Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Museum Angkut. Punya rencana berwisata ke Malang! Jika anda punya rencana ke tempat wisata di Malang ada baiknya anda memasukkan Museum Angkut yang berada di kota Batu, Malang ke dalam agenda perjalanan wisata anda diurutan teratas.

Museum Angkut ini menyajikan konsep wisata yang berbeda dari umumnya tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Di museum ini, objek yang dijadikan wisata adalah transportasi.

Yap, transportasi, hal inilah yang membuat museum ini menjadi unik.

Tidak hanya memamerkan sarana transportasi yang ada di Indonesia, museum ini juga memamerkan transportasi dari negara-negara lain.

Dari yang paling antik (Kuno) sampai yang paling terbaru (Modern). Dari transportasi yang digerakkan oleh mesin hingga transportasi yang digerakkan oleh manusia ataupun hewan (Tidak mempunyai mesin).

Jawa Timur Park Group sebagai perusahaan pengembang objek wisata Museum Angkut ini sepertinya tidak main-main dalam mengelola tempat ini.

Terbukti, kurang lebih ada 300 koleksi mobil yang dipamerkan di Museum seluas 3,8 Hektar ini.

Hebatnya, museum ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia. Dan sejak mulai dibuka pada 09 Maret 2014 yang lalu, museum ini selalu rame dikunjungi oleh para wisatawan.

Mengusung tema transportasi untuk mengedukasi masyarakat tentang sarana transportasi yang ada dengan sedikit sentuhan entertain membuat museum ini kerap dijadikan tempat event berbagai komunitas, pameran mobil bahkan biasa dijadikan tempat pengambilan gambar dalam video klip dan foto prawedding.

Zona di Museum Angkut

Museum Angkut, Kota Batu, Malang
Museum Angkut, Kota Batu, Malang (Foto: sekilasharga.com)

Dengan lahan yang cukup luas, pengembang Museum Angkut ini membagi kawasan museum ke beberapa zona dengan tema-tema unik dimasing-masing zona.

Berikut beberapa bagian atau  zona yang ada di Museum Angkut.

1. Ruangan Utama

Dari pintu masuk utama anda akan langsung menemukan ruangan ini. Di ruangan ini akan ada berbagai macam koleksi sarana transportasi dari waktu ke waktu. Mulai dari mobil hingga sepeda dari berbagai negara.

Ruangan Utama Museum Angkut
Ruangan Utama di Museum Angkut (Foto: wisatania.com)

Tentu anda akan dibuat kagum dengan berbagai koleksi transportasi yang ditata sedemikian rupa untuk meninggalkan kesan elegan pada ruangan ini.

2. Edukasi

Sepertinya di zona ini yang akan membuat anda berlama-lama jika anda berkunjung ke Museum Angkut ini datang dengan membawa anak.

Zona Edukasi di Museum Angkut
Zona Edukasi di Museum Angkut (Foto: wisatania.com)

Tema edukasi anak begitu kental di zona ini, terbukti dengan pemilihan warna yang cerah dan penyampaian informasi mengenai transportasi dengan cara yang informatif sekalikus menyenangkan.

3. Sunda Kelapa dan Batavia

Di zona ini terdapat replika pelabuhan Sunda Kelapa tempo dulu yang terkenal pada zamannya. Pelabuhan ini di desain semirip mungkin dengan pelabuhan Sunda Kelapa pada saat itu lengkap dengan miniatur kapal-kapalnya yang sedang berlabuh.

Sunda Kelapa di Museum Angkut
Sunda Kelapa di Museum Angkut (Foto: wisatania.com)

Pada area ini juga terdapat toko-toko dengan nama-nama ejaan yang menggunakan bahasa Belanda dan di sekelilingnya ada beberapa jenis kendaraan transportasi yang sering digunakan pada masa itu.

Di zona ini anda juga akan diberi informasi tentang perkembangan pelabuhan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

4. Uni Eropa

Di zona ini ada empat negara yang menjadi representatif dari Uni Eropa, yaitu Inggris, Jerman, Italia dan Perancis. Ke empat negara maju tersebut dianggap telah mewakili Uni Eropa.

Zona Uni Eropa di Museum Angkut
Zona Uni Eropa di Museum Angkut (Foto: guesthousedimalang.com)

Pada zona ini terdapat beberapa koleksi mobil-mobil antik buatan Inggris. Di antara mobil-mobil antik tersebut ada satu yang bernilai historis karena pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth. Mobil tersebut bertipe Land Rover yang pernah digunakan Ratu Elisabeth saat parade di Australia.

Miniatur Istana Buckingham di Museum Angkut
Miniatur Istana Buckingham di Museum Angkut (Foto: aktualita.com)

Uniknya, pada zona ini juga terdapat miniatur Istana Buckingham yang terkenal di Inggris lengkap dengan taman bunga di depannya dan terdapat patung Ratu Elizabeth.

5. Gangster & Broadway

Nama lengkapnya Alphonse Gabriel “AL”Capone, gangster yang terkenal pada tahun 1920 ini mulai terlibat dengan gangster di usia muda. Capone banyak terlibat dengan aksi kejahatan mulai dari menyelundupkan minuman keras, penyuapan dan prostitusi.

Zona Gangster Town di Museum Angkut
Gangster Town di Museum Angkut (Foto: wisatania.com)

Rasakan sensasi berada di kota Chicago pada tahun 1920’an jika berada di zona ini. Tahun dimana Al Capone menjadi begitu terkenal dan disegani sebagai gangster di Amerika.

6. Hollywood

Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika jika hanya ingin berkunjung ke Hollywood karena di Museum Angkut juga terdapat Hollywood mini.

Di zona ini ada beberapa replika kendaraan yang digunakan pada film-film box office seperti mobil mobil scooby doo dan batmobile yang digunakan Batman dalam filmnya.

Zona Hollywood di Museum Angkut
Zona Hollywood di Museum Angkut (Foto: wisatania.com)

Tak ketinggalan, di zona ini juga terdapat patung Hulk yang dibuat dari onderdil bekas kendaraan mobil dan motor yang terlihat sedang mengamuk dan menginjak sebuah mobil.

7. Las Vegas

Zona ini menjadi salah satu bagian favorit bagi wisatawan. Di zona ini anda akan disambut dengan gerbang masuk Las Vegas.

Zona Las Vegas di Museum Angkut
Zona Las Vegas di Museum Angkut (Foto: wisatania.com)

Rasakan sensasi berada ditengah kota Las Vegas yang glamour dengan kendaraan yang keluar masuk di area ini.

8. Flight Training

Belajar Menerbangkan Pesawat di Museum Angkut
Flight Training di Museum Angkut (Foto: aktualita.co)

Apakah anda mempunyai cita-cita menjadi pilot pesawat sewaktu anda masih kecil!

Sepertinya anda bisa mewujudkan cita-cita anda tersebut walaupun hanya sebatas training karena di lantai 3 anda bisa menemukan kokpit pesawat yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga anda bisa belajar menerbangkan sebuah pesawat.

Namun untuk mencobanya, anda mesti membeli tiket boarding pass terlebih dahulu kepada kasir yang berada di belakang ekor pesawat.

9. Pasar Apung

Pasar Apung menjadi bagian terakhir dari Museum Angkut. Pasar ini menyajikan berbagai macam kuliner khas nusantara untuk memanjakan perut anda seperti gado-gado, bakso, rujak cingur, nasi timbal, dll.

Tak hanya menjual berbagai kuliner, di zona ini juga banyak pengrajin-pengrajin yang menjual hasil kerajinannya yang sangat cocok dijadikan souvenir ketika anda pulang.

Pasar Apung di Museum Angkut
Pasar Apung di Museum Angkut (Foto: museumangkut.com)

Uniknya, semua proses jual beli di Pasar Apung ini dilakukan diatas air dengan menggunakan perahu. Hal ini sangat mirip dengan pasar di atas air yang ada di kampung Magarsari di Kota Balikpapan.

Alamat dan Rute ke Museum Angkut

Museum Angkut ini beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung Atas, No.2 Kota Batu, Malang.

Tidak perlu khawatir tersesat  jika akan ke Museum Angkut, Kota Batu, Malang, karena sangat mudah menemukan lokasinya.

  • Kendaraan Umum, jika anda datang dengan menggunakan kendaraan umum dari arah manapun, anda mesti ke terminal Batu – dari terminal Batu anda bisa menggunakan angkutan berwarna jingga menuju ke kawasan wisata Batu.
  • Kendaraan Pribadi, jika anda datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, waktu yang ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota Malang – Jl. Imam Bonjol Bawah – Setelah berada di depan Jatim Park 1, lurus saja hingga menemukan Museum Angkut.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

KETERANGANJAM BUKA & TIKET MASUK
Jam Buka12.00 – 20.00
Tiket Reguler (Weekday)Rp 70.000
Tiket Reguler (Weekend)Rp 100.000

*Buka setiap hari

Tips Wisata

Beberapa tips wisata ini mungkin akan membantu anda yang akan berwisata ke Museum Angkut:

  • Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi datanglah lebih awal agar mendapat tempat parkir di dekat pintu masuk museum.
  • Karena beberapa lokasi museumnya berada agak jauh satu sama lain, maka anda harus dalam keadaan bugar jika akan berkunjung ke Museum Angkut.
  • Jangan membawa bekal dari rumah jika anda akan ke tempat ini karena hal itu dilarang, kecuali makanan bayi. Anda juga tidak boleh menyalakan api atau rokok dan juga tidak boleh membawa hewan peliharaan ke museum ini.

Demikianlah beberapa informasi wisata Museum Angkut yang bisa kami sampaikan. Kami akan terus mengupdate artikel ini jika kami menemukan informasi terbaru dari Museum Angkut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
http://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2016/12/museum-angkut-kota-batu-malang.jpghttp://www.sharetempatwisata.com/wp-content/uploads/2016/12/museum-angkut-kota-batu-malang-150x150.jpgwiwiekWisata IndonesiaMuseum Angkut,Tempat Wisata di MalangMuseum Angkut. Punya rencana berwisata ke Malang! Jika anda punya rencana ke tempat wisata di Malang ada baiknya anda memasukkan Museum Angkut yang berada di kota Batu, Malang ke dalam agenda perjalanan wisata anda diurutan teratas. Museum Angkut ini menyajikan konsep wisata yang berbeda dari umumnya tempat-tempat wisata yang ada...Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia