Tempat Wisata di Ciwidey. Berada di Bandung bagian selatan ada sebuah kecamatan yang terkenal sebagai tujuan destinasi pariwisata andalan dari #Kabupaten Bandung, yaitu Ciwidey.

Ciwidey ini merupakan sebuah kecamatan yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Bandung.

Ada hal yang menarik dari penamaan Ciwidey ini. Usut punya usut ternyata nama Ciwidey ini sangat erat kaitannya dengan Bangsa Portugis.

Dari berbagai catatan dan literatur kuno, nama Ciwidey ini diambil dari bahasa Portugis, “Ciwi” artinya Kiwi dan “Dey” berarti Hari. Benar tidaknya, sepertinya perlu penelitian khusus untuk membuktikan hal itu.

Yang jelas, di daerah Ciwidey ini anda bisa menemukan berbagai pilihan destinasi wisata dengan keunikan pemandangan alam masing-masing khas tempat wisata di Bandung pada umumnya.

Hamparan pemandangan alam yang khas berupa dataran tinggi dengan pesona yang luar biasa indah tentu menjadi daya tarik sendiri bagi para travelers yang gemar menjelajahi alam.

Selain itu, tempat wisata di Ciwidey ini memang menjadi pilihan destinasi bagi para wisatawan karena lokasinya yang memang tidak begitu jauh dari pusat kota.

Nah, untuk anda yang bingung menentukan pilihan destinasi wisata apa saja yang perlu dikunjungi di Ciwidey, kami telah merangkum berbagai tempat wisata di Ciwidey ini.

7 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Populer

Tempat Wisata di Ciwidey
Tempat Wisata di Ciwidey

Setidaknya ada 7 tempat wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang paling populer dikalangan wisatawan yang tentunya wajib anda kunjungi.

Ke 7 tempat wisata di Ciwidey ini masing-masing punya keunikan dan pesona tersendiri. Berikut ulasan lengkap ke 7 tempat wisata di Ciwidey tersebut.

1. Kawah Putih

Kawah Putih
Kawah Putih (Foto: bandungode.com)

Tempat wisata di Ciwidey yang pertama adalah Kawah Putih. Destinasi wisata ini berada di Jl. Raya Soreang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Tepatnya 25 km dari pusat Kota Bandung dan tidak begitu jauh dari destinasi wisata Danau Situ Patenggang.

Kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad 10 ini pertamakali ditemukan oleh peneliti asal Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm. Dr. Franz ini adalah seorang ahli dalam bidang botani.

Anda bisa membaca profil lengkap Dr. Franz ini dari Wikipedia.

Dr. Franz ini tidak sengaja menemukan sebuah kawah di puncak saat sedang meneliti dan itu membuatnya terpesona akan keindahan kawah tersebut.

Kawah yang ditemukannya mempunyai air yang sangat jernih dan berpasir putih di tepiannya.

Namun ada yang janggal, karena dari kawah itu juga tercium bau yang sangat menyengat. Ternyata bau yang keluar dari kawah tersebut adalah bau Belerang yang hingga kini masih tercium.

Adanya bau belerang ini membuat anda tidak boleh berlama-lama di kawasan Kawah Putih ini. Karena bau yang ditimbulkannya terkadang membuat orang pusing hingga pingsan jika terlalu lama berada di sini.

2. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang (Foto: kompas.com)

Selanjutnya tempat wisata di Ciwidey yang cukup populer adalah Danau Situ Patenggang. Danau ini merupakan pilihan destinasi wisata alam yang tepat bagi anda yang sedang mencari ketenangan dari sumpeknya aktivitas kerjaan anda.

Tempat wisata di Ciwidey ini berada di Jl. Raya Ciwidey, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Danau Situ Patenggang ini memiliki panorama alam yang indah. Dengan air danau yang jernih, sejernih Danau Biru Kolaka Utara dan kebun-kebun teh berwarna hijau yang menambah keindahan alam disekitarnya.

Jika anda penasaran dengan segala pesona keindahan dari danau ini, anda bisa mencoba mengelilingi danau ini dengan perahu boat, sepeda air ataupun perahu dayung yang banyak disewakan di tepi Danau Situ Patenggang ini.

Anda yang punya hobi memancing juga bisa mencoba peruntungan anda dengan melepas kail di danau ini. Berbagai jenis ikan air tawar berkembang biak di dasar danau tentu membuat anda penasaran untuk menangkapnya.

Di samping panorama alam yang indah, danau ini juga punya kunikan tersendiri. Di tengah-tengah danau ada sebuah pulau yang bernama Pulau Asmara.

Fokus keunikannya bukan pada pulaunya namun pada sebuah bongkahan batu yang sering disebut Batu Cinta. Batu ini terkenal karena cerita Dewi Rengganis dan Ki Santang yang melekat pada Batu Cinta ini.

Penasaran dengan Batu Cinta ini!

Sebaiknya anda langsung mendatangi tempat wisata Danau Situ Patenggang ini…hehehe

3. Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali
Kebun Teh Rancabali

Tempat wisata di Ciwidey berikutnya yang populer adalah Kebun Teh Rancabali yang berada di Desa Patengan dengan ketinggian 1.628 meter DPL (Diatas Permukaan Laut).

Sejauh mata memandang hanya ada hamparan kebun teh hijau terlihat indah yang tertata rapi di perbukitan yang berkelok-kelok.

Selain itu, udara yang dingin khas pegunungan berpadu dengan kabut tipis menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang untuk mencari kedamaian di Kebun Teh Rancabali ini.

Di samping itu, dengan uang Rp 5.000/orang anda juga sudah bisa berkunjung ke pabrik teh yang ada di Rancabali ini untuk melihat proses mulai dari pembukaan lahan kebun teh, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemetikan hingga ke proses pengolahan teh sampai menjadi sebuah produk siap diminum.

Hanya itu saja!

Tidak sampai disitu, Kebun Teh Rancabali juga mempunyai berbagai wahana seperti tea walk, permainan anak, FTV, Flying Fox, Camping Ground, Wisata Edukasi, Mandi Lumpur, dll.

Pokoknya anda akan betah jika menyempatkan diri berwisata di Kebun Teh Rancabali ini.

4. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu (Foto: cimangguciwidey.com)

Berikutnya tempat wisata di Ciwidey yang cukup populer dan masih berada di daerah Patengan adalah Pemandian Air Panas Cimanggu.

Pemandian Air Panas Cimanggu ini sangat rame dikunjungi oleh para wisatawan pada akhir pekan atau hari-hari libur lainnya.

Suasana alam yang masih sangat alami dan udara yang sejuk khas pegunungan menjadi daya tarik utama Pemandian Air Panas Cimanggu ini.

Suhu udara yang cukup dingin di sekitar pemandian seolah berbalik 360 derajat dengan air dikolam pemandian yang cukup panas (45 Derajat Celcius). Tentu hal ini juga menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini.

Di samping itu, anda yang punya keluhan penyakit kulit sepertinya harus coba berendam di kolam pemandian ini karena air panas di pemandian ini punya khasiat menyembuhkan penyakit kulit karena kandungan belerang yang ada di air panassnya. dipercaya mampu mengobati segala jenis penyakit kulit

Yang ingin hanya berelaksasi di pemandian ini pun juga sepertinya sangat oke untuk menghilangkan segala kepenatan dan kelelahan akibat rutinitas kerja.

Harga tiket masuknya pun juga tergolong murah, berikut tarifnya:

KETERANGAN TIKET & PARKIR
Weekday Rp 16.000/orang
Weekend Rp 23.500/orang
Parkir Roda 2 Rp 6.000/Weekday, Rp 8.500/Weekend
Parkir Roda 4 Rp 13.500/Weekday, Rp 18.500/Weekend

5. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini
Pemandian Air Panas Ciwalini

Tempat wisata di Ciwidey berikutnya adalah Pemandian Air Panas Ciwalini.

Sama halnya dengan Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Ciwalini juga menawarkan pemandian air panas sebagai objek wisata utamanya.

Lokasinya yang terletak ditengah-tengah hamparan Kebun Teh Rancabali membuatnya memiliki panorama alam yang indah dan tentunya menjadi nilai tambah bagi pemandian ini.

Pemandian ini menyediakan dua kolam renang khusus untuk dewasa dan juga anak-anak lengkap dengan papan seluncur berukuran mini di atasnya untuk memanjakan buah hati anda bermain air.

Berbeda dengan beberapa tempat pemandian air panas yang terkadang mengeluarkan bau belerang yang cukup menyengat, di Pemandian Air Panas Ciwalini ini bau belerang hampir sama sekali tidak tercium.

Tidak terciumnya bau belerang bukan berarti air panasnya tidak berkhasiat. Malah banyak orang yang menganjurkan untuk berendam di air panas ini jika anda mempunyai penyakit kulit.

Cukup merogoh kocek sebesar Rp 12.000/orang, anda sudah bisa menikmati Pemandian Air Panas Ciwalini ini.

Tak hanya itu, anda yang butuh wahana ekstra juga bisa mencoba beberapa wahana seperti bermain ATV, gokart, motocross,  flying fox hingga trampolin disekitar Pemandian Air Panas Ciwalini ini yang tentu mempunyai biaya tambahan.

6. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
Kebun Strawberry Ciwidey (Foto: tempatwisatadibandung.info)

Tempat wisata di Ciwidey selanjutnya adalah Kebun Strawberry Ciwidey.

Jika selama ini anda hanya melihat buah strawberry dari televisi sebaiknya anda langsung menyambangi Kebun Strawberry Ciwidey yang masih berada di daerah patengan ini untuk melihat langsung buah yang pastinya masih sangat jarang kita jumpai di Indonesia.

Tak hanya melihat andapun juga bisa langsung merasakan sensasi memetik buah strawberry ini langsung dari pohonnya.

Buah Strawberry dari Ciwidey ini terkenal mempunyai ciri khas dengan bentuk buahnya yang lebih besar dari buah strawberry yang ada di daerah lain dengan warna merah yang sangat menggugah selera. Rasanyapun begitu nikmat dengan kombinasi rasa manis dan sedikit asam pada buahnya.

Berwisata ke Kebun Strawberry Ciwidey ini pun anda tidak perlu mengeluarkan uang atau membayar tiket masuk jika hanya sekedar melihat-lihat kebun dan buah strawberry.

Namun berbeda jika anda sudah memetiknya, anda akan dikenakan biaya untuk setiap buah yang anda petik tapi tentunya anda bisa mencicipi buah tersebut, terdengar sangat fair bukan.

Tentu saja sangat cocok jika anda datang berwisata ke sini dengan membawa keluarga terutama anak anda yang pastinya mereka akan betah untuk berlama-lama di sini.

7. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemagan Ranca Upas
Bumi Perkemagan Ranca Upas

Siapa yang tidak kenal dengan Bumi Perkemahan Ranca Upas! Rasanya semua travelers yang pernah menjelajahi berbagai tempat wisata di Bandung sudah pernah mendirikan tenda di perkemahan Ranca Upas ini.

Panorama alam yang indah, udara sejuk khas pegunungan serasa berpadu dengan pohon-pohon yang tumbuh asri disekitar kawasan ini

Bumi Perkemahan Ranca Upas ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat kegiatan outdoor maupun berbagai kegiatan di alam bebas.

Lokasinya yang strategis membuat Bumi Perkemahan Ranca Upas ini kerap kali dijadikan rujukan sebagai tempat pelatihan ataupun penggemblengan bagi berbagai komunitas pecinta alam yang ada di Kabupaten Bandung.

Dengan mengeluarkan uang Rp 10.000/orang anda sudah bisa menikmati sejuknya udara di Bumi Perkemahan Ranca Upas ini.

Anda yang lupa membawa peralatan kemah juga tidak perlu khawatir karena tempat wisata di Ciwidey ini juga disediakan peralatan perkemahan yang bisa disewa dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah tempat wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung yang paling populer dan tentunya tidak boleh anda lewatkan. Jika terasa bermanfaat, bantu kami dengan membagikan artikel ini ke media sosial, terima kasih.

http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/03/tempat-wisata-di-ciwidey.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/03/tempat-wisata-di-ciwidey-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaTempat Wisata di Bandung,Tempat Wisata di Ciwidey,Tempat Wisata di Jawa BaratTempat Wisata di Ciwidey. Berada di Bandung bagian selatan ada sebuah kecamatan yang terkenal sebagai tujuan destinasi pariwisata andalan dari #Kabupaten Bandung, yaitu Ciwidey. Ciwidey ini merupakan sebuah kecamatan yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Bandung. Ada hal yang menarik dari penamaan Ciwidey ini. Usut punya usut ternyata nama Ciwidey...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia