Tempat Wisata di Bandung. Sejak liburan dan jalan-jalan menjadi bagian dari gaya hidup, beberapa daerah di Indonesia terus berbenah dan memoles keindahan alam daerahnya masing-masing, tidak terkecuali dengan #Kabupaten Bandung.

Kabupaten Bandung menyimpan begitu banyak keindahan dan panorama alam yang tentu tidak akan anda temukan di daerah lain.

Nah, jika saat ini anda punya rencana untuk liburan ke Bandung beberapa informasi tempat wisata yang ada di Bandung yang kami muat diartikel ini tentu akan membantu anda menentukan pilihan objek wisata apa saja yang wajib anda kunjungi di Bandung.

Tempat Wisata di Bandung Paling Populer

wisata bandung
Wisata bandung

Karena Kabupaten Bandung berada di daerah ketinggian maka sebagian besar tempat wisata di Bandung berada di daerah ketinggian.

Ini sama halnya dengan beberapa tempat wisata di Malang yang sebagian besar berada di daerah pegunungan.

Penasaran dengan tempat wisata apa saja yang ada di Kabupaten Bandung!

Berikut Daftar Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya yang wajib anda kunjungi jika sedang berwisata ke Bandung.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Kami menempatkan Gunung Tangkuban Perahu diurutan pertama tempat wisata di Bandung yang paling populer bukan tanpa alasan.

Tempat wisata alam di Bandung ini merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Bandung.

Tangkuban Perahu punya segudang cerita dan salah satunya yang melekat hingga kini adalah cerita rakyat yang melegenda yakni, Sangkuriang.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga kini dan gunung ini terbilang unik dikarenakan bentuknya seperti perahu yang terbalik.

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu (Foto: indonesiaexplorer.net)

Hal ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang dikisahkan menendang perahu hingga terbalik dan menjadi sebuah gunung yang terlihat hingga saat ini.

Lokasi gunung ini berada sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung.

Diapit dengan rerimbunan pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya membuat Gunung Tangkuban Perahu begitu indah dan terlihat kokoh.

Jika anda akan berwisata ke gunung tangkuban perahu , anda perlu menyediakan baju hangat karena cuaca pada siang hari disekitar gunung tangkuban perahu berada dikisaran 17 derajat Celsius dan pada malam hari akan lebih ekstrim lagi yakni, 2 derajat Celcius.

2. Kawah Putih

Tempat wisata di Bandung selanjutnya adalah Kawah Putih. Destinasi wisata ini terletak di daerah Ciwidey dan berada 50 km di selatan Kota Bandung.

Kawah ini merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha.

Untuk bisa sampai di lokasi Kawah Putih, anda bisa mencoba salah satu rute perjalanan sebagai berikut:

Jika anda dari luar Bandung yang membawa kendaraan roda empat, anda dapat melewati jalur pintu keluar Tol Kopo, kemudian melewati Sayati yang dilanjutkan ke Soreang dan dari Soreang anda bisa melanjutkan perjalanan ke Ciwidey.

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey (Foto: kawah-putih.com)

Alternatif lain, anda bisa menggunakan jalur tol Buah Batu untuk bisa sampai ke Ciwidey.

Namun jika anda memilih kendaraan umum untuk ke lokasi Kawah Putih, anda bisa menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang kemudian ke Ciwidey dan terakhir ke lokasi kawah.

Objek wisata ini mulai buka jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Harga tiket masuk ke Kawah Putih ini Rp 15.000/orang pada hari biasa maupun libur.

3. Danau Situ Patenggang

Letak danau Situ Patenggang ini cukup dekat dari lokasi Kawah Putih, hanya berjarak 7 km dari Kawah Putih. Jadi alangkah baiknya anda langsung ke kawasan ini jika dari Kawah Putih.

Danau ini berada pada daerah ketinggian, 1600 meter Dari Permukaan Laut (DPL). Jika anda baru pertama kali ke kawasan ini, anda akan takjub dengan keindahan panorama alam yang terhampar.

Di sekelilingnya ada kebun teh hijau yang terbentang luas dengan indahnya.

Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang (Foto: kompas.com)

Untuk masuk ke Situ Patenggang, anda akan dikenakan biaya tiket Rp 15.000/orang di luar biaya parkir jika anda masuk menggunakan kendaraan.

Anda bisa mengelilingi danau Situ Patenggang ini menggunakan perahu yang cukup banyak disediakan untuk wisatawan dan tentunya aman karena kondisi perahu yang cukup terawat.

Objek wisata ini sangat bagus menjadi destinasi liburan anda bersama keluarga.

Anda pun tidak perlu khawatir jika kemalaman, karena disekitar kawasan banyak disediakan hotel, resor hingga villa yang cukup menampung keluarga anda tentunya.

4. Curug Dago

Curug Dago merupakan tempat wisata alam di Bandung berupa air terjun dengan ketinggian air terjun 12 meter dan berada pada ketinggan 800 meter DPL.

Curug ini berada di daerah Bukit Dago yang masih masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda, Bandung atau yang sering disebut Dago Pakar.

Sekilas tentang Dago Pakar: Dago Pakar diresmikan pertamakali oleh Presiden Soeharto pada 14 Januari 1985 sebagai taman nasional. Dago Pakar kaya akan tumbuh-tumbuhan dan hewan yang dilindungi. Tak heran jika tempat ini juga dijadikan konservasi alam dan pusat penelitian botani.

Curug Dago
Curug Dago (Foto: sebandung.com)

Terbentuknya curug ini berasal dari kikisan air dari sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya.

Objek wisata ini tidak begitu dikenal seperti halnya Kawah Putih dan danau Situ Patenggang karena lokasinya yang cukup tersembunyi dan kurangnya promosi.

Namun kondisi tempat wisata ini cukup memprihatinkan dengan banyaknya sampah disepanjang aliran sungai dan kondisi air yang tak lagi jernih karena pembukaan lahan pemukiman diatas Curug.

Tapi tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri dan keluarga untuk berkunjung ke lokasi wisata Curug Dago yang merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Bandung.

5. Pemandian Air Panas Ciater

Ciater atau Sari Ater menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan.

Objek wisata ini berada di perbatasan Kabupaten Subang dan tidak begitu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, kira-kira hanya 7-8 km dari Gunung Tangkuban Perahu.

Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater (Foto: infojalanjalan.com)

Tersedotnya perhatian masyarakat ke tempat wisata ini karena di samping sebagai sarana tempat rekreasi mengasikkan bagi keluarga, Air Panas Ciater yang berasal dari salah satu kawah aktif gunung Tangkuban Perahu ini juga dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya mengobati penyakit kulit, terapi penyembuhan sakit rematik, gangguan syaraf dan tulang.

Sumber mata air panas yang terdapat dibeberapa lokasi pemandian disajikan dalam bentuk kolam pemandian dan kamar-kamar untuk berendam.

Dengan luas 30 hektare menjadikan objek wisata ini yang terbesar di Jawa Barat.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini juga cukup terjangkau hanya Rp 28.000/orang dengan fasilitas yang cukup lengkap.

6. Pemandian Air Panas Cimanggu

Lagi-lagi tempat wisata di Bandung ini air panas. Jangan heran jika banyak pemandian air panas di sekitar Gunung Tangkuban Perahu karena memang Gunung ini masih aktif.

Air yang keluar dari perut Gunung ini tentunya akan panas dan mengandung belerang disebabkan magma yang ada di dalam perut gunung.

Destinasi wisata alam Bandung pemandian air panas Cimanggu ini terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Objek wisata ini juga menjadi salah satu primadona bagi wisatawan yang datang dari luar daerah.

Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu (Foto: wisatakita.net)

Letaknya yang berada dibawah kaki pegunungan sangat menguntungkan bagi anda yang ingin melepas lelah sehabis menikmati panorama alam Gunung Tangkuban Perahu.

Fasilitas yang ada juga cukup lengkap dengan adanya sejumlah penginapan dan pondokan yang cukup menampung anda dan keluarga jika datang ke air panas Cimanggu ini.

7. Sendang Geulis Kahuripan

Tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini merupakan tempat wisata alam di Bandung yang terbilang cukup baru dan langsung jadi trend dikalangan wisatawan.

Lihat saja di berbagai media sosial, banyak sekali wisatawan atau yang lebih dikenal dengan sebutan traveler yang mengunggah foto-foto mereka yang tengah berada di lokasi tempat wisata alam Bandung ini.

Mata air yang keluar dari dalam tanah ini benar-benar alami dan sangat jernih. Suasana pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan menambah suasana alam di tempat wisata ini.

Belum lagi latarbelakang bebatuan yang tersusun alami di sekitar tempat wisata ini tentu menambah keindahannya. Tempat wisata alam ini sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk bersantai di akhir pekan.

Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan (Foto: petatempatwisata.com)

Jika anda berkunjung ke tempat wisata alam Sendang Geulis Kahuripan ini sebaiknya anda memang telah menyiapkan baju ganti karena memang destinasi alam ini sangat cocok jika anda santai sambil berendam bersama keluarga.

Namun untuk ke objek wisata ini anda disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena jalan ke lokasi wisatanya masih sangat sempit, susah untuk dilalui kendaran roda empat.

Untuk tiket masuk ke daerah ini terbilang cukup murah, anda hanya dikenakan biaya Rp 10.000/orang.

Fasilitas yang ada pada tempat wisata ini juga cukup lengkap mulai dari tempat mandi air bersih, kamar ganti pakaian, saung tempat istirahat, lahan parkir dan tentu warung-warung yang menyediakan berbagai jenis makanan untuk memanjakan perut anda.

8. Ranca Upas

Bagi anda yang senang dengan suasana alam di malam hari maka Ranca Upas adalah jawabannya.

Tempat wisata alam ini di desain sebagai bumi perkemahan bagi pengunjung yang gemar berwisata alam sekaligus wisata kuliner.

Berada pada ketinggian 1700 meter DPL, Ranca Upas ini merupakan destinasi favorite bagi travelers yang gemar menaklukkan suhu udara dingin dimalam hari dengan cara berkemah ataupun camping bersama teman-teman.

Ranca Upas
Ranca Upas (Foto: klikhotel.com)

Sebagai salah satu kawasan hutan lindung, tempat wisata ini memiliki luas areal 215 hektar.

Sebagai hutan lindung, Ranca Upas ini juga menjadi rumah bagi beberapa tumbuhan langka dan juga hewan yang di lindungi.

Tiket masuk ke tempat wisata alam Bandung ini hanya Rp 10.000/orang dan di dalam lokasi juga tersedia fasilitas bermain bagi anda yang senang dengan kegiatan oubond.

9. Curug Malela

Wisata Bandung berikutnya yang cukup terkenal adalah Curug Malela.

Anda pernah mendengar air terjun Niagara!

Air terjun besar dari sungai Niagara yang berada di perbatasan internasional, New York, Amerika Serikat dengan Ontario, Kanada.

Yah, di Bandung pun ada Niagara versi mini yaitu, Curug Malela.

Tempat wisata alam yang terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat ini belum begitu banyak yang tahu karena akses jalan untuk ke lokasi ini cukup sulit.

Curug Malela
Curug Malela (Foto: irhamfaridh.com)

Jika anda akan berwisata ke sini tidak disarankan membawa anak kecil karena medannya yang cukup sulit, butuh waktu hingga 5 jam perjalanan untuk sampai ke tempat ini.

Jika biasanya curug itu menjulang tinggi beda halnya dengan Curug Malela. Curug ini malah melebar sekitar 50 meter dengan ketinggian kira-kira 60-70 meter.

Kelelahan akan terbayarkan dengan sajian pemandangan alam di Curug Malela yang begitu indah khas tempat wisata di Bandung.

10. Dusun Bambu Lembang

Tempat wisata alam di Bandung yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin membawa keluarga untuk berlibur.

Kondisi alam yang masih sangat alami membuat destinasi wisata yang terletak di kaki gunung Burangrang Cisarua Lembang ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Dusun Bambu Lembang
Dusun Bambu Lembang (Foto: sky-adventure.com)

Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan restoran maupun villa yang tentu akan membuat anda ingin berlama-lama menghabiskan waktu di sini.

Tak hanya itu, Dusun Bambu Lembang juga menyediakan tempat bagi anda yang ingin mengadakan kegiatan outbond bersama keluarga.

Walaupun terbilang baru, objek wisata Bambu Lembang ini langsung melejit sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi.

11. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang cukup dikenal bagi travelers yang gemar mencari lanscape (Pemandangan) indah dari ketinggian.

Hanya dari Gunung Batu inilah semua gunung-gunung yang berada di Kabupaten Bandung ini bisa terlihat sempurna.

Gunung Batu ini terletak di desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang ini berasal dari patahan Lembang ini berupa perbukitan yang melintang dari timur ke barat sekitar 300 meter dan memanjang sejauh 22 km dengan ketinggian kurang lebih 200 meter.

Jadi perbukitan ini sangat mudah untuk dijangkau.

Gunung Batu Lembang
Gunung Batu Lembang (Foto: kompas.com)

Apabila anda berada di puncak Gunung Batu Lembang maka dari arah utara akan terlihat gunung Tangkuban Perahu, gunung Burangrang dan gunung Putri.

Jika cuaca cerah juga akan terlihat gunung Bukit Tunggul dan gunung Palasari. Di arah timur juga akan nampak dengan samar-samar Gawir Patahan Lembang.

Waktu yang tepat untuk hicking ke Gunung Batu ini adalah pagi hari untuk melihat sunrise ataupun sore hari untuk melihat sunset.

Jika punya agenda liburan di Bandung, tidak ada salahnya bagi anda untuk meluangkan waktu untuk berkunjung ke  Gunung Batu.

12. Gunung Puntang

Gunung Puntang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung bagian selatan yang rame dikunjungi pada akhir pekan.

Dengan ketinggian 2223 meter DPL, gunung ini mempunyai berbagai panorama yang indah disekitarnya.

Tak hanya itu, gunung ini menjadi salah satu saksi sejarah penjajahan Belanda di Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat.

Hal itu bisa dibuktikan dengan terdapatnya peninggalan zaman kolonialisme di gunung ini berupa gua Belanda.

Gunung Puntang
Gunung Puntang

Gunung Puntang juga tercatat pernah digunakan sebagai stasiun terbesar dan pemancar radio pertama di Asia Tenggara.

Stasiun radio ini dulu digunakan untuk menyiarkan berita ke seluruh dunia, reruntuhan bangunannya masih ada hingga saat ini.

Objek wisata ini juga terkenal sebagai bumi perkemahan yang di dominasi oleh wisatawan-wisatawan muda yang punya jiwa petualang karena kerap dijadikan tempat favorit untuk camping dan tempat berkemah.

Bekas Stasiun Radio Belanda
Bekas Stasiun Radio Belanda

Letak bumi perkemahan gunung Puntang berada di ketinggian 1300 meter DPL yang menjadikan suhu udaranya cukup dingin.

Bagi anda yang senang dengan kegiatan yang menantang anda bisa mencoba beberapa kegiatan seperti hicking, trecking ataupun downhill dengan menunggangi sepeda yang bisa anda sewa di sekitar objek wisata ini.

13. Tebing Keraton

Selanjutnya tempat wisata di Bandung yang sedang fenomenal adalah Tebing Keraton.

Bagi anda yang senang mengambil potret pemandangan-pemandangan alam yang indah, Tebing Keraton salah satu jawabannya.

Karena di tebin ini, sepanjang mata memandang hanya ada hutan dengan lanscape yang sangat luar biasa.

Lokasi objek yang masih berada pada kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda menyuguhkan pemandangan hutan yang spektakuler dari ketinggian.

Tebing Keraton ini beralamat di kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial.

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto: traveloista.com)

Karena lokasinya tebing maka yang perlu di perhatikan jika anda ke tempat ini adalah pijakan anda.

Jangan terlalu memaksakan diri berfoto di bebatuan yang letaknya agak berbahaya karena kondisi tanah kering yang berpasir bisa saja licin jika anda pijak.

Walaupun sekarang telah dikelilingi dengan pagar pengaman namun tetap saja sangat berbahaya jika anda membawa anak kecil untuk datang ke tempat wisata ini.

14. Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang terbilang baru sebagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Bandung.

Objek wisata ini resmi dibuka pada tanggal 23 September 2014 oleh Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten.

Lokasinya yang berada pada ketinggian 1442 meter DPL, membuat suhu udara disekitarnya cukup dingin baik siang maupun malam hari.

Jika anda mencari waktu yang paling tepat untuk ke sini maka waktu yang paling tepat untuk ke lokasi ini pada malam hari.

Namun bisa saja anda ke bukit ini pada sore hari untuk sekedar jalan-jalan di sekitaran hutan pinus yang tumbuh subur di bukit sambil menunggu malam hari.

Bukit Bintang Bandung
Bukit Bintang Bandung (Foto: sukagitu.com)

Pada malam hari pemandangan dari Bukit Bintang ke Kota Bandung akan sangat indah. Gemerlap kota Bandung dengan lampu-lampunya terlihat seperti bintang-bintang yang ada dilangit.

Jangan heran jika di lokasi ini terkadang di dominasi oleh pasangan muda mudi sedang memadu kasih karena memang tempat ini cukup romantis, apalagi di dukung dengan cuaca yang cukup dingin.

Untuk tiket masuk ke tempat wisata ini juga terbilang cukup murah, Rp 2.000/orang di hari biasa dan Rp 3.000/orang dihari libur.

15. Puncak Ciumbuleuit

Sama halnya Bukit Bintang, Puncak Ciumbuleuit atau yang lebih dikenal dengan sebutan Punclut ini juga berada di ketinggian yang memberikan pemandangan spektakuler kota Bandung di ketinggian pada malam hari.

Tak hanya itu, Bukit Bintang merupakan dataran tinggi atau bukit yang paling terdekat dengan kota Bandung.

Puncak Ciumbeleuit
Puncak Ciumbeleuit (Foto: katalogwisata.com)

Lokasi objek wisata ini berada di daerah Bandung bagian utara yang mempunyai ketinggian 1000 meter DPL dengan luas area 290 hektar.

Udara yang ada di kawasan ini sangat sejuk baik siang maupun malam hari sehingga kawasan ini kerap digunakan untuk sekedar lari-lari pagi bagi masyarakat Bandung.

Disekitar objek wisata juga banyak terdapat warung makan yang rata-rata menggunakan gaya lesehan dan menyediakan aneka masakan khas Sunda.

Jadi tidak akan lengkap rasanya jika anda berwisata di tempat ini tanpa mencoba berbagai macam kuliner khas orang Sunda.

16. Taman Wisata Alam Maribaya

Terletak di daerah Bandung bagian utara, taman wisata alam Maribaya yang dahulu sering identikkan sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang kotor dan kumuh kini sudah bersih dan tertata rapi seiring bergantinya manajemen yang mengelola tempat wisata ini.

Saat ini taman wisata alam Maribaya telah berganti nama menjadi Maribaya Resort Bandung dan resmi kembali dibuka untuk umum pada Juli 2015.

Taman Wisata Alam Maribaya
Taman Wisata Alam Maribaya

Manajemen yang baru berhasil merubah tempat wisata alam ini dengan konsep yang berbeda dan tentunya dengan fasilitas yang lengkap di dalamnya.

Anda cukup merogoh kocek Rp 35.000/orang untuk tiket masuk dan Rp 5.000 untuk biaya parkir jika anda datang dengan berkendara motor.

Maribaya Resort Bandung ini terletak kurang lebih 6 KM dari pasar Lembang atau kurang lebih 14 KM dari pusat kota Bandung.

Objek wisata ini juga menawarkan berbagaiwisata alam yang bisa anda nikmati, seperti air terjun Maribaya, tapak Halimun, Ampitheatre Bale Pinton, kolam rendam air panas dan juga kolam Talaga Giri.

17. Farm House Lembang

Sejak di buka pada bulan Desember 2015, Farm House langsung menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang populer.

Mengusung gaya Eropa klasik menjadikan tempat wisata ini begitu pas untuk berakhir pekan bersama keluarga.

Di Farm House anda akan menemukan peternakan ala eropa, area perkebunan yang produktif dan rumah-rumah kurcaci seperti dalam film The Hobbit.

Di sekitar lokasi juga menyediakan pakaian ala eropa tempo dulu yang bisa anda sewa untuk ber-selfie ria di beberapa spot yang bagus untuk berfoto.

Farm House Lembang
Farm House Lembang (Foto: urbandung.com)

Akses ke tempat wisata ini juga begitu mudah karena masih berada di jalan utama lembang, kurang lebih 2 KM sebelum hotel Grand Lembang.

Harga tiket masuk ke Farm House terbilang murah, hanya Rp 20.000/orang.

Anda pun tak perlu khawatir membawa kendaraan ke Farm House ini karena dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas.

18. Trans Studio Bandung

Tidak sah rasanya jika tidak memasukkan Trans Studio Bandung ke jajaran tempat wisata di Bandung yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Mengikuti sukses Trans Studio Makassar yang lebih dahulu ada, Trans Studio Bandung langsung menyedot perhatian wisatawan yang sedang berlibur di Bandung.

Objek wisata sepertinya tidak pernah absen dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisatawan yang datang bersama keluarga dan anak-anak.

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung

Taman bermain indoor terbesar yang ada di Asia bahkan dunia ini menghadirkan banyak wahana bermain bersama keluarga dan terbagi menjadi 3 kawasan, yaitu:

  1. Studio Central (Bernuansa Broadway).
  2. Lost City (Bernuansa Alam).
  3. Magic Corner  (Bernuansa Mistis).

Pada setiap kawasan terdapat berbagai macam permainan yang namanya disesuaikan dengan nama-nama acara yang ada di Trans TV maupun Trans7.

Karena berada dalam ruangan, anda tidak perlu khawatir dengan terik matahari ataupun hujan jika berada dalam Trans Studio Bandung.

19. Sanghyang Heuleut

Makin banyak saja yah tempat wisata di Bandung, baik yang baru populer ataupun memang baru ditemukan.

Nah, anda yang sedang mencari keindahan di tempat-tempat tersembunyi sepertinya mesti menginjakkan kaki anda di Sanghyang Heuleut.

Tempat wisata alam ini merupakan sebuah kolam alami, lebih tepatnya disebut danau yang berukuran mini yang dikelilingi bebatuan dan bukit-bukit.

Danau berukuran kecil ini mirip dengan Danau Biru yang berada di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Lokasi objek wisata ini berada di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat.

Objek wisata ini betul-betul masih alami karena memang belum ada campur tangan pemerintah di dalamnya dan belum diresmikan.

Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut (Foto: jadiberita.com)

Sanghyang Heuleut cukup terkenal dengan spot pemandangannya yang memang keren dan cukup indah untuk dijadikan backround pemotretan.

Lihat saja diberbagai media sosial, banyak sekali travelers yang mengunggah gambar mereka dengan backround Sanghyang Heuleut ini.

Tak hanya itu, airnya yang jernih begitu menggoda seolah merayu kita untuk berendam ke dalam danau.

Pasti mengasyikkan menghabiskan waktu berendam bersama teman ataupun keluarga di Sanghyang Heuleut ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Bandung yang sering dikunjungi oleh wisatawan jika berada di Bandung. Kami akan terus mengupdate artikel ini untuk memberi informasi tempat-tempat wisata yang baru di Bandung kepada anda. So, stay tune di blog wisata ini yah.

http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2016/11/tempat-wisata-di-bandung.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2016/11/tempat-wisata-di-bandung-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaTempat Wisata di Bandung,Tempat Wisata di Jawa BaratTempat Wisata di Bandung. Sejak liburan dan jalan-jalan menjadi bagian dari gaya hidup, beberapa daerah di Indonesia terus berbenah dan memoles keindahan alam daerahnya masing-masing, tidak terkecuali dengan #Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung menyimpan begitu banyak keindahan dan panorama alam yang tentu tidak akan anda temukan di daerah lain. Nah, jika saat...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia