Tempat Wisata di Jember. Berada di lokasi yang berdekatan dengan Samudra Hindia, menjadikan daerah Jember, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini kaya dengan wisata pantainya.

Jadinya mayoritas tempat wisata di Jember adalah pantai.

Pantai di Kabupaten Jember bisa di adu dan tentunya tidak akan kalah dengan pantai Tanjung Lesung yang ada di Provinsi Banten ataupun pantai-pantai yang ada di daerah lainnya.

Pantai-pantai yang ada di daerah Jember terkenal akan keindahannya dan sangat sayang jika tidak di sambangi. Tentunya destinasi pantai ini akan lebih mengesankan untuk anda yang datang bersama pasangan ataupun dengan keluarga.

Tapi jangan salah yah, mayoritas bukan berarti semua tempat wisata di Jember adalah pantai. Karena di Jember juga punya banyak wisata alam maupun buatan yang tentu tidak kalah dengan berbagai tempat wisata di Malang, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jember Paling Keren dan Populer

Tempat Wisata Jember
Tempat Wisata Jember (Foto: initempatwisata.com)

Kami coba merangkum berbagai tempat wisata di Jember yang paling keren hingga paling populer di Jember.

Berikut daftar tempat wisata di Jember yang berhasil kami rangkum untuk membantu anda menentukan tempat wisata yang cocok bagi anda dan keluarga saat liburan.

1. Pantai Puger

Pantai Puger
Pantai Puger (Foto: telusurindonesia.com)

Pantai Puger merupakan salah satu tempat wisata di Jember yang paling populer khususnya bagi pemuda pemudi di Jember. Tempat wisata di Jember ini berada 36 km sebelah barat daya Kabupaten Jember dan memiliki garis pantai sejauh 3 km.

Di hari-hari libur banyak sekali anak muda yang menyambangi tempat wisata di Jember ini untuk berlibur dan menghabiskan akhir pekan mereka di Pantai Puger ini.

Di Pantai Puger anda akan melihat ombak yang cukup tinggi khas pantai selatan pada umumnya.

Uniknya, tempat wisata di Jember ini punya tempat pelelangan ikan yang tentu cocok bagi anda pecinta kuliner khususnya sea food.

Anda bisa langsung membelinya dikawasan wisata ini. Selain itu, terdapat pula cagar alam Puger Watangan dengan air kucurnya yang terkenal dikawasan Pantai Puger ini.

2. Pantai Papuma

Pantai Papuma Jember
Pantai Papuma Jember (Foto: anekatempatwisata.com)

Tempat wisata di Jember selanjutnya adalah Pantai Papuma. Salah satu tempat wisata di Jember yang cukup populer dikalangan masyarakat Jember ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Walaupun tergolong baru bagi tempat wisata di Jember. Namun Pantai Papuma ini langsung hits dikalangan para travelers.

Pepohonan yang rimbun disepanjang pantai, semakin menambah teduh dan segarnya udara yang ada disekitar kawasan objek wisata ini.

Selain itu, tempat wisata di Jember ini juga punya nama lain yang sering disebut Pantai Pasir Putih Malikan.

Di sekitar Pantai Papuma ini anda bisa mendapati Goa Lawa yang bisa anda masuki ketika air surut, dan menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Papuma.

3. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo (Foto: resesapan.com)

Selanjutnya tempat wisata di Jember yang cukup populer adalah Pantai Watu Ulo.

Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi menarik di Jember yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur.

Deretan bebatuan yang berjajar disekitar pinggiran pantai bisa anda dapati dan menjadi ciri khas dari pantai yang satu ini karena menyerupai kulit ular yang memanjang sampai ke tengah laut.

Pantai Watu Ulo ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Jember yang memiliki cerita mistis berbagai versi. Salah satu versinya ada yang menyebutkan jika dulunya pantai ini dikuasai oleh seekor ular raksasa yang bernama Nogo Rojo yang dalam bahasa indonesianya “Raja Naga”.

Tapi sepertinya tidak nyambung sama sekali, tempat ini dikuasai oleh ular raksasa yang bernama Raja Naga. Masa ularnya sebuah naga, kan tidak nyambung sama sekali…hehehe.

Namanya juga cerita rakyat yang memang terkadang sengaja diciptakan untuk mencari daya tarik wisatawan untuk berkunjung, benarkan…hehehe.

Selain itu, terkadang tempat wisata di Jember ini pada waktu setelah hari raya Idhul Fitri, anda bisa mendapati prosesi pelarungan sesaji ke tengah lautan, yang menjadi salah satu ritual tahunan penduduk di sekitar Pantai Watu Ulo ini.

4. Pantai Bandealit Jember

Pantai Bandealit Jember
Pantai Bandealit Jember (Foto: agenwisatabromo.com)

Satu lagi tempat wisata di Jember yang cukup terkenal adalah Pantai Bandealit. Pantai ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Tempat wisata alam di Jember ini berada antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Bandealit ini berbentuk teluk dengan panjang garis pantai sekitar 3 km.

Tempat wisata di Jember ini menawarkan pantai yang bersih dengan air laut yang jernih.

Ombak disekitar Pantai Bandealit ini cukup tinggi sehingga tidak disarankan bagi anak-anak untuk mandi di pantai ini. Namun bagi anda yang punya hobi surfing sepertinya tidak boleh melewatkan aksi menantang ombak di Pantai Bandealit ini.

Pantai Bandealit ini masih sangat alami dan terjaga kebersihannya sehingga anda akan terbiasa menjumpai monyet-monyet yang bermain di pinggiran pantai.

Tak hanya itu, di sekitar Pantai Bandealit ini juga ada penangkaran hewan rusa dan tepat di depannya banyak terdapat koleksi bunga Anggrek yang pasti sangat sayang jika anda lewatkan.

5. Pantai Paseban Kencong

Pantai Paseban Kencong
Pantai Paseban Kencong (Foto: youtube.com)

Selanjutnya, tempat wisata populer di Jember adalah Pantai Paseban Kencong.

Tempat wisata di Jember ini berada sekitar 52 km arah barat laut dari pusat Kota Jember.

Dari sisi administratif, pantai di Jember ini masuk di dalam Kecamatan Kencong yang memiliki panjang garis pantai sekitar 2 km.

Berbeda dengan Pantai Bandealit, Pantai Paseban ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga anak-anak pun bisa bermain pasir ataupun mandi-mandi di tepi pantai.

Anda yang punya hobi memancing juga tidak boleh melewatkan sensasi menarik ikan dari Pantai Paseban ini.

Cukup dengan merogoh kocek Rp 5.000 untuk orang dewasa (Anak-anak Gratis) anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Paseban ini.

6. Wisata Pantai Payangan Jember

Wisata Pantai Payangan Jember
Wisata Pantai Payangan Jember (Foto: asliindonesia.net)

Nah, pantai di Jember yang satu ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Jember yang cukup romantis.

Pantai Payangan ini mempunyai keunikan tersendiri karena memiliki empat pantai sekaligus namun masih dalam satu garis pantai.

Hamparan pasir pantainya yang luas dan berwarna kecoklatan mirip dengan pantai Pelang di Trenggalek dipadu dengan bukit-bukit disekitar pantai yang cukup tinggi membuat tempat wisata di Jember ini menjadi salah satu pantai favorite para travelers.

Panorama pantai yang indah dari atas bukit membuat objek wisata ini cukup romantis. Apalagi ditemani dengan pasangan anda, dijamin pasti anda akan betah berlama-lama di Pantai Payangan ini.

Anda hanya dikenakan biaya parkir Rp 5.000 (Roda Empat) dan Rp 3.500 (Roda Dua) jika datang ke tempat wisata alam di Jember ini.

7. Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak
Pantai Rowo Cangak (Foto: boerhunt.wordpress.com)

Tempat wisata di Jember yang satu ini berada di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pantai Rawa Cangak ini masih sangat alami namun terlihat sepi karena memang letaknya yang cukup tersembunyi dan belum banyak orang yang tahu keberadaan salah satu pantai di Jember ini.

Daya tarik dari pantai di Jember ini adalah karang-karang yang terlihat indah di pinggiran Pantai Rawa Cangak ini.

Namun anda mesti berhati-hati jika ingin mandi ditempat ini karena adanya batu-batu karang yang berukuran besar.

Ohh, hampir lupa. Jangan berharap ada fasilitas disini yah karena memang tempat wisata di Jember yang satu ini belum mendapat sentuhan dari pemerintah daerah setempat. Sehingga anda tidak akan menjumpai sarana parkir, toilet, dll.

8. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak (Foto: travelwisata.net)

Cukup banyak juga yah pantai di Jember. Kita tinggalkan wisata pantainya, saatnya kita bahas air terjun yang juga tidak kalah banyak layaknya pantai di Jember.

Air terjun di Jember jumlahnya juga cukup banyak dan mempunyai pesona tersendiri layaknya air terjun yang ada di berbagai tempat wisata alam di Bandung.

Salah satu yang cukup populer adalah Air Terjun Tancak. Tempat wisata alam di Jember ini menawarkan pemandangan air terjun yang keren.

Tempat wisata di Jember ini berlokasi di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dengan ketinggian 80 meter dari atas tanah membuat air yang jatuh dari atas bukit terlihat sangat indah.

9.  Air Terjun Tancak Tulis

Air Terjun Tancak Tulis
Air Terjun Tancak Tulis (Foto: pojokpitu.com)

Air Terjun Tancak Tulis mempunyai arti “Air Terjun dari Langit”. Penamaan air terjun ini mungkin hanya ingin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata alam di Jember ini.

Tempat wisata di Jember ini berada di Kecamatan Tanggul dan masih dalam kawasan Gunung Argopuro.

Kelelahan akan terbayar jika anda telah sampai ke Air Terjun Tancak Tulis ini. Panorama alam yang indah dibalut dengan rimbunnya pepohonan membuat siapa saja akan tertegun.

Belum lagi kesegaran airnya yang jatuh dari atas pasti akan membuat anda betah berlama-lama di Air Terjun Tancak Tulis ini.

10.  Air Terjun Antrokan

Air Terjun Antrokan
Air Terjun Antrokan (Foto: ayoberkunjung14.blogspot.com)

Tempat wisata di Jember selanjutnya adalah Air Terjun Antrokan. Tempat wisata alam di Jember ini berada di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jika ke objek wisata ini, setidaknya anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat Kota Jember.

Air Terjun Antrokan ini mempunyai panorama alam yang indah dan tentunya tidak kalah dengan air terjun lain yang ada di Jember.

Derasnya air yang turun ditambah dengan kesejukan alam sekitarnya membuat siapa saja akan terpukau melihat salah satu panorama alam yang indah.

Tiket masuknyapun cukup murah, hanya Rp 5.000/orang anda sudah bisa menikmati salah satu tempat wisata alam di Jember yang cukup keren.

11. Air Terjun Sumber Salak

Air Terjun Sumber Salak
Air Terjun Sumber Salak (Foto: travelingyuk.com)

Tempat wisata di Jember ini berada di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tempat wisata alam di Jember ini agak tersembunyi sehingga keadaannya masih sepi dari para wisatawan.

Penduduk sekitarnya pun masih ada yang belum tahu pasti lokasi dari air terjun ini karena memang rute menuju Air Terjun Sumber Salak ini terbilang cukup sulit.

Tapi jangan ditanya masalah keindahan. Keindahan Air Terjun Sumber Salak ini tidak ada duanya. Bahkan terkadang orang menyebutnya dengan Niagara versi mini…hehehe

12. Air Terjun Lereng Raung

Air Terjun Lereng Raung
Air Terjun Lereng Raung (Foto: enjoymalang.com)

Selanjutnya, tempat wisata alam di Jember yang satu ini berlokasi di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Rute yang sedikit menantang pasti akan memanggil jiwa-jiwa para travelers yang gemar menjelajahi alam bebas.

Terhitung ada sekitar 7 air terjun yang ada di Lereng Raung ini.

Ke 7 air terjun yang ada di lereng ini mempunyai keunikan masing-masing. Namun dari ke 7 air terjun yang ada yang paling terkenal adalah Air Terjun Lereng Raung.

Perjalanan ke tempat wisata di Jember ini akan tidak terasa karena suasana pepohonan yang hijau dan hawa sejuk pegunungan membuat anda bersemangat untuk cepat sampai ke puncak Lereng Raung ini.

13. Air Terjun Manggisan

Air Terjun Manggisan
Air Terjun Manggisan (Foto: rofyanggie.blogspot.com)

Tempat wisata alam di Jember selanjutnya adalah Air Terjun Manggisan.

Ada yang tahu kenapa air terjun ini diberi nama Manggisan (Buah Manggis)!

Pasti anda jawabnya, karena disekitar air terjun banyak tumbuh pohon manggis.

Salah, disekitar lokasi objek wisata ini tidak ada sama sekali pohon manggis apa lagi buahnya.

Namun konon pemberian nama tempat wisata di Jember ini karena memang dahulu banyak buah manggis yang tumbuh disekitar lokasi Air Terjun Manggisan ini.

Menurut warga sekitar, pohon-pohon manggis itu telah tumbang disapu aliran air deras dari air terjun jika hujan lebat turun.

Benar tidaknya cerita tersebut sepertinya hanya bumbu cerita sebuah tempat wisata layaknya di daerah-daerah lain.

Lokasi tempat wisata alam di Jember ini secara teritorial telah masuk ke dalam Kabupaten Lumajang.

Namun karena sudah terlebih dahulu dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Jember maka sampai sekarang orang mengenalnya sebagai salah satu tempat wisata alam di Jember.

 14. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo
Air Terjun Watu Ondo (Foto: mbonglembongjember.blogspot.com)

Tempat wisata di Jember berikutnya adalah Air Terjun Watu Ondo. Objek wisata ini tergolong baru mulai di kenal oleh para travelers.

Air terjun ini berada di Kecamatan Tempurejo dan masuk di dalam Taman Nasional Meru Betiri.

Butuh waktu sekitar 40 menit dari pusat Kota Jember untuk sampai ke salah satu tempat wisata alam di Jember ini.

Waktu tempuh tersebut hanya akan mengantar anda sampai di perkebunan yang dikelola oleh PTPN. Setelah itu anda melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam ke Desa Afdeling Terate.

Biasanya di desa inilah para travelers menitipkan kendaraan mereka dan berjalan kaki menuju Air Terjun Watu Ondo.

Sebaiknya anda menyiapkan fisik yang prima ketika akan menyambangi salah satu tempat wisata alam di Jember ini karena anda akan melalui bukit-bukit sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.

Perjalanan tidak akan terasa sulit ke tempat wisata alam di Jember ini karena disepanjang jalan anda akan disuguhkan pemandangan khas perkebunan.

Di samping itu rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang cukup indah.

15. Pemandian Kebon Agung

Pemandian Kebon Agung Jember
Pemandian Kebon Agung Jember (Foto: initempatwisata.com)

Tempat wisata di Jember selanjutnya adalah Pemandian Kebon Agung. Tempat wisata di Jember ini berada di Desa Kebon Agung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tepatnya hanya 3 km ke arah utara pusat Kota Jember anda sudah bisa menemukan Pemandian Kebon Agung ini.

Anda yang punya anak kecil pastinya akan betah berlama-lama di pemandian ini. Karena di Pemandian Kebon Agung ini ada dua kolam renang yang memang ada yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak dan juga dewasa tentunya.

Tidak seperti kolam pada umumnya. Kolam pemandian ini mempunyai sumber mata air dari Watu Remuk, yang membuat airnya begitu segar.

Tempat wisata di Jember ini kerap kali dijadikan sebagai tempat liburan ataupun acara liburan bagi anak-anak sekolah. Makanya pada hari-hari tertentu pengunjung akan membludak di Pemandian Kebon Agung ini.

Fasilitas yang ada juga sangat lengkap mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, toilet bersih, ruang ganti hingga taman bermain untuk anak juga ada di Pemandian Kebon Agung ini.

Untuk tiket masuk ke objek wisata ini juga terbilang cukup murah hanya Rp 7.000/orang dan biaya parkir Rp 1.000, cukup murah bukan.

16. Pemandian Patemon

Pemandian Patemon Tanggul Jember
Pemandian Patemon Tanggul Jember (Foto: matajatim.com)

Masih dengan nuansa air. Tempat wisata di Jember berikutnya adalah Pemandian Patemon.

Pemandian ini berada di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Mata air dari Pemandian Patemon ini sangat alami karena berasal dari mata air pegunungan Argopuro yang tentunya sangat segar khas air dari pegunungan lainnya.

Air yang jernih ditambah udara sejuk khas pegunungan akan membuat anda betah berlama-lama di objek wisata ini.

Ada hal yang menarik dan sedikit berbau mistis disekitar pemandian ini. Ada sebuah kuburan di bawah pohon besar yang sudah ada sebelum Pemandian Patemon ini dibangun.

Konon kuburan ini milik seorang pangeran yang bernama RATMAJA dari Banjarsari yang meninggal di sekitar lokasi pemandian akibat kalah dalam pertarungan memperebutkan seorang bidadari dari kayangan yang turun mandi di telaga ini dahulu.

Percaya nggak percaya sepertinya itupun hanya sebuah cerita berkembang turun temurun yang kebenarannya sangat sulit untuk dibuktikan.

17. Puncak dan Pemandian Rembangan

Pemandian Rembangan
Pemandian Rembangan (Foto: jemberbagus.com)

Tempat wisata di Jember berikutnya adalah Pemandian Remban. Tempat wisata di Jember ini berada di Desa Kemuning, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jika dihitung, hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Jember untuk sampai ke Pemandian Rembangan ini karena jaraknya hanya sekitar 9 km dari pusat kota.

Secara umum ada 2 hal yang ditawarkan jika berwisata ke Pemandian Rembangan ini.

Yang pertama, jelas mandi-mandi di Pemandian Rembangan yang ke dua menikmati panorama alam yang indah dari puncak Rembangan.

Dari puncak Rembangan anda akan disuguhkan pemandangan alam yang memukau dan keindahan Kota Jember dari atas puncak.

Semua hal itu bisa anda nikmati sambil minum-minum kopi di warung yang berada di puncak Rembangan.

18. Pemandian Oleng Sibutong

Pemandian Oleng Sibutong
Pemandian Oleng Sibutong (Foto: jemberjic.com)

Berikutnya tempat wisata di Jember yang cukup populer adalah Pemandian Oleng Sibutong. Pemandian ini berada 10 km arah utara Jember. Tepatnya di Desa Biting, Kecamatan Arjasa. Diperkirakan hanya butuh 20 menit dari pusat Kota Jember

Di bangun pada tahun 1983 oleh pasangan suami isteri H. Birin Raharjo dan Hj. Mimin Handayani pemandian ini sudah ada sejak lama dan masih bertahan hinggi kini.

Tempat wisata di Jember ini sangat populer dikalangan anak-anak maupun remaja karena adanya 2 kolam renang di Pemandian Oleng Sibutong ini.

Pemandian ini cukup populer karena keadaaan disekitarnya masih sangat alami. Di samping itu airnya juga segar karena bersumber dari mata air Oleng Sibutong.

Tak hanya itu, pada hari-hari tertentu manajemen pemandian biasa mengadakan pertunjukan musik untuk menghibur wisatawan yang datang ke Pemandian Oleng Sibutong ini.

19. Tiara Waterpark Jember

Tiara Waterpark Jember
Tiara Waterpark Jember (Foto: adventurewisata.blogspot.com

Selain pantai dan air terjunnya yang memukau, Jember juga memiliki pilihan objek wisata lainnya yang tak kalah memukaunya, salah satunya adalah Tiara Waterpark Jember.

Tempat wisata di Jember ini merupakan pilihan wisata yang cocok anda sambangi bersama putra dan putri anda saat liburan.

Disini, anda bisa menikmati berbagai wahana permainan air yang beragam jenisnya seperti wahana bianglala, perahu ayun, kolam playground, kolam sport, kolam zat air mancur, kolam race bowl dan kegiatan outbond.

Selain itu, tempat wisata di Jember ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap.

Untuk menyambangi tempat wisata ini hanya sekitar 2 km dari arah Universitas Negeri Jember, yang tentu saja lokasinya terbilang cukup strategis.

20. Niagara Waterboom

Niagara Waterboom Jember
Niagara Waterboom Jember (Foto: telusurindonesia.com)

Berikutnya tempat wisata di Jember yang populer di masyarakat Jember adalah Niagara Waterboom. Objek wisata ini terbilang cukup baru karena baru mulai dibuka pada tahun 2009.

Tempat wisata Niagara Waterboom ini berada di Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Keindahan alam disekitarnya yang masih sangat alami berpadu dengan berbagai wahana permainan air yang ada di Niagara Waterboom ini membuat anda akan betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Fasilitas yang ada juga cukup lengkap, mulai dari parkir, toilet, ruang ganti, tempat ibadah hingga cafe ada di Niagara Waterboom ini.

21. Teluk Love

Teluk Love
Teluk Love (Foto: suetoclub.wordpress.com)

Satu lagi tempat wisata di Jember yang tidak kalah kerennya dengan berbagai tempat wisata alam di Jember. Nama tempat wisata ini adalah Teluk Love. Objek wisata ini adalah sebuah pantai yang cukup unik karena datarannya yang ada berbentuk simbol LOVE (Cinta).

Tempat wisata di Jember ini berada di Desa Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sayangnya hingga kini objek wisata Teluk Love ini belum dikembangkan sebagai tempat wisata. Status kepemilikan yang belum jelas apakah milik pemda, perorangan, membuat pantai ini belum mendapat perhatian.

Namun jangan ditanya soal pemandangan dan panorama alamnya yang sangat indah, apalagi anda melihat semuanya itu dari atas Bukit Domba, dijamin pasti keren.

22. Situs Duplang

Situs Duplang
Situs Duplang (Foto: arifpuguhsantoso.blogspot.com)

Anda yang senang dengan wisata sejarah sepertinya perlu menyambangi tempat wisata di Jember yang bernama Situs Duplang.

Objek wisata ini merupakan situs peninggalan zaman purbakala dan berlokasi dilereng Gunung Argapura, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Peninggalan purbakala di Situs Duplang ini berupa batu-batu berdiameter agak besar yang mempunyai nama dan fungsi masing-masing. Berikut nama dan fungsi batu tersebut.

1. Batu Kenong, Orang sering menyebutnya “Watu Kenong” dalam bahasa jawa. Batu ini merupakan batu yang digunakan dalam persembahan untuk arwah para leluhur.

Batu Kenong
Batu Kenong

2. Batu Dolmen, Batu ini berdiameter lumayan besar dibanding Batu Kenong. Batu ini melambangkan arwah leluhur dan sering digunakan sebagai tempat pemujaan.

Batu Dolmen
Batu Dolmen

3. Batu Menhir, Batu yang cukup besar dan berdiri tegak ini juga digunakan sebagai tempat penyembahan arwah-arwah leluhur.

Batu Menhir
Batu Menhir

23. Agrowisata Kopi dan Kakao

Agrowisata Kopi dan Kakao
Agrowisata Kopi dan Kakao (Foto: jemberjic.com)

Salah satu tempat wisata di Jember yang mengedukasi masyarakat untuk membudidayakan tanaman ada di Agrowisata Kopi dan Kakao.

Tempat wisata ini berupa pusat penelitian kopi dan kakao. Objek wisata ini berlokasi di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kurang lebih sekitar 20 km arah selatan pusat kota Jember.

Di sini anda akan ditawarkan wisata yang cukup menyenangkan, mulai dari melihat budidaya tanaman kopi, kakao, tembakau, karet hingga jati pusaka.

Tak hanya itu, anda juga akan dibawa lebih dekat untuk melihat berbagai aktivitas dipergudangan, penelitian di laboratorium hingga di Kebun.

Di Agrowisata Kopi dan Kako ini anda juga bisa melihat proses pembuatan cokelat hingga jadi yang di selenggarakan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI).

Tentunya beriwisata ke Agrowisata Kopi dan Kakano ini akan memberi anda berbagai manfaat dalam kehidupan anda sehari-harinya.

24. Agrowisata Glantangan

Agrowisata Glantangan
Agrowisata Glantangan (Foto: jemberajib.wordpress.com)

Masih dengan agrowisata, kali ini Agrowisata Glantangan. Tempat wisata di Jember ini berada di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tempat wisata di Jember ini merupakan terobosan dari PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan yang membuka agrowisata di daerah ini.

Sayangnya tempat wisata ini masih dalam tahap pengembangan yang kedepannya akan dibangun beberapa wahana mulai dari kolam pemandian anak dan dewasa, waterboom hingga arena permainan softgun.

Namun anda masih bisa menikmati beberapa wahana yang sudah ada diantaranya, flying fox, kolam pemandian anak-anak, kendaraan ATV, kereta kelinci dan kuda yang bisa anda tunggangi sambil menikmati panorama alam di Agrowisata Glantangan.

25. Agrowisata Tembakau

Agrowisata Tembakau Jember
Agrowisata Tembakau Jember (Foto: eastjavaparadiseofjava.files.wordpress.com)

Jangan bosan yah dengan agrowisata karena tempat wisata di Jember kali ini masih wisata jenis agrowisata, tepatnya Agrowisata Tembakau.

Pasti sudah tahukan jika Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten penghasil tembakau di Jawa Timur. Makanya jangan heran jika di Jember punya agrowisata yang kayak begini.

Wisata itu bukan hanya pergi ke pantai, melihat air terjun ataupun ke kolam pemandian. Melihat proses pengolahan tembakau pun juga merupakan salah satu wisata yang tidak kalah keren.

Di samping menambah pengetahuan kita tentang suatu hal, anda pun masih bisa menikmati keindahan alam dari balik proses pengolahan tembakau.

Di sini anda akan di bawa melihat perkebunan tembakau, gudang pemeraman, penyortiran tembakau, pengepakan hingga pembuatan Cerutu Indopura Cigar.

ohh, hampir lupa. Objek wisata ini berada di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Agrowisata ini masih milik dari PT. Perkebunan Nusantara IX.

26. Pabrik Kopi Gumitir

Pabrik Kopi Gumitir Jember
Pabrik Kopi Gumitir Jember (Foto: bolehtanya.com)

Tempat wisata di Jember selanjutnya adalah Pabrik Kopi Gumitir. Kok Pabrik!

Seperti yang sudah saya katakan tadi, jika wisata itu tidak melulu harus ke pantai, air terjun ataupun kolam pemandian.

Objek wisata ini secara teritorial berada di perbatasan dua kabupaten yaitu, Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

Tempat wisata ini sangat terkenal sebagai tempat wisata untuk beristirahat sebelum menempuh perjalanan ke Jember ataupun ke Banyuwangi.

Banyak yang menghabiskan waktunya di objek wisata ini sekedar melepas lelah sambil menikmati lanskap pemandangan perkebunan kopi yang terhampar luas dari atas ketinggian.

Di sini anda bisa langsung menulusuri perkebunan kopi, terowongan kereta api hingga melihat pabrik kopi peninggalan Belanda yang masih terawat hingga kini.

Tak hanya itu, Pabrik Kopi Gumitir ini juga menyediakan areal bermain untuk anak, kegiatan outbond, flying fox, hingga areal perkemahan juga ada di sini.

Bagaimana, tertarik beristirahat di Pabrik Kopi Gumitir ini!

27. Museum Tembakau

Museum Tembakau Jember
Museum Tembakau Jember (Foto: travelsia.com)

Berwisata ke museum itu tak selalunya membosankan. Anda bisa membuktikannya itu dengan berkunjung ke museum ini.

Jika di Kabupaten Malang mempunyai Museum Angkut atau museum transportasi satu-satunya di Indonesia maka Kabupaten Jember pun tak mau kalah.

Jember juga punya Museum Tembakau yang juga merupakan satu-satunya Museum Tembakau di Indonesia.

Museum ini dikeloka oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Sertifikasi Mutu Barang –  Lembaga Tembakau Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Provinsi Jawa Timur.

Di museum ini berbagai hal bisa anda temukan, mulai dari proses awal pengolahan tembakau hingga siap ekspor, berbagai koleksi daun tembakau jenis kasturi juga nag oost hingga cacahan tembakau dari daerah lain dipamerkan di Museum Tembakau ini.

Tempat wisata di Jember ini cukup mudah ditemukan karena masih berada di dalam kota tepatnya di Jalan Kalimantan, No.1.

28. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong
Pulau Nusa Barong (Foto: matajatim.com)

Anda yang senang dengan hal-hal yang misteri sepertinya pas mengunjungi salah satu tempat wisata di Jember yang katanya angker ini.

Pulau Nusa Barong ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Pulau yang memiliki luas sekitar 6 hektar ini secara teritorial berada di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Semenjak tahun 1920, pulau Nusa Barong ini ditetapkan sebagai cagar alam yang bernama Cagar Alam Pulau Nusa Barong.

Pulau ini terkadang dijadikan sebagai tempat wisata bagi para travelers yang penasaran dengan keindahan alam dan juga berbagai cerita misteri tentang Pulau Nusa Barong ini.

Namun jika anda memutuskan berwisata ke pulau ini ada baiknya anda tidak membawa anak kecil. Tidak menentunya cuaca dan ombak menuju pulau ini menjadi tantangan sendiri bagi anda dalam mencari nelayan yang handal untuk membawa anda ke Pulau Nusa Barong ini.

Di pulau ini anda akan menikmati pantai pasir putih yang bersih, hutan mangrove disekitar pulau yang terlihat alami, hutan hijau yang masih dominan dan tentunya binatang liar yang masih banyak berkeliaran di pulau ini.

29. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri (Foto: pegipegi.com)

Tempat wisata di Jember ini sama dengan Pabrik Kopi Gumitir yang secara teritorial masuk dalam dua kabupaten yang membuatnya penuh warna warni.

Di Taman Nasioanl Meru Betiri ini ada dua objek wisata yang dominan yakni, pantai dan juga hutan. Pantai yang ada di TNMB ini masih sangat alami, terkadang orang menyebutnya masih “Perawan” karena memang tidak diperkenankan orang untuk membangun sesuatu yang permanen disekitar pantainya.

Taman ini ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa yang luasnya sekitar 50.000 hektar, cukup luas bukan.

Objek wisata ini mempunyai ciri khusus sebagai habitat dari hewan-hewan seperti penyu sisik, penyu belimbing, penyu hijau dan penyu ridel yang berada di Pantai Sukamade.

Di taman ini juga anda bisa menemukan berbagai tanaman langka seperti bunga raflesia, balanphora fungosa, api-api, bakau, waru, nyamplung hingga jenis tanaman obat-obatan yang tentunya akan menambah pengetahuan anda.

30. Taman Edukasi Botani Sukorambi

Taman Edukasi Sukorambi
Taman Edukasi Sukorambi (Foto: kotawisataku.com)

Tempat wisata di Jember selanjutnya adalah sebuah taman. Liburan sembari mengedukasi putra dan putri anda, tentu saja merupakan salah satu hal menarik yang bisa anda lakukan.

Dan di Taman Botani ini anda bisa menemukan tanaman herbal lebih dari 300 jenis tanaman. Selain itu, anda juga bisa mendapati berbagai macam satwa yang hidup disekitar kawasan taman botani ini.

Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata edukasi terbaik untuk ada sambangi bersama keluarga, di Jember.

Harga tiketnya pun terbilang murah, hanya Rp 6.000/orang saat weekday (Hari kerja) dan Rp 7.000/orang saat weekend (Hari libur).

31. Loko Lori

Loko Lori
Loko Lori (Foto: anekawisataseru.blogspot.com)

Nih satu lagi tempat wisata di Jember yang cukup unik, namanya Loko Lori. Loko Lori ini adalah sebuah lokomotif kereta api yang khusus digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan.

Tempat wisata di Jember ini berada 35 km arah barat pusat Kota Jember. Loko Lori ini pertama kali digunakan oleh Pabrik Gula Semboro yang didirikan pada masa penjajahan Belanda oleh Hendeles Vereniging Amsterdam untuk mengangkut tebu dari perkebunan ke pabrik.

Di objek wisata ini anda bisa bernostalgia dengan menaiki lokomotif kereta Loko Lori ini sepanjang 45 km atau 2 jam lebih sambil menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan.

Anda juga bisa berkunjung ke pabrik gula untuk melihat sisa-sisa kejayaan dari Pabrik Gula Semboro.

32. Perkebunan Teh Gunung Gambir

Perkebunan Teh Gunung Gambir
Perkebunan Teh Gunung Gambir (Foto: adventurewisata.blogspot.com)

Tempat wisata di Jember berikutnya adalah Perkebunan Teh Gunung Gambir. Perkebunan ini berada di Kecamatan Sumber Baru tepatnya 48 km arah timur pusat Kota Jember.

Perkebunan Teh Gunung Gambir ini juga masih termasuk peninggalan kolonial Belanda di tahun 1918. Perkebunan teh ini berada di lereng Gunung Argopuro dan merupakan penghasil teh yang potensial bagi Kabupaten Jember.

Anda yang senang dengan pemandangan alam yang hijau sepertinya perlu menyambangi tempat wisata ini. Di sini andapun juga bisa belajar memetik teh yang siap di olah.

Tak hanya itu, dikawasan ini juga disediakan berbagai wahan yang membuat betah pengunjung seperti, lapangan tenis, taman bermain anak, kolam renang dan tentu masih banyak lagi untuk mendukung liburan anda.

33. Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnaval (Foto: seputarusaha.com)

Senang dengan fashion!

Sepertinya anda mesti hadir saat Kabupaten Jember menyelenggarakan Jember Fashion Carnaval (JFC). Jember Fashion Carnaval ini merupakan event tahunan dari Kabupaten Jember.

Karnal ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga selaku pendiri JFC Center. Biasanya pada karnaval ini ada ribuan peserta yang ikut dalam 4 hari penyelenggaraan memamerkan baju-baju mereka.

Karena 4 hari penyelenggaraan maka dibagi juga menjadi 4 tahap yaitu, Kids Carnival, Artwear Carnival, Waci dan Grand Carnival.

Anda bisa mengunjungi situs resminya untuk mencari informasi tentang Jember Fashion Carnaval.

34. Agrowisata Mumbul Garden Jember

Agrowisata Mumbul Garden Jember
Agrowisata Mumbul Garden Jember (Foto: telusurindonesia.com)

Tempat wisata di Jember ini berada di Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tepatnya 7 km dari arah selatan pusat Kota Jember.

Agrowisata Mumbul Garden ini merupakan objek wisata baru milik PTPN XII (Persero) Kebun Mumbul.

Objek wisata ini dulunya merupakan pabrik pengolahan kopi yang disulap menjadi sebuah agrowisata yang tentu bernilai tambah dengan keadaan alam sekelilingnya yang masih sangat alami.

Objek wisata ini menawarkan berbagai wahana seperti kolam renang untuk anak maupun dewasa, taman kolam yang dilengkapi dengan perahu kano yang bisa anda naik di atasnya, area bersantai, area bermain, belajar berkuda, camping ground, cafe dan juga sebuah aula.

35. Kimo Swimmingpool

Kimo Swimming Pool
Kimo Swimming Pool (Foto: jemberbagus.com)

Tempat wisata di Jember yang terakhir adalah Kimo Swimmingpool. Pemandian ini sangat mudah anda temukan karena letaknya hanya 4 km dari alun-alun pusat Kota Jember.

Kimo Swimmingpool ini berada di Desa Kranjingan, Kecamatan Sembersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Objek wisata ini menawarkan kolam pemandian dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari parkir yang cukup luas, kamar ganti, toilet bersih, dll.

Tak hanya itu, objek wisata ini juga mempunyai kolam renang khusus untuk anak-anak dan dewasa.

Di sekitar lokasi pemandian juga ada taman bermain yang tentu sangat menyenangkan untuk buah hati anda.

Demikianlah beberapa ulasan menarik mengenai tempat wisata di Jember, Jawa Timur, yang tentu saja sayang untuk anda lewatkan. Jika merasa bermanfaat, bantu kami dengan membagikan artikel ini ke media sosial

http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/02/tempat-wisata-di-jember.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/02/tempat-wisata-di-jember-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaTempat Wisata di Jawa Timur,Tempat Wisata di JemberTempat Wisata di Jember. Berada di lokasi yang berdekatan dengan Samudra Hindia, menjadikan daerah Jember, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini kaya dengan wisata pantainya. Jadinya mayoritas tempat wisata di Jember adalah pantai. Pantai di Kabupaten Jember bisa di adu dan tentunya tidak akan kalah dengan pantai Tanjung Lesung yang ada...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia