Tempat wisata di Malang berikutnya adalah sebuah bendungan. Bendungan ini merupakan waduk penampungan air dari Sungai Berantas yang berada di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Bendungan ini dikenal dengan nama Bendungan Sutami.

Bendungan Sutami Karangkates Malang
Bendungan Sutami Karangkates Malang (Foto: kiospariwisata.blogspot.com)

Dengan luas total 6 hektar, bendungan ini mempunyai berbagai fungsi diantaranya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), pengendali banjir dan penyedia air.

Di samping itu, Bendungan Sutami ini juga kerap dijadikan sebagai objek wisata dibawah pengelolaan Perum Jasa Tirta 1.

Wahana di Bendungan Sutami
Wahana di Bendungan Sutami (Foto: iqbalazhari.com)

Ada beberapa wahana olahraga disediakan oleh pengelola untuk memanjakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Malang ini seperti banana boat, papan seluncur, kolam pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf ada di sini.

Untuk menikmatinya, anda hanya perlu merogoh korek Rp 2.000/orang sebagai tiket masuk, cukup murah bukan.

28. Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu ini sangat unik karena terdapat di dua kabupaten yaitu perbatasan Malang dan lumajang.

Jalanan yang cukup sulit seperti tidak akan terasa dengan adanya panorama hutan, hijaunya persawahan, sungai-sungai dan Gunung Semeru yang berdiri kokoh saat menuju ke air terjun ini.

Pasti keren punya foto kayak gini guys.

Air Terjun Coban Sewu
Air Terjun Coban Sewu (Foto: explore1indonesia.blogspot.com)

Air terjun setinggi 180 meter ini memang begitu mempesona. Aliran air dari atas begitu banyak sehingga mendapat julukan Coban Sewu (Air Terjun Seribu).

Paduan tebing-tebing tinggi dan berbagai bebatuan membuat objek wisata ini begitu mempesona.

29. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun yang setinggi 84 meter dan berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut ini mulai populer hingga ke mancanegara. Itu terlihat dari adanya wisatawan asing yang kerap datang ke air terjun ini.

Dalam bahasa jawa air terjun Coban Rondo berarti air terjun janda. Sumber mata air dari air tejun Coban Rondo ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo yang terletak di Gunung Kawi.

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo (Foto: agenwisatabromo.com)

Jika Gunung Tangkuban Perahu mempunyai legenda Sangkuriang, maka air terjun ini juga mempunyai cerita rakyat yang tak kalah serunya dengan legenda Sangkuriang.

Di kisahkan asal muasal air tejun Coban Rondo ini berasal dari sebuah kisah asmara pengantin baru antara Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro.

Singkat cerita Raden Baron Kusumo meninggal dunia bersama Joko Lelono yang berniat menculik Dewi Anjarwati dalam pertempuran mereka. Sebelum meninggal dunia, Raden Baron Kusumo memerintahkan anak buahnya menyembunyikan Dewi Anjarwati di dekat air terjun yang saat ini dikenal dengan nama air terjun Coban Rondo.

Tiket masuk ke air terjun Coban Rondo ini Rp 8.000 (Wisatawan Domestik) dan Rp 10.000 (Wisatawan Mancanegara).

30. Air Terjun Coban Pelangi

Mitos jika pelangi hanya muncul setelah hujan sepertinya terpatahkan di objek wisata Air Terjun Coban Pelangi ini. Anda bisa membuktikannya sendiri, tak ada hujan tapi pelangi selalu nongol di tempat ini.

Air Terjun Coban Pelangi ini berada dalam pengelolaan Perum Perhutani Malang dan masuk dalam bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Sejak mulai dibuka untuk umum, objek wisata ini selalu rame dikunjungi baik weekday maupun saat weekend.

Air Terjun Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi (Foto: pegipegi.com)

Berada di ketinggian 1.400 meter DPL dan dikelilingi pepohonan membuat cuaca di sekitar air terjun ini cukup dingin. Jadi jika anda ke sini pastikan membawa baju hangat.

Banyak wisatawan yang sengaja datang di pagi hari agar menemukan fenomena alam yang terjadi akibat pembiasan sinar matahari oleh butir-butir air terjun yang memercik hingga ke udara.

Jadi pastikan anda ke Air Terjun Coban Pelangi ini sebelum matahari tinggi.

31. Air Terjun Coban Talun

Banyaknya pegunungan yang berdiri kokoh di Malang sepertinya menjadi keuntungan sendiri bagi Malang. Pegunungan yang ada seperti melahirkan berbagai objek wisata air terjun, seperti halnya Air Terjun Coban Talun ini.

Terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, air terjun ini berada kurang lebih 15 km dari Kota Malang.

Air Terjun Coban Talun Batu Malang
Air Terjun Coban Talun Batu Malang (Foto: manusialembah.blogspot.com)

Akses jalan menuju ke objek wisata ini sebenarnya cukup sulit karena hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Namun di sepanjang jalan ke Air Terjun Coban Talun ini anda akan banyak menemukan pohon-pohon apel yang di tanam penduduk sekitar yang membuat anda tidak merasa bosan.

Cukup merogoh kocek Rp 5.000 untuk tiket masuk dan Rp 1.000 untuk kendaraan, anda sudah bisa menikmati Air Terjun Coban Talun ini.

32. Air Terjun Sumber Pitu

Nah, air terjun yang satu ini tak kalah indahnya dengan air terjun di tempat lain. Jika air terjun biasa hanya mempunyai satu mata air tapi tidak dengan air terjun Sumber Pitu ini.

Menurut penduduk setempat, air terjun ini memiliki tujuh mata air sekaligus, keren bukan. Di samping itu, air yang keluar dari mata air ini sangat jernih dan sejuk. Sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk bersantai dan berendam.

Air Terjun Sumber Pitu
Air Terjun Sumber Pitu (Foto: wisatajatim.info)

Lokasi air terjun Sumber Pitu ini berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Bagi anda yang masih percaya dengan hal-hal berbau mistik sepertinya makin tertarik untuk datang ke air terjun Sumber Pitu ini.

Karena banyak orang yang percaya jika air dari air terjun Sumber Pitu ini mempunyai daya magis dan berbagai khasiat. Sehingga tak jarang anda akan menemukan beberapa orang melakukan ritual-ritual di tempat wisata ini.

33. Alun-alun Kota Malang

Bagi anda yang tinggal disekitar kota malang tak perlu jauh-jauh ataupun mengeluarkan uang yang banyak untuk berwisata keluar kota jika hanya ingin menghilangkan stres atau mencari suasana nyaman.

Salah satu tempat wisata di Malang yang berada dalam kota adalah alun-alun Kota Malang. Anda bisa meluangkan waktu anda bersantai di alun-alun kota Malang, menikmati air mancur yang jernih ataupun burung merpati yang hilir mudik disekitar alun-alun.

Alun alun Malang
Alun-alun Kota Malang (Foto: anekawisata.com)

Jika ditempat wisata yang lain anda akan sulit berinternetan karena jeleknya jaringan internet. Di alun-alun Kota Malang ini malah anda bisa menikmati internet gratis yang disediakan oleh Telkom, kan lumayan untuk kebutuhan mendownload ataupun streaming.

Suasana yang nyaman dan orang-orangnya yang ramah pasti akan membuat anda betah berlama-lama di sini.

Toko Oen Malang
Toko Oen Malang (Foto: surabaya.panduanwisata.id)

Tak hanya itu, tidak begitu jauh dari alun-alun Kota Malang anda juga bisa berkunjung ke Toko Oen untuk sekedar menikmati es krimnya yang terkenal dan mulai buka sejak tahun 1930, dijamin maknyus.

34. Kebun Petik Apel Malang

Malang yang terkenal dengan buah apelnya hingga ke mancaneggara tentu membuat anda penasaran akan hal ini.

Tidak sah rasanya jika anda ke Malang dan telah mendatangi berbagai tempat wisata di Malang namun tidak pernah mencoba rasanya memetik apel dari pohonnya.

Kebun Petik Apel Malang
Kebun Petik Apel Malang (Foto: iqbalazhari.com)

Ada satu tempat wisata di Malang yang menawarkan sensasi memetik buah apel dari pohonnya langsung. Anda bisa ke Kusuma Agrowisata Batu jika ingin memetik buah apel. Kusuma Agrowisata ini berada di Jl. Abdul Gani Atas, Batu, Jawa Timur.

Selain memetik buah apel anda juga bisa jalan-jalan, melakukan kegiatan outbond atau sekedar mencicipi kuliner yang ada di Kusuma Agrowisata ini.

Kebun Petik Buah Apel Malang
Kebun Petik Buah Apel Malang (Foto: malangtimes.com)

Hanya dengan Rp 20.000 anda sudah bisa memetik buah apel dari pohonnya dan memakan sepuasnya tapi ada syaratnya. Anda hanya bisa memakannya di lokasi ini, jika anda berniat membawanya pulang anda mesti membayar buah apel yang anda bawa pulang sesuai harga pasaran buah apel.

35. Museum D’topeng Kingdom

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah sebuah museum. Tak selamanya berkunjung ke museum itu membosankan. Museum D’topeng Kingdom yang masih satu kasawan dengan Museum Angkut Malang ini punya keunikan tersendiri.

Museum D'topeng Kingdom Malang
Museum D’topeng Kingdom Malang (Foto: indoturs.com)

Museum ini didirikan pada tahun 2010 sebagai wadah untuk melestarikan peninggalan budaya dan seni yang ada di Indonesia namun baru resmi dibuka pada 23 Mei 2014.

Berada di Jl. Terusan Sultan Agung, No. 2, Kota Batu, Kabupaten Malang ini selalu rame dikunjungi oleh wisatawan karena keunikan yang menjadi ciri khasnya.

Museum D'topeng Kingdom Malang
Museum D’topeng Kingdom Malang (Foto: baliindonesiabudaya.wordpress.com)

Di Museum D’topeng Kingdom ini anda akan diperkenalkan dengan peninggalan benda-benda bersejarah dari kebudayaan dan seni bangsa kita, ada ribuan benda-benda peninggalan bersejaran di museum ini.

Berbagai macam topeng-topeng yang di tata rapi dalam lemari kaca berdasarkan daerahnya masing-masing di pamerkan di museum ini, tak kurang ada 2000 macam topeng dari seluuruh pelosok nusantara dipamerkan di sini.

Tak hanya topeng, di museum ini anda juga bisa mendapat informasi dan rekam jejak peninggalan agama-agama yang ada di Indonesia. Berwisata sambil belajar pasti sangat asyik.

36. Pemandian Air Panas Cangar

Memang tidak ada habisnya objek wisata di Malang. Berada di kaki Gunung Welirang tepatnya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, ada sebuah objek wisata pemandian air panas.

Pemandian ini bernama Air Terju Cangar. Pemandian ini menjadi salah satu rekomendasi objek wisata yang wajib dikunjungi ketika anda memutuskan berwisata di Malang.

Pamandian Air Panas Cangar
Pamandian Air Panas Cangar (Foto: dolanmu.com)

Objek wisata Air Panas Cangar ini sangat cocok dijadikan tempat merileksasikan tubuh anda yang lelah karena aktivitas pekerjaan.

Di dukung dengan suasana pegunungan yang masih asri dan udara yang sejuk menjadi kombinasi berendam di Air Terjun Cangar ini.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke objek wisata ini kurang lebih 20 km dari Kota Batu. Jalanan yang menanjak, berkelok-kelok tidak akan terasa sepanjang jalan dengan adanya pemandangan perbukitan dan pepohonan sepanjang jalan ke lokasi air terjun ini.

Kolam Pemandian Air Panas Cangar
Kolam Pemandian Air Panas Cangar (Foto: specindo.com)

Tiket masuk ke objek wisata Pemandian Air Panas Cangar ini Rp 5.500/orang, tiket masuk kolam renang Rp 5.000 dan biaya parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Dengan biaya segitu anda sudah bisa puas berendam di beberapa kolam renang yang ada di objek wisata ini.

37. Sumber Air Krabyakan

Tempat wisata di Malang selanjutnya masih dengan nuansa air. Tak banyak yang tahu jika di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur ada objek wisata yang sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Di lokasi ini ada objek wisata Sumber Air Krabyakan yang masih sangat alami. Selain airnya yang jernih, kolamnya pun tertata rapi dengan bebatuan disekelilingnya.

Sumber Air Krabyakan
Sumber Air Krabyakan (Foto: malang-guidence.com)

Berada dilereng gunung membuat pemandangan di sekitar Sumber Air Krabyakan ini sangat pas untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Cukup membayar uang Rp 2.000 anda sudah puas berendam di Sumber Air Krabyakan ini.

38. Taman Labirin Coban Rondo

Masih berada di lokasi yang sama dengan Air Terjun Coban Rondo, Taman Labirin Coban Rondo ini menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang cukup terkenal dan menjadi objek wisata yang lain dari pada yang lain di Malang.

Jika selama ini anda ke Malang hanya berwisata ke air terjun, pantai ataupun dimuseum, sesekali anda harus merasakan sensasi di Taman Labirin untuk mengasah kemampuan anda menemukan jalan keluar.

Taman Labirin ini disusun dari tanaman setinggi 2 meter yang mengharuskan anda menemukan jalan keluar dari labirin ini.

Taman Labirin Coban Rondo
Taman Labirin Coban Rondo (Foto: mibah.com)

Tiket masuk ke Taman Labirin Coban Rondo ini Rp 10.000.  Dengan uang segitu anda sudah dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di Taman Labirin ini.

Itulah tempat wisata di Malang yang berhasil kami rangkum. Jika anda mempunyai informasi tempat-tempat wisata lain yang ada di daerah Malang, anda bisa membaginya pada kolom komentar.

Akhir kata, selamat berlibur dan utamakan keselamatan anda dalam perjalanan liburan anda.

http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/01/tempat-wisata-di-malang.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/01/tempat-wisata-di-malang-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaTempat Wisata di Jawa Timur,Tempat Wisata di MalangTempat Wisata di Malang. Halo, sudah punya rencana liburan kemana akhir pekan ini! Atau masih bingung mencari tempat liburan yang pas untuk menghabiskan waktu anda bersama keluarga. Jika anda masih bingung memilih tempat wisata untuk menghabiskan akhir pekan anda, maka artikel ini mungkin bisa membantu anda dalam menentukan tempat wisata yang...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia