Pantai Indrayanti. Anda punya rencana untuk liburan ke salah satu pantai di Yogyakarta!

Sepertinya anda sangat pas membaca artikel ini. Karena di artikel kali ini kita akan membahas salah satu pantai yang cukup terkenal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Yap, pantai yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Indrayanti.

pantai indrayanti
Pantai Indrayanti (Foto: hargatiketmasuk.info)

Nama sebuah pantai yang cukup unik menurut saya. Karena dari namanya seperti menggabungkan dua buah nama ‘Indra dan Yanti’, betul nggk!

Itu sih menurut aku yah jadi jangan salah…hehehe.

Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan terletak pada sisi timur Pantai Sundak.

Pantai ini cukup terkenal dikalangan wisatawan berkat kondisi alam sekitarnya yang memang terlihat mendukung.

Nah, sebelum kita membahas apa saja daya tarik dari pantai ini sebaiknya kita cari tahu dulu asal usulnya.

Sejarah Pantai Indrayanti

pantai pulang sawal
Pantai Pulang Sawal

Pantai ini sebenarnya bukanlah bernama Pantai Indrayanti seperti yang sering kita dengar saat ini. Pemerintah daerah Gunung Kidul memberi nama pantai ini Pantai Pulang Sawal atau yang sering disingkat Pantai Pulsa oleh masyarakat sekitar.

Wisatawan akrab menyebut objek wisata ini dengan nama Pantai Indrayanti Jogja karena merujuk pada sebuah nama restoran dan cafe yang terletak di sekitar pantai.

Dan usut punya usut, nama indrayanti ini adalah nama pasangan suami isteri dari pemilik restoran dan cafe Indrayanti. Indra nama dari suami dan Yanti nama dari isteri.

restoran dan cafe indrayanti
Restoran dan Cafe Indrayanti

Ternyata dugaan saya di awal memang benar jika penamaan Pantai Indrayanti menggabungkan dua buah nama…hehehe

Hal ini seperti jadi pembelajaran bagi pemerintah daerah untuk berinisiatif memberi sebuah papan nama di tempat-tempat wisata agar wisatawan tidak salah menyebutkan nama objek wisata tersebut.

Itu dia sedikit sejarah dari Pantai Indrayanti ini. Ehh salah, maksudnya Pantai Pulang Sawal.

Sekarang kita bahas mitos atau desas desus dari pantai ini, kira-kira apa saja yah!

Mitos Pantai Indrayanti

Jika objek wisata lain punya mitos dari cerita turun temurun yang umumnya bersifat ghaib seperti di Gunung Tangkuban Perahu dan Curug Bidadari. Maka mitos di pantai ini cukup berbeda karena tidak mempunyai unsur ghaib sama sekali.

Pasti anda pernah mendengar desas desus jika Pantai Indrayanti Gunung Kidul harus di tutup! Alasan dari wacana tersebut karena pantai ini menyalahi berbagai aturan.

Mitos Pantai Indrayanti
Mitos Pantai Indrayanti

Alasan pertama wacana penutupan dari pantai ini karena pihak pengelola pantai tidak mempunyai surat izin. Yang ke dua, bangunan di sekitar pantai ini keberadaanya menyalahi sempadan (Batas) pantai.

Alasan terakhir, karena penamaan pantai ini yang merujuk ke sebuah nama pribadi yang tentu melanggar peraturan, klaim pemda Gunung Kidul.

Namun hingga saat ini wisata Pantai Indrayanti/Pulang Sawal tetap saja buka dan desas desus penutupan dari pantai ini tidak pernah terbukti, alias cuman mitos.

Nah, saatnya kita bahas daya tarik dari pantai ini.

Daya Tarik Pantai Indrayanti

daya tarik pantai indrayanti
Daya Tarik Pantai Indrayanti/Pulang Sawal (Foto: spotunik.com)

Apa saja daya tarik dari pantai ini sehingga orang rela berkali-kali menginjakkan kaki di pantai ini! Mari kita bahas keindahan Pantai Pulang Sawal ini.

Selain karena pantai ini pernah di promosikan ke 12 negara, daya tarik utama dari pantai ini adalah kondisi alam disekitarnya yang memang mendukung dan punya daya tarik alami.

Letak pantainya yang di apit dengan batu karang raksasa yang terlihat mirip dengan Pantai Pelang, serta bukit-bukit seperti memberi batasan alami dari garis pantainya. Hal ini yang membuatnya unik dan tentu jarang kita jumpai pada pantai di daerah lain.

keunikan pantai indrayanti
Keunikan Pantai Pulang Sawal/ Pantai Pulsa (Foto: brobali.com)

Hamparan pasirnya yang berwarna putih yang terlihat sekilas mirip dengan Pantai Serang Blitar juga begitu menyatu dengan lautnya yang berwarna biru.

Selain itu, kondisi pantainya yang bersih juga menjadi nilai tambah pantai ini. Hal itu tidak terlepas dari pengelola pantai yang memang tidak segan-segan menjatuhkan denda bagi wisatawan yang membuang sampah pada sembarang tempat.

Tidak tanggung-tanggung, anda bisa terkena denda hingga Rp 10.000 jika membuang sampah tidak pada tempatnya.

Wisata Pantai Indrayanti

wisata pantai indrayanti
Wisata Pantai Indrayanti

Banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai ini. Namun yang paling krusial menurut saya jika baru pertamakali tiba di pantai ini sebaiknya anda menyewa sebuah tempat beristirahat.

Anda bisa menjatuhkan pilihan dengan menyewa sebuah gazebo yang berada di sekitar pantai. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 30.000, anda sudah bisa menikmati suasana pantai sambil beristirahan bersama keluarga.

Opsi lain bagi anda yang tidak terlalu membutuhkan tempat/ruang yang cukup besar, anda bisa menyewa sebuah payung serta alasnya yang keberadaanya cukup banyak di sekitar tepi pantai. Dengan uang Rp 20.000, anda sudah bisa dengan nyaman menikmati suasana pantai.

Beristirahat di Gazebo
Beristirahat di Gazebo sambil menikmati suasana Pantai

Tak lengkap rasanya jika datang ke pantai ini tapi tidak menyempatkan diri untuk mandi-mandi di tepi pantai. Karena di pantai ini anda bisa menikmati air yang begitu sejuk dan jernih. Hal ini tentu menyenangkan bagi anda yang datang bersama keluarga.

Namun anda juga tetap waspada. Karena seperti halnya beberapa pantai di Tulungagung yang mempunyai ombak besar, di pantai ini pun kadang terjadi ombak yang cukup besar pada waktu-waktu tertentu. Sehingga anda tetap harus waspada jika bermain di tepi pantai.

Ingin menguji adrenalin anda di pantai ini!

Sepertinya anda harus mencoba jet ski dan rasakan sensasi menabrak ombak dari atas jet ski. Dengan uang Rp 250.000 anda sudah bisa menyewa sebuah jet ski selama 15 menit.

jet ski
Uji Adrenalin anda dengan Bermain Jet Ski di sekitar Pantai

Santai sudah, mandi di pantai sudah, menunggangi jet ski di atas air sudah, apa lagi yah! Saatnya mengisi perut.

Di pantai ini ada begitu banyak restoran dan cafe yang bisa anda sambangi untuk mencoba berbagai kuliner yang pasti akan memanjakan lidah dan perut anda. Harga menunya juga cukup bervariasi mulai dari yang Rp 10.000 hingga ratusan ribu.

Puas mengisi perut saatnya anda mengabadikan momen-momen bahagia anda ke dalam sebuah foto. Karena di pantai ini juga cukup banyak spot-spot pengambilan gambar yang bisa anda jadikan backround foto.

Anda datang dengan pacar ke pantai ini!

Sepertinya anda tidak boleh melewatkan momen romantis yang terjadi di kala senja. Karena sunset yang ada di pantai ini tidak kalah dengan sunset yang ada di Pantai Tanjung Lesung maupun Pantai Carita yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Fasilitas Pantai Indrayanti

fasilitas di pantai indrayanti
Fasilitas di Pantai (Foto: garasijogja.com)

Fasilitas yang ada di pantai ini super lengkap. Di samping adanya gazebo dan payung wisata di sekitar pantai. Fasilitas umum di pantai ini juga memadai.

Mulai dari area parkiran yang luas membuat anda tidak perlu berdesak-desakan hanya untuk parkir kendaraan, toilet yang cukup bersih hingga mushola juga tersedia di pantai ini.

Dari sisi keamanan juga sangat baik. Hal itu terlihat adanya menara lifeguard dan petugas keamanan yang selalu siap membantu wisatawan.

Penginapan di Pantai Indrayanti

penginapan di pantai indrayanti
Penginapan di Pantai Indrayanti (Foto: wisata-yogyakarta.com)

Anda yang datang dari luar daerah tidak perlu khawatir kemalaman karena terlalu asyik main di pantai.

Karena di sekitar pantai ada beberapa penginapan yang bisa anda sewa untuk menghabiskan malam di Pantai Indrayanti. Anda tinggal menyesuaikan isi dompet dan mulai mencari penginapan yang sekiranya pas untuk anda.

Tarif penginapan permalamnya juga variatif mulai dari kisaran Rp 100.000 hingga jutaan. Tentunya tarif penginapan mengikuti fasilitas yang tersedia.

Berikut beberapa penginapan yang ada di sekitar objek wisata Pantai Indrayanti ini yang bisa menjadi pilihan anda.

  1. Penginapan Joglowatukelir.
  2. Penginapan Cemara Udang.
  3. Penginapan Walet Guest House.
  4. Penginapan Griya Pasir.
  5. Penginapan Bamboo Lengkung Cottage.
  6. Penginapan Rock Garden Homestay.

Namun anda yang tidak ingin bermalam di penginapan juga bisa mendirikan tenda di area sekitar pantai sambil menikmati suasana malam dengan hilir angin dan suara ombak saling kejar mengejar. Di jamin puas berwisata ke pantai ini.

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai ini berlokasi di Jl. Pantai Selatan Jawa, Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lebih jelasnya anda bisa melihat peta ini.

Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Harga tiket masuk ke objek wisata pantai ini cukup murah, anda melihat pada tabel berikut ini.

KETERANGANHARGA
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 4.000
Parkir MobilRp 15.000

*Harga tiket masuk sudah termasuk dengan objek wisata pantai lain yang masih dalam satu kawasan Pantai Indrayanti, seperti Pantai Sundak, Drini, Sepanjang, Krakal dan Poktunggal.

Rute Menuju Pantai Indrayanti

rute menuju pantai indrayanti
Rute Menuju Pantai Indrayanti

Rute menuju ke pantai ini cukup mudah dan hanya berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dan pastinya anda tidak akan tersesat karena petunjuk jalan dari Yogyakarta menuju pantai ini juga cukup banyak.

Anda bisa memilih salah satu dari dua rute menuju ke Pantai Indrayanti/Pulang Sawal ini.

  • Rute umum yang biasa digunakan oleh wisatawan ke objek wisata ini adalah dari Yogyakarta menuju ke jalan Wonosari (ringroad timur), lalu dilanjutkan menuju ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Nah, dari Tepus ini anda tinggal ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.
  • Rute yang ke dua sebagai alternatif menuju pantai. Anda bisa melalui jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari Pantai Baron ini anda lanjut ke arah timur sekitar 10 km dan anda akan sampai ke Indrayanti.

Oleh oleh Khas Pantai Indrayanti

pantai indrayanti jogja
Pantai Indrayanti Jogja

Sama halnya jika anda berkunjung ke Dusun Bambu yang tidak boleh pulang dengan tangan kosong. Di pantai ini pun anda bisa pulang membawah oleh-oleh berupa pernak pernik maupun baju yang bertuliskan Pantai Indrayanti.

Sedikit banyak hal ini akan mengobati rasa penasaran keluarga anda yang tidak sempat datang berwisata ke pantai ini, benar nggak…hehehe

Sedikit gambaran seperti apa pantai ini, simak video berikut.

Nah, itu dia Pantai Indrayanti/Pantai Pulang Sawal yang bisa anda jadikan destinasi wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tentu anda tidak akan kecewa datang berwisata ke salah satu pantai terbaik yang ada di Jogja ini.

Destinasi Wisata Yogyakarta Menarik Lainnya:
Galaxy Waterpark Yogyakarta – Wahana, Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk
Candi Prambanan – Kemegahan, Relief, Tarif dan Lokasi

Pantai Indrayanti – Sejarah, Wisata, Penginapan, Lokasi dan Tiket Masuk
5 (100%) 2 votes
http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/11/wisata-pantai-indrayanti.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2017/11/wisata-pantai-indrayanti-150x150.jpgwiwiekJogjakartaWisata IndonesiaPantai Indrayanti,Pantai Pulang Sawal,Pantai Pulsa,Tempat Wisata di Yogyakarta,Wisata PantaiPantai Indrayanti. Anda punya rencana untuk liburan ke salah satu pantai di Yogyakarta! Sepertinya anda sangat pas membaca artikel ini. Karena di artikel kali ini kita akan membahas salah satu pantai yang cukup terkenal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Yap, pantai yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Indrayanti.Nama sebuah...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia