Pantai Tanjung Lesung. Indonesia yang menempati urutan ke 2 dalam 10 besar negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia tentu dianugerahi dengan berbagai destinasi wisata pantai yang hampir merata disemua daerah. Dan salah satu destinasi yang lagi trend dikalangan para traveler adalah Pantai Tanjung Lesung.

Dari namanya, pantai Tanjung Lesung ini terdengar sedikit aneh namun perlu anda tahu, penamaan pantai ini terkait dengan dataran pantainya yang agak menjorok ke laut yang terlihat mirip lesung (Alat Penumbuk Padi Tradisional).

Pantai yang terletak di sebelah barat Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini mempunyai keunikan dan keindahan alam tersendiri. Pasir putih di sepanjang pantainya sangat padu-padan dengan air lautnya yang terlihat jernih.

Pasir Putih di Sepanjang Pantai Tanjung Lesung
Pasir Putih di Sepanjang Pantai Tanjung Lesung (Foto: anekatempatwisata.com)

Mempunyai luas sekitar 1500 Hektar dengan lokasi yang cukup jauh dan tersembunyi membuat pantai ini punya julukan surga yang tersembunyi.

Pantai Tanjung Lesung ini tidak kalah dengan wisata-wisata pantai di daerah lain seperti Bali ataupun Lombok yang terlebih dahulu dikenal. Bahkan pada tahun 2015 pantai Tanjung Lesung ini diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Banten oleh Presiden Joko Widodo.

Tentu ini menjadi suatu kebanggan bagi penduduk setempat yang mempunyai tempat wisata setara Bali dan Lombok yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat.

Wisata Pantai Tanjung Lesung

Hampir sama dengan umumnya wisata-wisata pantai yang ada di daerah lain, Tanjung Lesung juga menawarkan beragam wisata yang bisa anda coba jika berada di tempat ini. Mempunyai garis pantai dengan panjang 15 KM, membuat pantai Tanjung Lesung ini mempunyai banyak pilihan wisata, diantaranya:

Snorkeling dan Diving

Jika anda penikmat keindahan bawah laut, anda tidak boleh melewatkan panorama keindahan bawah laut yang ada di Tanjung Lesung ini.

Pantainya yang menjorok ke laut memungkinkan untuk anda mencoba kegiatan snorkeling. Bahkan bagi anda yang tidak bisa berenang sekalipun bisa bersnorkeling ria di bibir pantai. Nikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota laut yang ada di dalam laut.

Snorkeling di Sekitar Pantai Tanjung Lesung
Snorkeling di Sekitar Pantai Tanjung Lesung (Foto: wisatatempat.com)

Dan bila anda yang punya hobi dengan diving (Menyelam), anda bisa meluangkan sedikit waktu anda ke pulau Liwungan, sekitar 30 menit dari pantai Tanjung Lesung. Di tempat ini anda akan dimanjakan lebih banyak lagi kekayaan biota laut utamanya terumbu karang, karena memang tempat ini menjadi salah satu lokasi konservasi terumbu karang.

Diving di Pulau Liwungan, Tanjung Lesung
Diving di Pulau Liwungan, Tanjung Lesung

Di pulau Liwungan ini juga terdapat hutan mangrove yang sangat rapi dan terawat. Tentu sangat disayangkan jika anda melewatkan kesempatan ke pulau ini.

Sunset dan Sunrise

Tak kalah dengan pemandangan sunset (Matahari Tenggelam) yang berada pada berbagai tempat wisata yang ada di Bandung,  di pantai ini anda akan tertegun melihat sunsite dengan sudut view terbenamnya matahari di balik anak Krakatau.

Sunset di Pantai Tanjung Lesung
Sunset di Pantai Tanjung Lesung

Begitu pula dengan sunrise (Matahari Terbit) yang memberi pengalaman tak terlupakan. Sangat cocok jika anda menikmati sunrise dengan berlari di tepian pantai bersama dengan keluarga anda.

Water Sport

Salah satu Sport Water, Banana Boat di Pantai Tanjung Lesung
Salah satu Sport Water, Banana Boat di Pantai Tanjung Lesung

Yap, olahraga air. Jika anda berwisata ke pantai Tanjung Lesung ini, tidak sah rasanya jika anda tidak mencoba salah satu olahraga air yang ada di tempat ini.

  • Kano, anda bisa mencoba menelusuri laut di sekitar pantai dengan menggunakan kano.
  • Banana Boat, nikmati sensasi menunggangi pisang raksasa di tengah laut bersama teman maupun keluarga.
  • Jet Ski, olahraga ini cocok bagi anda yang senang dengan olahraga menantang.
  • Memancing, jangan lewatkan menangkap ikan yang ada di Tanjung Lesung di pinggir dermaga bersama keluarga anda.

Di samping snorkeling, ke empat olahraga air tersebut tentu sangat disayangkan jika anda melewatkannya begitu saja jika berada di tempat ini.

Pertunjukan Seni

Pada malam harinya akan ada pertunjukan seni dari seniman-seniman lokal Banten di daerah sekitar pantai. Bagi anda yang membawa anak kecil sangat disarankan untuk tidak menonton pertunjukan seni ini.

Karena pertunjukan yang ditampilkan merupakan pertunjukan-pertunjukan yang ekstrim oleh orang-orang yang sudah terlatih untuk melakukannya , seperti debus dan tarian api yang memang sudah terkenal sejak lama.

Di siang hari, anda juga bisa berkunjung ke desa wisata melihat bagaimana pengrajin-pengrajin banten membuat patung Badak bercula satu.

Kuliner

Yang gemar dengan wisata kuliner sepertinya tidak salah jika berwisata ke tempat ini. Apalagi bagi anda yang gemar dengan makanan laut, beberapa restoran di sekitar pantai menyajikan makanan laut sebagai menu andalannya.

Hidangan Kuliner di salah satu Resto yang ada di Pantai Tanjung Lesung
Hidangan Kuliner di salah satu Resto yang ada di Pantai Tanjung Lesung

Namun bagi anda yang alergi dengan makanan laut, anda juga tidak perlu khawatir karena di tempat wisata ini juga banyak restoran yang menyediakan makanan tanpa menu makanan laut.

Alamat dan Rute ke Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung ini berada di desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Lokasi yang cukup jauh menjadi salah satu hambatan ke tempat wisata ini. Dengan jarak tempuh sekitar 180 KM, tentu akan terasa berat. Namun dengan jalanan yang cukup mulus anda bisa menghabiskan waktu sekitar 3 – 4 jam  dari Jakarta untuk sampai ke tempat ini. Beberapa rute yang bisa anda coba, diantaranya:

  • Dari tol Jakarta Merak – keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur – setelah melalui kota Serang – lanjutkan ke arah kota Pandeglang – Labuan – Pantai Tanjung Lesung.
  • Dari tol Jakarta Merak – keluar melalui pintu gerbang tol Cilegon – susuri pesisir Anyer Carita – Labuan – Pantai Tanjung Lesung.

Tiket Masuk dan Parkir

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Rp 40.000
Parkir Rp 5.000

*Anak 1 – 5 tahun gratis tiket masuk.

Tips Wisata

Jika anda ke tempat ini, beberapa tips ini mungkin akan berguna bagi anda:

  • Karena anda akan berwisata di pantai yang pastinya memiliki banyak aktivitas di luar maka anda harus membawa sunblock untuk menghindari terik matahari.
  • Jika dana yang anda bawa terbatas, anda bisa mencari penginapan yang murah meriah disalah satu home stay yang ada disekitaran pantai untuk menginap.
  • Apabila anda membawa anak kecil, pastikan selalu dalam pengawasan anda saat bermain di tepian pantai.

Itulah beberapa info lengkap yang bisa kami berikan kepada anda yang ingin berwisata ke Pantai Tanjung Lesung ini. Nantikan info-info wisata menarik lainnya dari kami.

http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2016/12/pantai-tanjung-lesung.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2016/12/pantai-tanjung-lesung-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaPantai Tanjung Lesung,Tempat Wisata di Banten,Wisata PantaiPantai Tanjung Lesung. Indonesia yang menempati urutan ke 2 dalam 10 besar negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia tentu dianugerahi dengan berbagai destinasi wisata pantai yang hampir merata disemua daerah. Dan salah satu destinasi yang lagi trend dikalangan para traveler adalah Pantai Tanjung Lesung. Dari namanya, pantai Tanjung...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia