Tempat wisata alam di Jakarta. Dari judulnya saja pasti anda penasaran, masa sih ada tempat wisata alam di Jakarta!

Wajar anda berpikir seperti itu karena Jakarta memang terkenal sebagai pusat bisnis, kemacetannya dan banjir yang hampir tiap tahun melandanya.

Belum lagi dengan jumlah penduduknya yang telah hampir mencapai 11 juta jiwa, Jakarta seperti sudah kehabisan ruang untuk menampung penduduknya makin hari bertambah jumlahnya.

Tapi jangan salah, karena di Jakarta pun juga punya tempat wisata alam yang tidak kalah indah dengan berbagai tempat wisata alam di Bandung ataupun tempat wisata di Malang.

Nah, bagi anda yang sudah bosan berwisata di situ-situ saja seperti Monas, mall maupun pusat perbelanjaan, sepertinya anda perlu melirik alternatif lain.

Dan sebagai alternatif anda sekali-sekali bisa ke berbagai tempat wisata alam di Jakarta yang akan kami ulas di artikel ini.

Memang tempat wisata alam yang ada di Jakarta tidak sebanyak dengan tempat wisata di Jember ataupun tempat wisata di Cirebon namun soal keindahan dan pesona yang dimilikinya bisa di adu dengan daerah lain.

Tempat Wisata Alam di Jakarta (Jabodetabek)

Tempat Wisata Alam di Jakarta
Tempat Wisata Alam di Jakarta

Setidaknya Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) mempunyai 7 tempat wisata alam yang tentu akan memberi pengalaman wisata berbeda bagi anda dan keluarga.

Walaupun ada sebagian tidak 100% alami, namun karena tempatnya di alam bebas tentu anda setuju jika yang kami rangkum merupakan tempat wisata alam di Jakarta.

Berbagai objek wisata ini mempunyai keunikan dan daya tarik masing-masing sehingga tidak akan membuat anda bosan dan pastinya cukup menyenangkan.

Berikut daftar tempat wisata alam di Jakarta yang wajib anda kunjungi jika ingin mendapat pengalaman wisata yang berbeda.

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu (Foto: thejack.co)

Kami menempatkan Kepulauan Seribu di urutan pertama sebagai tempat wisata alam di Jakarta yang wajib anda kunjungi karena objek wisata ini memang terkenal hingga ke mancanegara.

Secara administrasi, Kepulauan Seribu ini masuk ke dalam Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) dan lokasi Kepulauan seribu ini berhadapan langsung dengan teluk Jakarta.

Namanya sih Kepulauan Seribu namun pulau yang ada di sini jumlahnya tidak sampai 1000, tepatnya hanya ada sekitar 110 pulau.

Dari 110 pulau ini hanya sekitar 12 pulau yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata, seperti pulau tidung, pulau semak daun, pulau bira, pulau pari, pulau harapan, pulau bidadari, pulau pramuka, pulau ayer, pulau kotok, pulau putri, pulau sepa dan pulau pentara.

Sisanya merupakan pulau-pulau pasir, karang dan juga pulau yang tidak berpenghuni.

Tertarik mengunjungi salah satu pulau tersebut!

2. Taman Suropati

Taman Suropati
Taman Suropati

Bagi anda yang tinggal di Ibukota Jakarta sepertinya tidak perlu pusing lagi mencari tempat berakhir pekan apalagi sampai keluar daerah mencari destinasi wisata.

Karena di Jakarta pun sudah begitu banyak tempat wisata yang bisa anda jelajahi, salah satunya Taman Suropati.

Objek wisata alam ini sebenarnya tidak alami amat karena terjadi bukan di sebabkan oleh alam namun karena objek wisata ini berada di alam bebas maka Taman Suropati ini kami anggap layak masuk dalam kategori tempat wisata alam di Jakarta yang wajib dikunjungi.

Sedikit informasi untuk anda, awalnya taman ini bernama G.J Bisshop, nama ini diambil dari nama walikota Batavia (Jakarta) masa lalu namun di ganti menjadi Taman Suropati.

Letaknya yang strategis karena berada di pusat kawasan Menteng membuat taman ini begitu rame dikunjungi pada hari-hari biasa maupun di akhir pekan.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di sini, mulai dari jalan santai, joging, hingga rekreasi. Suasanya yang nyaman dan alam sekitarnya yang asri membuat orang betah berlama-lama di sini.

Tak hanya itu, keberadaan Taman Suropati ini juga sangat penting terutama bagi negara ASEAN karena di taman ini ada beberapa monumen dari negara-negara ASEAN yang kelestariannya di jaga oleh Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Monumen-monumen itu diantaranya.

MONUMEN & ASAL NEGARA PERANCANG
Perdamaian, Harmonis dan Bersatu (Malaysia) Lee Kian Seng
Semangat ASEAN (Singapura) Wee Beng Chong
Perdamaian (Indonesia) Sunaryo
Persaudaraan (Thailand) Nonthivathn Chandhanapalin
Keharmonisan (Brunei Darussalam) Awang HJ Latirf Aspar
Kelahiran Kembali (Filipina) Luis E. Yee Jr

3. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Bergeser ke Utara sedikit tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara anda akan menemukan sebuah objek wisata berupa taman yang suasananya masih sangat alami, taman ini bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Tempat wisata ini terkenal dengan tanaman mangrovenya yang tumbuh subur disekitar objek wisata ini.

Suasana yang sejuk langsung terasa saat anda menginjakkan kaki di taman ini dan sejauh mata memandang hanya ada hamparan hijau tanaman mangrove.

Aktivitas apa saja yang bisa anda lakukan di taman ini!

Terkadang pengunjung yang datang ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini ingin menikmati udara yang sejuk. Mereka biasa menikmatinya denga berjalan-jalan disekitar taman ataupun bersepeda santai.

Namun anda yang ingin menikmati laut disekitar tempat wisata ini juga bisa menyewa perahu yang banyak di sekitar pantai kapuk dengan biaya sekitar Rp 250.000.

Tak hanya itu, di objek wisata ini anda juga bisa berpartisipasi untuk menjaga alam dengan cara menanam mangrove di sekitar taman.

Untuk menuju ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini juga cukup mudah, anda bisa menggunakan bus transjakarta melalui rute Monumen Monas yang menuju ke Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata alam di Jakarta selanjutnya adalah Kebun Binatang Ragunan.

Berdiri sejak tahun 1864 dengan luas lahan mencapai 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan ini mempunyai koleksi 295 spesies dan 4040 spesimen.

Kebun Binatang Ragunan juga tercatat sebagai kebun binatang pertama di Indonesia yang dulu bernama Planten En Dierentuin yang berarti Tanaman dan Kebun Binatang.

Dahulu, kebun binatang ini berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat dan hanya mempunyai luas sekitar 10 hektar. Pada tahun 1949, kebun binatang ini berubah nama lagi menjadi Kebun Binatang Cikini.

Barulah pada tahun 1969, kebun binatang ini kembali dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan berganti nama menjadi Kebun Binatang Ragunan yang hingga kini kita kenal.

Pada tahun 2015, Kebun Binatang Ragunan ini pernah ditutup selama kurang lebih 3 minggu karena ada beberapa hewan di kebun binatang ini yang terinsfeksi flu burung. Namun itu dahulu, sekarang sih aman-aman saja.

Pokoknya sangat menyenangkan berwisata ke Kebun Binatang Ragunan ini apalagi membawa anak-anak yang tentu akan belajar mengenali jenis-jenis hewan dan cara merawatnya.

Di samping itu, Kebun Binatang Ragunan ini masuk kategori salah satu tempat wisata di Jakarta yang murah meriah.

Mau bukti, coba saja cek tiket masuknya.

KETERANGAN TARIF TIKET, PARKIR & WAHANA
Dewasa (Tiket Masuk) Rp 4.000/orang
Anak-anak (Tiket Masuk) Rp 3.000/orang
Bus (Parkir) Rp 15.000
Mini Bus, Pick Up (Parkir) Rp 12.000
Mobil Pribadi/Sedang (Parkir) Rp 6.000
Motor (Parkir) Rp 3.000

5. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol

Siapa sih yang tidak kenal dengan objek wisata ini. Pastinya anda yang berada di sekitar Jabodetabek sudah sering mendengar nama Taman Jaya Impian Ancol.

Kami memasukkan objek wisata ini ke salah satu tempat wisata alam di Jakarta karena memang Taman Impian Jaya Ancol ini menggabungkan wisata alam dan juga buatan.

Dari mulai pertamakali di buka hingga kini Taman Impian Jaya Ancol selalu rame dikunjungi khususnya pada akhir pekan, Galaxy Waterpark Jogja saja sepertinya masih kalah rame.

Taman Impian Jaya Ancol ini begitu rame dikunjungi karena memadukan wisata alam, unsur seni dan juga budaya yang dikemas sangat baik untuk menarik minat masyarakat untuk datang berwisata ke tempat ini.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di sini, mulai dari bermain di pantainya yang jumlahnya bukan hanya satu namun pantai di objek wisata ini terbagi lima, pantai indah, ria, elok, festival dan carnaval beach club.

Panjang pantai keseluruhan sekitar 5 km atau 1/3 panjang Pantai Tanjung Lesung yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tak hanya itu, anda juga bisa mengajak putra putri anda untuk datang menikmati berbagai wahana di Dunia Fantasi (DUFAN), yang merupakan taman hiburan outdoor terbesar di Indonesia.

Belum puas! Anda juga bisa berkunjung ke Atlantis Water Adventure, Gelanggan Samudera hingga sea world, dijamin anda bakalan puas berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol ini.

6. Tanah Tingal

Tanah Tingal
Tanah Tingal (Foto: infobintaro.com)

Tempat wisata alam di Jakarta selanjutnya adalah Tanah Tingal. Saya yakin tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya ini masih sangat awam terdengar di telinga anda.

Objek wisata ini berada di daerah Tangerang, tepatnya Jl. Merpati Raja No.32, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kabupaten Tangerang, Banten.

Tanah Tingal ini merupakan sebuah hutan di tengah kota. Jika di ibaratkan, seperti sebuah sumur di tengah gurun karena lokasinya yang berada ditengah kota.

Kok bisa ada hutan di tengah kota, yah bisa dong…hehehe

Tanah Tingal ini merupakan milik keluarga Boediarjo, mantan menteri di masa-masa awal orde baru pada waktu itu.

Saking cintanya dengan alam, pak Boedi membuka lahan yang di jadikan sebagai tempat tinggal berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan yang dibiarkan berkembang biak.

Dengan lahan seluas 10 hektar banyak hal yang bisa anda lakukan di Tanah Tingal ini.

Mulai dari jalan-jalan menikmati sejuknya udara, mengamati berbagai jenis hewan, kegiatan outbond, wall climbing hingga bermain kayak di atas danau layaknya di Danau Situ Patenggang yang ada di Bandung.

Fasilitas yang ada pun di jamin komplit untuk melengkapi wisata anda di Tanah Tingal ini.

7. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank
Kandank Jurank Doank

Wah, yang ini benar-benar sangat alami dan mengedukasi. Yap, tempat wisata alam di Jakarta berikutnya adalah Kandank Jurank Doank.

Kandank Jurank Doank ini merupakan sekolah alam yang dikhususkan untuk anak-anak kampung kurang mampu yang berada di sekitar objek wisata ini. Namun seiring perkembangannya, Kampunk Jurank Doank ini terbuka bagi semua kalangan.

Tempat wisata alam di Jakarta ini mulai berdiri sejak tahun 1995 yang didirikan oleh artis dan juga sekaligus seniman, Dik Doank.

Lewat alam, anak-anak di sini belajar mengenal diri masing-masing dan menemukan potensinya.

Tempat wisata ini sangat menyenangkan bagi anak-anak, berbagai kegiatan seperti menggambar bersama yang di selenggarakan pada lapangan terbuka, pertunjukan seni mulai dari tarian, nyanyian hingga teater.

Tak hanya itu, di kompleks Kandank Jurank Doank ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan outbond seperti flying fox, berjalan di atas tali, bermain lumpur hingga menunggangi kerbau.

Kandank Jurank Doank juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan lapangan sepakbola.

Untuk informasi dan reservasi anda bisa mencari informasinya langsung di situsnya.

Itulah beberapa tempat wisata alam di Jakarta yang tentu wajib untuk anda kunjungi. Jika terasa bermanfaat, bantu kami dengan membagikan artikel ini di media sosial.

http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/03/tempat-wisata-alam-di-jakarta.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/03/tempat-wisata-alam-di-jakarta-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaTempat Wisata Alam di Jakarta,Tempat Wisata di JakartaTempat wisata alam di Jakarta. Dari judulnya saja pasti anda penasaran, masa sih ada tempat wisata alam di Jakarta! Wajar anda berpikir seperti itu karena Jakarta memang terkenal sebagai pusat bisnis, kemacetannya dan banjir yang hampir tiap tahun melandanya. Belum lagi dengan jumlah penduduknya yang telah hampir mencapai 11 juta jiwa, Jakarta...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia