Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tempat Wisata di Cirebon. Cirebon yang berasal dari kata cai (Air) dan Rebon (Udang Kecil) merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pertumbuhan sangat pesat setelah Kota Bandung dan Bekasi.

Di samping terkenal dengan berbagai peninggalan agama Islamnya ternyata tempat wisata di Cirebon juga tidak kalah dengan berbagai tempat wisata alam di Bandung maupun kabupaten lain yang ada di Jawa Barat.

Di masa lalu Cirebon hanyalah sebuah duku kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa yang lama kelamaan berkembang menjadi sebuah desa yang ramai.

Dahulu, mata pencaharian sebagian besar dari masyarakatnya adalah nelayan yang pekerjaan utamanya menangkap ikan dan rebon di sepanjang pantai. Tak hanya itu, daerah mereka juga dikenal sebagai sentra pembuatan terasi, petis maupun garam.

Siapa yang sangka kota yang kaya dengan sejarah dan menjadi salah satu kota tertua yang ada di pulau jawa ini juga mempunyai potensi-potensi wisata yang sedang berkembang layaknya #Kabupaten Bandung.

Mempunyai keunggulan letak geografis yang strategis dan menjadi simpul yang menghubungkan tiga kota besar Jakarta, Semarang dan Surabaya membuat Cirebon sangat mudah mengembangkan sektor pariwisatanya karena tidak pernah sepi dari para pelancong.

Jika anda sedang mencari tempat wisata untuk menghabiskan liburan anda maka tidak ada salahnya untuk melirik berbagai tempat wisata di Cirebon. Dan berikut beberapa daftar tempat wisata di Cirebon yang bisa anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Setidaknya Cirebon mempunyai 25 tempat wisata mulai dari yang paling populer hingga belum terlalu dikenal dan tentunya tidak akan membuat anda bosan karena tempat wisatanya komplit, mulai dari wisata sejarah, museum, wisata alam, berbagai wahana hingga wisata kuliner ada di Cirebon yang siap membawa keceriaan di tengah-tengah liburan anda bersama keluarga, berikut daftar lengkap tempat wisata di Cirebon yang paling populer hingga belum terjamah.

1. Keraton Kasepuhan

Kami menempatkan Keraton Kesepuhan ke daftar teratas tempat wisata di Cirebon bukan tanpa alasan. Keraton Kasepuhan inilah yang menjadi ikon Kota Cirebon dari jaman dahulu sampai sekarang. Di Keraton Kasepuhan inilah pusat pemerintahan pertama dari kesultanan Cirebon.

Keraton Kasepuhan yang di fungsikan juga sebagai museum saat ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dan napak tilas penyebaran Islam di nusantara. Menjadi salah satu cagar budaya yang senantiasa dilindungi membuat Keraton Kesepuhan ini selalu terawat.

Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan Cirebon (Foto: seputar-cirebon.com)

Di bangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati, hingga kini walaupun usia telah berabad abad lamanya keraton ini masih berdiri dengan kokoh dengan bangunan kompleks keraton yang bersih dengan ciri khas cat berwarna putih dan taman yang asri membuat Keraton Kasepuhan ini sangat elok dipandang mata.

Begitu masuk ke dalam Keraton Kasepuhan ini anda akan langsung berada di ruangan utama dan langsung berhadapan dengan singgasana sultan.

Singgasana Sultan Keraton Kasepuhan
Singgasana Sultan Keraton Kasepuhan (Foto: nabatours.com)

Tempat wisata di Cirebon ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dan ingin tahu tentang sejarah penyebaran Islam di tanah air. Dan puncaknya ada pada tanggal 1 Syawal karena di saat itulah kereta kencana Singa Barong dimandikan, konon menurut kepercayaan orang-orang Cirebon, kereta ini merupakan kereta milik Sunan Gunung Jati.

2. Keraton Kanoman

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya adalah Keraton Kanoman. Tempat wisata di Cirebon ini awalnya merupakan keraton pertama yang ada di Cirebon. Namun karena terjadi konflik internal dalam keraton maka terpecahlah menjadi beberapa keraton yaitu, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabon.

Memang nama Keraton Kanoman ini tidak setenar dengan Keraton Kasepuhan namun tempat wisata di Cirebon ini juga banyak peninggalan-peninggalan yang bernilai sejarah dan masih erat kaitannya dengan syiar Islam yang dilakukan oleh Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman Cirebon (Foto: dianrentalmobilcirebon.com)

Di kompleks keraton seluas kurang lebih 6 hektar ini, setidaknya ada 27 bangunan kuno yang diantaranya ada sebuah saung bernama witana yang merupakan bangunan utama dan bangunan yang menjadi cikal bakal dari Keraton Kanoman ini.

Sang raja atau sultan ke 12 Keraton Kanoman Raja Muhammad Emiruddin juga tinggal di keraton ini beserta keluarganya.

Berbagai peninggalan bersejarah mulai dari kereta perang tunggangan Sunan Gunung Jati dimasa lalu yang bernama Paksi Naga Liman dan Jempana, berbagai keramik dalam bentuk piring, mangkok, gelas asli dari tiongkok, benda-benda pusaka seperti keris, tombak, gamelan, dll.

Kereta Perang Paksi Naga Liman
Kereta Perang Paksi Naga Liman (Foto: budaya-indonesia.org)

Tentu sangat seru berwisata ke tempat-tempat bersejarah seperti Keraton Kanoman ini, disamping tempatnya yang bersih, kita juga akan mendapat berbagai pengetahuan baru khususnya napak tilas perkembangan Islam di nusantara.

3. Taman Wisata Siwalk

Nah, anda yang gemar dengan wisata seru tampaknya mesti menyempatkan berlibur ke Taman Wisata Siwalk ini.

Tempat wisata di Cirebon ini berada di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Taman Wisata Siwalk ini berdiri dilahan seluas 175 hektar, tempat wisata di Cirebon ini menawarkan berbagai wahana dan tentunya panorama alam yang indah dengan bukit-bukit kecil, persawahan hijau yang membentang luas.

Anda bisa menguji adrenalin anda dengan bermain flying fox atau menyewa ATV untuk berkeliling di tempat wisata ini. Anda yang punya hobi memancing sepertinya jangan sampai ketinggalan membawa peralatan memancing anda karena di sini anda bisa memancing ikan sepuasnya.

Taman Wisata Siwalk di Cirebon
Taman Wisata Siwalk di Cirebon (Foto: piknikdong.com)

Masih ingat dengan Bendungan Sutami yang ada di Malang! Nah, anda yang tidak ingin bermain outbond juga masih bisa menikmati panorama alam yang indah dengan berkeliling disekitar Waduk Setu Patok dengan menyewa perahu.

Berapa yang anda bayar untuk bisa berwisata ke Taman Wisata Siwalk ini! Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000/orang untuk bisa berwisata di tempat ini.

4. Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani atau Ade Irma Suryani Waterpark merupakan tempat wisata di Cirebon yang berupa taman rekreasi. Tempat wisata di Cirenon ini merupakan taman rekreasi terbesar yang ada di Kota Cirebon. Sebelum tahun 1966 taman ini bernama Traffic Garden Cirebon yang kemudian berganti nama. Hingga kini taman ini menjadi tempat wisata yang selalu rame dikunjungi oleh wisatawan di akhir pekan.

Taman ini berada di Jl Yos Sudarso, No.1, Cirebon. Lokasinya yang sangat mendukung karena tepat berada di pinggir laut pantai utara Cirebon dan pelabuhan membuat taman ini menjadi salah satu ikon tempat wisata di Cirebon.

Taman Ade Irma Suryani
Taman Ade Irma Suryani (Foto: telusurindonesia.com)

Jika dahulu taman ini hanya memiliki kebun binatang sebagai daya tarik utama wisatanya,  saat ini keadaanya telah berbeda. Dengan investasi puluhan milyar, Taman Ade Irma Suryani kini telah di sulap menjadi taman terbesar dan tentunya luar biasa di Cirebon.

Tempat wisata di Cirebon ini sangat komplit untuk dijadikan tempat berakhir pekan bersama keluarga anda. Di sini anda bisa menemukan berbagai wahana bermain, wisata kuliner untuk memanjakan perut anda dan tentunya penginapan bagi anda yang ingin merasakan suasana malam dipinggir laut.

5. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah maupun mistis! Nah, jika anda tertarik dengan hal-hal yang semacam ini, tentu anda tidak boleh melewatkan untuk berwisata di Taman Sari Gua Sunyaragi.

Berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, tempat wisata di Cirebon ini terlihat seperti candi yang disebut Gua Sunyaragi (Taman Air Sunyaragi/Taman Sarisunyaragi).

Nama “Sunyaragi” sendiri berasal dari bahasa sansekerta kata “Sunya” yang berarti sepi dan “Ragi” artinya raga. Pada masanya gua ini didirikan sebagai tempat beristirahat maupun meditasi untuk para sultan Cirebon. Disamping itu, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penggelembengan tentara Kesultanan Cirebon pada masa itu.

Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi (Foto: komunikasi.um.ac.id)

Dengan luas kompleks sekitar 15 hektar yang berada di Jl. By Pass Brigjen Dharsono, Gua Sunyaragi ini termasuk dalam cagar budaya Kota Cirebon yang dilindungi oleh negara dan menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Cirebon.

Dahulu, kompleks dari Gua Sunyaragi ini dikelilingi oleh danau namun saat ini telah mengering meninggalkan kompleks gua yang terlihat indah dan penuh misteri.

Ada mitos yang masih tertinggal hingga kini di Gua Sunyaragi ini. Di beberapa tempat gua dipercaya dapat memudahkan datangnya jodoh hingga menyulitkan datangnya jodoh.

Penasaran ingin membuktikan mitos tersebut!

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya adalah sebuah masjid. Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau yang dikenal sebagai Masjid Agung Kasepuhan merupakan sebuah masjid yang masih berada dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dibangun pada sekitar tahun 1480 masehi atau sejaman dengan para walisongo menyebarkan agama Islam di nusantara, disamping itu masjid ini juga dipercaya sebagai masjid tertua yang ada di Kota Cirebon. Entah ada hubungannya atau tidak dengan Masjid Agung yang ada di Demak, yang jelas penampakan masjid ini dari segi arsitekturnya hampir sama.

Sedikit informasi buat anda, nama masjid ini diambil dari kata “sang” yang mempunyai makna keagungan, “cipta” yang berarti dibangung dan “rasa” yang berarti digunakan.

Masjid Agung Sang Cipta
Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Foto: pegipegi.com)

Ada yang menarik dengan pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini, konon tempat wisata di Cirebon ini dibangun hanya dalam waktu semalam dan ada beberapa walisongo diantaranya, Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati. Mayoritas dari warga Cirebon tahu tentang hal ini dan sejarah ini tertulis dibuku Babad Tanah Cirebon.

Konon pembangunan masjid ini melibatkan sekitar 500 orang tenaga kerja yang khusus didatangkan dari Demak, Majapahit dan Cirebon. Saat itu, Sunan Kalijaga ditunjuk sebagai arsiteknya. Tertarik membuktikan kebenaran cerita tersebut!

Anda yang jarang wisata religi sepertinya perlu menyempatkan diri untuk menyambangi masjid ini. Berbagai keunikan yang ada tentu memberi pengalaman baru wisata anda.

7. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan, pasti nama yang terdengar aneh buat anda. Tempat wisata di Cirebon ini memang terdengar sedikit aneh. Namun bagi warga Cirebon, nama itu sudah tidak asing lagi karena Banyu Panas Palimanan merupakan salah satu objek wisata yang sudah lama ada dan cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon.

Banyu Panas yang berarti “Air Panas” dalam bahasa Cirebon merupakan objek wisata air panas yang berada di pegunungan kapur Gunung Kromong, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tepatnya sekitar 16 km dari pusat Kota Cirebon.

Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan (Foto: obyekwisata.info)

Berbagai manfaat, keunikan dan keindahan alam menyatu di Banyu Panas Palimanan ini. Mulai dari sumber mata airnya yang sering berpindah-pindah, air panasnya yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena mengandung belerang yang terbilang tinggi dan suasana alamnya karena berada di daerah pegunungan membuat tempat wisata di Cirebon ini sangat pas untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama keluarga.

Fasilitas yang ada juga sudah memadai, mulai dari kolam pemandian yang mempunyai ukuran 10×15 meter, tempat membilas badan, kamar mandi, gazebo untuk bersantai dan joging track untuk menunjang anda yang hobi dengan olahraga.

Dengan hanya membayar uang tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang dan biaya tambahan Rp 6.000 bagi yang ingin berendam, anda sudah bisa berwisata ke Banyu Panas Palimanan ini.

8. Kerajinan Batik Trusmi

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya adalah kerajinan. Nah, bagi anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Cirebon sepertinya sangat cocok datang ke sentra Kerajinan Batik Trusmi ini, berbagai corak batik ada di sini dan di jual cukup murah.

Sedikit informasi bagi anda, nama Trusmi sendiri merupakan nama yang berasal dari nama seorang tokoh Islam yang dipercaya sebagai salah satu murid dari Sunan Gunung Jati, yakni Ki Gede Trusmi.

Kerajinan Batik Trusmi Cirebon
Kerajinan Batik Trusmi Cirebon (Foto: soloraya.com)

Ki Gede Trusmi membantu menyebarkan dan mengajarkan Islam kepada penduduk setempat. Tak hanya itu, Ki Gede Trusmi juga mengajarkan cara membatik. Hingga kini pusar atau makam dari Ki Gede Trusmi ini masih ada dan terawat cukup baik.

Sentra kerajinan batik ini tepatnya berada di Desa Trusmi Plered Cirebon, sekitar 4 km di luar kota Cirebon ke arah Bandung. Anda yang datang dari Jakarta gunakan jalur biasa, jangan masuk tol ke Palimanan. Di situ anda akan melewati desa ini sebelum sampai ke pusat kota Cirebon.

Sepanjang Jl. Syekh Datu Kahfi, Jl. Buyut Trusmi, Jl. Panembahan banyak sekali toko-toko batik yang akan anda jumpai, selamat berburu batik.

9. Pantai Kejawanan

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kota Cirebon, pantai ini terkenal dengan panorama sunsetnya yang indah. Sunset di Pantai Kejawanan ini boleh di adu dengan panorama sunset yang ada di Pantai Tanjung Lesung, Banten. Berada dalam posisi yang pas ditengah-tengah saat sunrise maupun sunset membuat panorama terbit dan tenggelamnya matahari sangat indah terlihat.

Di samping sebagai tempat wisata di Cirebon, Pantai Kejawanan ini juga difungsikan sebagai Tempat Pengelolaan Ikan (TPI) Kejawanan dan sebagai wisata terapi.

Saya menggaris bawahi wisata terapi pada paragraph diatas bukan tanpa alasan. Ada mitos yang berkembang dan dipercaya oleh masyarakat setempat maupun masyarakat luar akan khasiat air dari Pantai Kejawanan ini.

Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan (Foto: pintuwisata.com)

Konon air dari pantai ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit medis diantaranya, penyakit reumatik, diabetes, asam urat, stroke, radang tenggorokan, batuk dan penyakit kulit. Caranya bagaimana! Anda hanya cukup berendam di air Pantai Kejawanan ini sesering mungkin atau berkumur-kumur dengan airnya. Sembuh tidaknya sepertinya anda harus mencobanya…..hehehe

Kita tinggalkan dulu hal-hal yang berbau mitos, ada baiknya anda berkeliling di pantai ini dengan menggunakan perahu yang bisa anda sewa dari nelayan-nelayan yang ada di pantai ini denga tarif yang cukup murah, hanya Rp 5.000/orang.

Pasti tidak akan pas rasanya jika anda tidak mandi di pantai ini. Tempat wisata di Cirebon ini terkenal dengan keadaan alamnya yang landai lagi dangkal membuat pantai ini sangat digemari untuk bermandi-mandi ria baik untuk dewasa maupun anak-anak.

10. Setu Sedong

Setu Sedong merupakan tempat wisata di Cirebon berupa waduk yang berada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat tepatnya 26 km dari arah pusat Kota Sumber.

Tempat wisata di Cirebon ini sebenarnya belum dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon namun waduk ini sudah diakui dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Belum diresmikanpun sudah banyak orang yang datang ke Setu Sedong ini bagaimana jika telah resmi dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Cirebon, pasti tambah rame lagi orang yang datang berkunjung ke waduk ini.

Setu Sedong
Setu Sedong (Foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Setu Sedong sendiri sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai menghabiskan waktu bersama keluarga. Disamping itu anda yang punya hobi memancing tidak boleh melewatkan memancing ikan gratis di waduk ini, anda akan bersaing dengan beberapa penduduk setempat yang sering mancing di sore hari.

Setu Sedong juga mempunyai spot-spot yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai latarbelakang pemotretan, pasti sangat keren berfoto diatas rakit yang sedang melaju di air tak kala senja. Tentu menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan.

11. Makam Sunan Gunung Jati

Nah, bagi anda yang senang dengan wisata religi namun tetap dibalut dengan sejarah sepertinya perlu menyambangi Makam Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Berlokasi di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tempat wisata di Cirebon ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh peziarah maupun wisatawan dari Cirebon maupun luar Cirebon yang ingin mengenal lebih dekat dengan salah satu sosok yang berjasa menyebarkan agama Islam di nusantara ini.

Ada hari-hari tertentu dimana pengunjung biasa membludak seperti Jumat Kliwon, maulid Nabi Muhammad SAW, Grebeg Rayagung, Grebeg Syawal dan Ritual Pencucian Jimat.

Peziarah Padati Makam Sutan Gunung Jati
Peziarah Padati Makam Sutan Gunung Jati (Foto: pegipegi.com)

Dengan luas kompleks sekitar 4 hektar dan memiliki gaya arsitektur yang unik karena menggabungkan tiga kebudayaan, yaitu Jawa, Cina dan Arab membuat tempat wisata di Cirebon ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ataupun peziarah.

Interior dinding sepanjang jalan dihiasi dengan benda-benda antik seperti keramik dan porselin yang sudah berumur ratusan tahun menambah keunikan makam ini. Konon, keramik dan porselin tersebut didatangkan langsung oleh Nyi Mas Ratu Rara Sumedang dari negeri Cina sekitar abad ke 13. Biarpun sudah berusia ratusan keramik dan porselin tersebut masih terawat dengan baik hingga kini.

Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati (Foto: kompas.com)

Keunikan lain dari tempat wisata di Cirebon ini adanya sembilan pintu yang tiap-tiap pintu telah mempunyai nama-nama tersendiri namun bagi peziarah maupun wisatawan hanya dibolehkan masuk sampai pintu ke lima saja.

Untuk berwisata maupun ziarah ke sini anda tidak dikenakan biaya apapun (Gratis) tapi jika anda ingin bersedekah ada kotak-kotak amal yang telah disediakan ditiap-tiap pintu dari sembilan pintu tadi.

12. Apita Waterboom

Sepertinya tempat wisata di Cirebon yang satu ini sangat cocok bagi anda yang datang liburan bersama anak anda. Objek wisata Apita Waterboom di desain sebagai tempat bermain air yang menyenangkan terlebih bagi anak-anak.

Wahana apa saja yang ada di Apita Waterboom!

Apita Waterboom Cirebon
Apita Waterboom Cirebon (Foto: donymagazine.com)

Tempat wisata di Cirebon ini menawarkan beberapa wahana yang asik seperti waterslide untuk dewasa dengan tinggi 15 meter, waterslide untuk anak-anak dan berbagai kolam yang memiliki masing-masing fungsi, diantaranya:

  • Kolam Hujan, kolam yang telah dilengkapi dengan 4 pilar untuk mengalirkan air yang akan ditumpahkan dari atas, kolam ini mempunyai kedalaman 50 cm, sangat cocok untuk anak-anak.
  • Kolam Arus Anak-anak, kolam ini berada disebelah utara waterboom, kolam ini menjadi primadona bagi anak-anak karena modelnya yang sambung menyambung tiap 5 meter dan berbentuk undakan. Kolam ini hanya memiliki kedalaman 75 cm sehingga sangat aman buat anak-anak.
  • Kolam Arus Dewasa, disamping kolam arus anak, Apita Waterboom juga menyediakan kolam arus untuk anak dewasa yang tidak kalah seru dengan ketinggian air kolam yang hanya 1 meter.
  • Kolam Prestasi, dengan tinggi sekitar 1,25 meter dan luas sekitar 200 m2, kolam ini berada di sebelah kanan dari berbagai arus kolam yang ada.

Berbagai fasilitas penunjang juga telah disediakan seperti tempat bilas, kamar ganti pria maupun wanita, toilet yang bersih, parkiran yang luas dan mushola.

Tiketnya pun cukup murah, Rp 10.000/orang untuk anak dan Rp 15.000/orang untuk dewasa, tertarik untuk wisata ke sini!

13. Bukit Gronggong

Nyenangin hati pasangan tidak melulu selalu dengan memberi sesuatu berupa barang yang bernilai. Mengajak pasangan anda ke tempat romantis pun tentu akan menyenangkan hati pasangan anda, benar nggk!

Nah, ada satu tempat wisata di Cirebon yang sudah cukup lama terkenal sebagai tempat yang romantis. Bukit Gronggong, yah bukit ini dari dulu hingga kini terkenal sebagai salah satu tempat romantis untuk menghabiskan waktu bersama pasangan anda.

Bukit Gronggong
Bukit Gronggong (Foto: kesiniaja.com)

Bukit Gronggong ini sangat mudah ditemukan karena berada di jalan raya Cirebon yang menuju Kota Kuningan. Dari puncak Bukit Gronggon ini anda akan melihat pemandangan Kota Cirebon dari atas, sangat keren jika anda ke sini saat malam hari.

Anda hanya dikenakan biaya parkir Rp 2.000 jika ke Bukit Gronggong ini. Selanjutnya anda tinggal mencari tempat yang romantis bersama pasangan anda.

Tak hanya itu, tempat wisata di Cirebon ini juga banyak restoran dan penjual jagung bakar, anda tinggal mengikuti selera anda dan pasangan anda.

14. Telaga Remis

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya berupa telaga. Suasana tenang langsung menyapa saat anda menginjakkan kaki anda di Telaga Remis ini. Anda yang sedang mencari ketenangan ditengah banyaknya pekerjaan sangat cocok berkunjung ke telaga ini.

Tempat wisata di Cirebon ini berada di wilayah perbatasan antara Cirebon dan Kuningan, tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Walaupun berada di perbatasan namun objek wisata ini masih masuk dalam wilayah Cirebon. Hal ini membuat Telaga Remis ini dikenal sebagai salah satu objek wisata yang ada di Cirebon.

Telaga Remis
Telaga Remis (Foto: indonesiakaya.com)

Nama Telaga Remis sendiri diambil dari bahasa sunda, nama “Talaga” yang artinya telaga/danau dan “Remis” adalah sejenis kerang berwarna kuning yang memang banyak ditemukan di telaga ini.

Suasana asri nan sejuk sangat terasa pada tempat wisata di Cirebon ini karena disekelilingnya banyak terdapat pohon-pohon pinus yang tumbuh subur, anda bisa menikmati kesejukan udara dan panorama alami dengan berjalan-jalan disekitar telaga.

Tak hanya jalan-jalan, anda pun bisa menikmati Telaga Remis ini dengan bersepeda air ditengah telaga yang mempunyai air yang jernih ini.

Bersepeda Air di Telaga Remis
Bersepeda Air di Telaga Remis (Foto: indonesiakaya.com)

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1.000 untuk parkir motor, Rp 2.500 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk bus.

Hampir lupa, ada sebuah mitos tentang tempat wisata di Cirebon ini yang berkembang dari mulut ke mulut. Mitos itu menyebutkan, orang yang datang ke telaga ini bersama pasangannya akan putus hubungan dengan kekasihnya. Namun tentu itu hanya sebuah mitos yang kebenarannya sangat sulit untuk dibuktikan.

15. Keramat Plangon

Di desa Sumber Babakan ada sebuah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, namanya Keramat Plangon. Tempat wisata di Cirebon ini menawarkan berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alamnya yang indah, nuansa mistis yang kental dan juga sejarah yang terkait dengannya.

Keramat Plangon
Keramat Plangon (Foto: paseban.org)

Plangon ini berasal dari kata “tegal klangenan” yang mempunyai arti sebuah tempat atau bukit untuk menenangkan. Keramat Plangon ini terdiri dari bukit-bukit dan uniknya tempat ini dijaga oleh kera-kera yang hidup berkembang biak disekitar area ini.

Uniknya lagi, kera-kera yang hidup pada tempat wisata di Cirebon ini mempunyai seekor Raja yang memiliki postur yang lebih besar dari kera-kera lainnya. Terkadang tiap tahunnya Raja Kera ini akan mempertahankan tahtanya dengan berduel dengan kera-kera pesaing yang ingin merebut tahtanya.

Kera-kera di Keramat Plangon
Kera-kera di Keramat Plangon (Foto: myzoziemen.files.wordpress.com)

Biasanya tempat wisata di Cirebon ini akan sangat ramai dikunjungi pada tanggal-tanggal tertentu seperti pada tanggal 2 Syawal, 11 Dzulhijjah dan 27 Rajab. Orang ramai berkunjung pada tanggal-tanggal tersebut untuk bersiarah ke makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejakasan yang berada di objek wisata ini. Kedua makam ini dipercaya punya hubungan erat dengan sejarah berdirinya Keramat Plangon ini.

16. Setu Patok

Setu Patok Merupakan sebuah bendungan atau waduk yang berlokasi di Desa Setu, Kecamatan Muncu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Orang sering menyebut dengan danau tobanya Cirebon dikarenakan adanya pulau ditengah-tengah waduk walaupun tidak ada yang spesial dari pulau tersebut.

Di apit dengan gunung dan bukit-bukit membuat panorama alam disekitarnya sangat indah khususnya pagi dan siang hari.

Setu Patok
Setu Patok (Foto: aliminiaincirebon.blogspot.com)

Dengan luas sekitar 175 hektar banyak hal yang bisa anda lakukan pada tempat wisata di Cirebon ini, mulai dari memancing, mandi di danau, mengelilingi Setu Patok dengan perahu ataupun sepeda air yang ada di pinggir danau hingga piknik bersama keluarga anda.

Kedepannya, jika danau ini dikembangkan dan memang masih bisa dikembangkan dengan adanya lahan seluas 7 hektar pasti danau ini akan sangat ramai.

17. Wanawisata Ciwaringin

Sangat alami, kata itu sangat pas menggambarkan salah satu tempat wisata di Cirebon ini. Objek wisata Wanawisata Ciwaringin. Objek wisata ini berada di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Anda yang punya hobi berpetualang di alam liar pastinya tidak boleh melewatkan untuk datang berwisata di Wanawisata Ciwaringin ini.

Panorama alam yang indah dibalut dengan keaslian alamnya yang masih terjaga membuat tempat wisata di Cirebon ini begitu pas untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama keluarga anda.

Begitu masuk ke kawasan objek wisata ini anda akan langsung disambut dengan pepohonan hijau nan rindang yang di dominasi oleh pohon kayu putih yang tumbuh subur di Wanawisata Ciwaringin ini. Panorama alam yang indah dan tentunya masih sangat alami dijamin akan menghilangkan segala kepenatan anda.

Wanawisata Ciwaringin
Wanawisata Ciwaringin (Foto: cireboninternet.com)

Anda yang mempunyai hobi memancing juga tidak boleh melewatkan untuk menyalurkan hobi anda di objek wisata ini. Karena di Wanawisata Ciwaringin ini ada sebuah danau yang bernama Danau Ciranca. Di danau ini anda bisa menghabiskan waktu anda memancing dan tentunya membawa pulang hasil tangkapan anda.

Tak hanya itu, tempat wisata di Cirebon ini juga mempunyai arena motor cross yang terkadang digunakan saat ada event-event balap motor cross di Cirebon.

Masih belum cukup!

Jika anda belum puas, masih ada hal yang menarik di Wanawisata Ciwaringin ini yaitu, Taman Kera Kalijaga Cirebon. Taman merupakan sebuah situs yang dipercaya sebagai petilasan dari Sunan Kalijaga. Seperti di Keramat Plangon, di Taman Kera Kalijaga Cirebon ini juga dihuni oleh kera-kera yang jumlahnya tidak sedikit, kerenkan.

18. Wisata Kuliner Cikalahang

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini akan menaikkan timbangan anda. Punya hobi makan-makan, khususnya makan ikan! Nah, jika anda pecinta kuliner khususnya ikan tentu tidak boleh melewatkan untuk berwisata kuliner di Cikalahang ini.

Cikalahang adalah sebuah desa yang tidak begitu jauh dari Telaga Remis, kurang lebih 6 km dari pusatkota Cirebon. Cikalahang terkenal dengan olahan kuliner ikan-ikannya yang sangat jarang kita jumpai di daerah manapun.

Wisata Kuliner Cikalahang
Wisata Kuliner Cikalahang (Foto: pegipegi.com)

Posisi tempatnya yang strategis karena berada dikaki gunung Ciremai dan sekelilingnya ada beberapa telaga, cottage dan kolam renang membuat Cikalahang jadi rujukan wisata kuliner di Cirebon.

Ada banyak tempat-tempat makan di daerah ini mulai dari warung-warung hingga resto-resto yang menyajikan ikan sebagai menu andalannya tentu akan memuaskan perut anda.

Ingin merasakan ikan dari jerih payah anda sendiri! Nah, di Cikalahang ini anda bisa menangkap ikan anda sendiri dengan cara memancingnya. Ikan tangkapan inilah yang bisa anda santap dengan pilihan olahan anda sendiri.

19. Wisata Kuliner Nasi Jamblang

Tak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata di Cirebon namun belum pernah mencicipi Nasi Jamblang. Dari namanya pasti akan terdengar aneh buat anda.

Nama Jamblang sendiri merupakan nama sebuah daerah yang berada di sebelah barat Kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut.

Ada ciri khas dari Nasi Jamblang yang masih dipertahankan hingga kini yaitu, penggunaan daun jati sebagai pembungkus nasinya dan selalu di sajikan dengan cara prasmanan. Hal ini tentu menambah originalitas Nasi Jamblang itu sendiri.

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang (Foto: febrymmeuthia.com)

Biasanya menu-menu yang disajikan untuk Nasi Jamblang ini seperti, sambal goreng, tahu, tempe, sayuran segar, daging, paru-paru, perkedel, sate kentang, telur dadar maupun goreng (Mata Sapi) yang di sambal, ikan asin dan semur ikan.

Satu hal yang menarik, ternyata mantan Presiden kita Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat gemar makan Nasi Jamblang ini. Jika ke Cirebon, pak SBY selalu menyempatkan diri untuk makan Nasi Jamblang Mang Dul yang sudah menjadi langganan dari mantan presiden ke-6 Republik Indonesia ini.

Tak jarang sewaktu masih menjabat sebagai presiden R.I, pak SBY terkadang menyuruh ajudannya untuk membelikan Nasi Jamblang ini di Cirebon. Jadi ngilerrr…hehehe

20. Wisata Kuliner Empal Gentong

Satu lagi kuliner asli Cirebon yang tidak boleh anda lewatkan jika berwisata ke Cirebon yaitu, Empal Gentong.

Empal Gentong ini adalah sebuah soto gule khas Cirebon. Cara pengolahan Empal Gentong ini sangat original karena dimasak dalam sebuah gentong besar yang terbuat dari tanah liat dan apinya dari kayu bakar.

Empal Gentong
Empal Gentong (Foto: justtryandtaste.com)

Empal Gentong ini terbagi dua, Empal Gentong yang berkuah santan yang di atasnya ditaburi dengan kucai dan Empal Gentong Asem yang mempunyai kuah bening dengan rasa yang sedikit asem karena memang diberi belimbing.

Anda yang ingin mencoba Empal Gentong ini bisa berkunjung ke daerah Plered di Cirebon. Ada banyak sekali rumah makan yang menyediakan Empal Gentong ini sebagai menu andalannya yang tentu rasanya akan berbeda-beda tergantung tangan yang mengolah masakan Empal Gentong ini.

Itulah daftar tempat wisata di Cirebon yang bisa anda pilih untuk menghabiskan liburan anda bersama keluarga. Jika merasa terbantu dengan artikel ini, bantu kami dengan membagikan artikel ini di media-media sosial.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/02/tempat-wisata-di-cirebon.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/02/tempat-wisata-di-cirebon-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaTempat Wisata di Cirebon,Tempat Wisata di Jawa BaratTempat Wisata di Cirebon. Cirebon yang berasal dari kata cai (Air) dan Rebon (Udang Kecil) merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pertumbuhan sangat pesat setelah Kota Bandung dan Bekasi. Di samping terkenal dengan berbagai peninggalan agama Islamnya ternyata tempat wisata di Cirebon juga tidak kalah dengan berbagai tempat wisata alam...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia